Umumnya, suhu dingin ideal pada AC mobil adalah 5 sampai 8 derajat celcius apabila diukur dengan Termometer di Kisi-kisi dashboard. jika pada kenyataannya suhu AC mobil anda tidak lebih dingin dari suhu tersebut, maka pasti ada masalah pada AC mobil anda. Kali ini, rotary bintaro akan mengulas apa saja penyebab AC anda tidak dingin. Minimal ada 10 faktor atau penyebab mengapa Ac mobil tidak dingin. Antara lain:

  1. Freon yang kurang atau Habis
Freon yang kurang atau habis bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada salah satu sistem AC. Karena cara kerja Freon adalah sirkulasi, jika tidak ada kebocoran maka Freon dalam AC tidak mungkin kurang atau habis. Kebocoran pada freon mengakibatkan Ac mobil tidak dingin optimal.
  1. Kondensor dan Radiator yang kotor
Jika permukaan kondensor atau radiator kotor, maka pembuangan panas dari gas freon yang bertekanan tinggi dalam kondensor menjadi tidak sempurna. Hal ini akan berakibat pada proses kondensasi yang tidak maksimal, sehingga suhu AC mobil kurang dingin.
  1. Extra/Motor FanAc mobil Meleleh, Lemah atau bahkan Mati
Putaran motor fan yang lemah atau bahkan mati berdampak langsung pada pembuangan panas dalam kondensor. Jika pembuangan panas dalam kondensor tidak berjalan dengan baik, maka proses kondensasi yang menghasilkan suhu dingin juga akan terhambat. Penting bagi pengguna mobil untuk terus memastikan kinerja motor cooling agar suhu dingin AC mobil tetap terjaga.
  1. Magnetic Clucth Mati atau Terbakar
Jika spul Magnetic Clucth mati atau terbakar, maka center piece tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar. Akibatnya, sirkulasi udara dalam AC juga terganggu sehingga Ac mobil tidak dingin.
  1. Tekanan Freon dalam kondisi Over Heat
Tekanan yang berlebihan dalam sistem AC menyebabkan kondensor menjadi over heat atau terlalu panas. Hal ini membuat kompresor menjadi terlalu panas dan secara otomatis membuat kinerja AC menjadi menurun, sehingga suhu Ac mobil tidak dingin.
  1. Oli Kompresor Berlebihan
Sistem AC memiliki volume yang tetap. Maka jika ada oli kompresor yang berlebihan, ruang untuk Freon menjadi terbatas. Jika kita masih tetap menambahkan dengan Freon hingga penuh, hal ini justru akan membuat sistem AC menjadi over heat.
  1. Kompresor yang Aus tau Jebol
Kompresor AC yang Aus biasanya ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal, Sigh Glass terlihat hitam,dan Dryer atau Expansi Valve tersumbat (masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda). Jika sudah muncul tanda-tanda seperti yang telah disebutkan, maka segera ganti kompresor anda untuk menjaga kinerja AC anda tetap optimal.
  1. Thermistor atau Termostart yang Bermasalah
Thermistor Cooler merupakan peraba suhu yang berada di dalam rumah evaporator. Alat ini berfungsi untuk membaca perubahan temperatur, kemudian diteruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompresor. Jika kinerja alat ini bermasalah, maka sistem AC akan terganggung regulasinya, sehingga berdampak pada suhu Ac mobil tidak dingin.
  1. Evaporator yang Kotor
Pada artikel kami yang lain, kami telah mengulas tentang kotoran yang menempel pada evaporator dan berujung dengan Korosi Pada Evaporator (baca:6 Cara Mencegah Korosi Pada Evaporator). Selain korosi, debu yang dihisap oleh blower dan menempel di evaporator akan menyebabkan aliran udara menjadi tersumbat. Hal ini berakibat pada sistem sirkulasi AC yang tidak lancar, sehingga AC terasa kurang atau tidak dingin.
  1. Saluran Air pembuangan pada Box Evap yang Tersumbat
Jika saluran pembuangan air pada sistem kondensasi tersumbat, maka Box Evap akan dipenuhi oleh air. Akibatnya, Dashboard akan mengembun bahkan hingga meneteskan air ke karpet mobil. Sehingga alih-alih membuat suhu di dalam mobil menjadi dingin, AC justru membuat mobil anda menjadi basah. Jika air memenuhi Box Evap, maka aliran udara dari blower juga menjadi terhambat. Itulah kesepuluh penyebab Ac mobil tidak dingin yang bisa rotarybintaro.co.id sampaikan. Apakah anda menemukan salah satu atau bahkan ke-sepuluh penyebab AC menjadi kurang dingin atau bahkan tidak terasa dingin tersebut? Jika iya, maka sudah waktnya anda menservis AC mobil anda. Semoga ulasan kami ini membawa manfaat bagi anda.   Mau Service dengan biaya super hemat? klik link di bawah ini
PROMO SPESIAL RAMADHAN!!!

Previous Post 7 Mitos dan Fakta tentang AC Mobil yang Harus Anda Ketahui
Next Post Cara memasang filter kabin pada Nissan Grand Livina

4 Comments

  1. […] Kenapa AC Mobil Tidak Dingin? Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin? […]

  2. Edi suherman - 2017-10-21 21:35 Quote

    Kenapa ac mobil tidak dingin. Awal nya mobil over heat

    • Admin - 2017-10-21 21:48 Quote

      Apabila mesin overheat otomatis tekanan ac juga akan overheat dan menyebabkan kompresor kepanasan, maka dari itu pasti akan secara otomatis menyebabkan ac menjadi tdk dingin.solusi nya cari penyebab overheat dulu dan atasi dulu permasalahannya..
      Penyebab mesin overheat itu berbagai macam :
      – radiator mampet / bocor
      – fan mati / lemah
      – waterpump
      – thermostart radiator
      – silinder head mesin
      – dll
      Silahkan di bawa ke bengkel terdekat untuk di pastikan dan di atasi dulu masalah overheat ini, jika sdh beres dan ac masih bermasalah bisa di cek kembali dgn mengukur temp udara kabin dan ukur kembali tekanan freon nya hingga kita bs simpulkan apa masalah nya.
      Terima kasih

Tinggalkan Balasan