Perhatian!!! Pengguna Mobil Harus Tahu 24 Harga Jual Spare Parts AC Mobil Murah dan Cara Merawatnya - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Jangan Tunggu Spare Parts AC Mobil Rusak Baru Dilakukan Penggantian

Ga kenal maka ga sayang. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya Anda mengenal dan paham spare parts AC mobil. Tidak asyik ketika ada masalah dengan AC mobil. Anda malah kebingungan di depan toko onderdil. Karena tidak tahu spare parts yang rusak namanya apa.

Setelah sebelumnya kita sudah membahas 5 spare parts AC mobil yang utama dan 7 hal penting sebelum membelinyaTahap berikutnya adalah punya informasi tentang cara merawat spare parts AC mobil.

Karena kesibukan kerja dan sekolah, saat ini kebanyakan orang cenderung malas untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan spare parts AC mobil. Meski sebenarnya menyadari hal itu penting.

Masih kurang kesadaran kalau melakukan perawatan yang baik dan teratur justru akan membuat spare parts AC mobil menjadi lebih awet dan mobil pun tidak sering masuk bengkel. Nah dalam keadaan seperti inilah kehadiran bengkel AC mobil menjadi sangat berarti.

Selanjutnya dalam bahasan kita kali ini  selain mengenal dan tahu cara merawat spare parts AC  mobil. Anda juga harus paham kisaran harga spare parts ac mobil. Di mana tempat yang jual spare parts AC mobil murah. Termasuk tahu bengkel mana yang tepat untuk melakukan service spare parts AC mobil ketika diperlukan. Jangan sampai menjadi korban yang kesekian. Kena harga mahal padahal bisa dapatkan harga yang murah dan berkualitas.

Nah, semuanya itu akan diketahui ketika Anda membaca tulisan ini hingga tuntas.

1.Kompresor AC Mobil

Bahasan kita yang pertama adalah kompresor AC mobil. Sesuai namanya bagian AC mobil yang 1 ini bertugas untuk urusan tekanan.

Kompresor merupakan komponen utama dalam sistem AC mobil. Ibarat jantung, ketika kompresor berhenti bekerja maka seluruh sistem pendinginan pun ikut mogok. Karena itu, inilah spare parts ac mobil yang harus mendapat perhatian dan perawatan lebih dibanding yang lainnya.

Agar kompresor menjadi salah satu spare parts ac mobil tahan lama. SebenarnyaAnda bisa melakukan perawatan dengan mudah. Pertama, biasakan mematikan tombol ac sebelum mesin mobil dimatikan. Begitu pula ketika kita menyalakan mesin mobil. Pastikan mesin sudah dalam kondisi yang baik sebelum tombol AC mobil dinyalakan.

Jika mesin mobil dimatikan ketika AC mobil masih menyala bisa dibilang kompresor akan kaget. Inilah yang justru akan membuat kompresor menjadi lebih cepat rusak.

Kedua, jangan menurunkan suhu ac mobil ketika melaju kencang. Perbedaan putaran pada kompresor dengan mesin bisa membuat magnetic clutch kesulitan menyeimbangkannya. Alhasil, baik itu magnetic clutch atau kompresor menjadi kurang awet karena dipaksa menyesuaikan dengan kecepatan mesin yang berbeda dengan putaran yang dibutuhkan.

Nah, ketika kompresor AC mobil Anda akhirnya divonis harus ganti akibat kurang perawatan, tidak usah bingung. Berikut bocoran harga spare parts ac mobil murah, khususnya kompresor.

  • Kompresor Toyota All New Avanza Veloz Denso : Rp 1.800.000 – Rp1.950.000
  • Kompresor Toyota Innova Bensin Double Denso: Rp2.100.000 – 2.300.000
  • Kompresor Chevrolet Spin Denso (Fullset) : Rp4.275.000

2.Kondensor AC Mobil

Untuk merawat kondensor tidak perlu harus sering membongkar dan membersihkan bagian dalamnya. Cukup dengan menyemprotkan air pada bagian sirip kondensor untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Kotoran tersebut jika dibiarkan akan membuat kompresor menjadi keropos akibat mengalami korosi.

Anda pasti rajin menyuci mobilnya ‘kan? Nah, ketika melakukan pencucian tersebut jangan lupa untuk membuka kap mesin agar mudah membersihkan kondensor. Jika mencuci mobil di tempat cucian umum, tinggal bilang kepada petugasnya untuk menyemprotkan air ke bagian kondensor. Awasi cara membersihkannya untuk memastikan kotoran yang menempel rontok semua.

Ingat, ketika melakukan penyemprotan kondensor cukup dengan tekanan sedang saja. Ditakutkan jika disemprot dengan tekanan yang tinggi malah akan mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Membersihkan kondensor ini tidak perlu setiap kali menyuci mobil. Cukup satu atau dua kali dalam sebulan ya Anda.

Lalu bagaimana kalau harus dilakukan penggantian kondensor?

Kalo mau tahu berapa sih kisaran harga kondensor ketika harus melakukan penggantian, ini  beberapa di antaranya.

  • Kondensor Isuzu Panther : Rp950.000 – Rp1.050.000
  • Kondensor Honda CRV : Rp1.100.000 – Rp1.300.000
  • Kondensor Toyota Innova : Rp1.300.000 – Rp1.500.000

3.Filter Dryer AC Mobil

Jangan pandang sepele fungsi sebuah filter dryer. Sebagai penyaring kotoran yang terbawa freon sebelum masuk ke dalam evaporator, itulah fungsi utama filter dryer. Komponen ini juga memisahkan kadar air agar tidak terlalu banyak yang masuk ke evaporator.

Masalah yang umum terjadi pada filter dryer adalah penyumbatan akibat kotoran yang terlalu menumpuk. Penyumbatan ini akan membuat sirkulasi freon menjadi terhambat. Dampaknya sudah pasti ruang kabin mobil menjadi tidak dingin seperti biasanya.

Sebelum kondisi filter dryer terlalu kotor ada baiknya sering dilakukan pengontrolan. Proses ini dengan melihat kondisi filter dryer melalui kaca yang biasanya ada di bagian atas. Bila kelihatan mulai menghitam itu menjadi indikasi bahwa filter dryer harus segera diganti.

Untuk kondisi ada penyumbatan bisa dicek dengan memegang pipa masuk dan keluar filter dryer. Dalam kondisi ac menyala rasakan suhu pada pipa masuk dan keluar tersebut. Apakah ada perbedaan suhu atau tidak. Jika ada perbedaan suhu itu artinya filter dryer sudah kotor dan harus dilakukan penggantian.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi soket serta kabel-kabel pada pressure switch. Apakah kondisi sambungan dan kabel-kabel masih dalam keadaan baik dan tersambung atau tidak. Jika kondisi sambungan kurang pas bisa berakibat buruk terhadap kinerja AC mobil secara keseluruhan. Karena arus listrik yang dibutuhkan filter dryer untuk bekerja tidak mengalir dengan maksimal.

Terakhir, periksa kondisi fusible plug yang merupakan alat pengaman dari kejutan arus listrik yang tidak diinginkan. Pada fusible plug ini terdapat timah yang secara otomatis akan meleleh ketika beban tekanan pada ac mobil berlebihan. Tekanan AC mobil yang berlebih ini bisa disebabkan oleh tersumbatnya pipa saluran freon.

Ketika timah pada fusible plug sudah meleleh maka yang terjadi adalah kebocoran pada saluran yang menyebabkan freon keluar. Biasanya timah ini akan meleleh ketika suhu di saluran ac mobil sudah mencapai 95°C sampe 100°C. Dengan rusaknya timah pada fusible plug maka kerusakan komponen ac lainnya dapat diminimalisir.

Tapi awas. Jangan sampe kondisi timah yang sudah meleleh ini tidak terdeteksi dalam waktu yang lama. Ketika ac dipaksa untuk menyala dengan kondisi fusible plug sudah memutus saluran sirkulasi freon, maka komponen ac yang lain akan bekerja lebih keras yang ujungnya hanya mempercepat kerusakan.

Ingat rusak atau tidak, filter dryer tetap harus diganti saat melakukan service rutin setahun sekali. Harga sebuah filter dryer tentu aja berbeda untuk tiap kendaraan. Sebagai gambaran dipaparkan beberapa contoh harga spare parts AC mobil filter dryer. Untuk merek lain rasanya tidak akan jauh dari harga-harga tersebut.

  • Filter Dryer Chevrolet Spin : Rp150.000 – Rp170.000
  • Filter Dryer Hyundai i10 : Rp200.000 – Rp225.000
  • Filter Dryer Ford Escape : Rp370.000 – Rp390.000

4.Ekspansi Valve AC Mobil

Melihat fungsinya, ekspansi valve atau disebut juga katup ekspansi merupakan sebuah alat untuk mengabutkan freon yang masih berbentuk cairan sebelum masuk ke evaporator. Freon yang masih berbentuk cairan itu segera diubah dengan tekanan tertentu sehingga berubah wujud menjadi gas dengan suhu yang lebih dingin.

Untuk memastikan kerja ekspansi valve berjalan dengan baik maka dipasanglah sebuah sensor yang posisinya berada di dalam evaporator. Sensor ini yang akan menentukan sedikit banyaknya cairan freon yang dikabutkan oleh ekspansi valve.

Masalah muncul ketika sensor terlepas dari dudukannya. Akibatnya kerja ekspansi valve pun menjadi tidak normal. Tekanan freon yang dihasilkan ekspansi valve menjadi sangat rendah. Hasil yang dirasakan sudah tentu AC mobil menjadi tidak dingin.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah ada penyumbatan pada lubang penyemprotan ekspansi valve. Kondisi ini akan membuat freon yang dikabutkan hanya sedikit dari jumlah yang seharusnya masuk ke dalam evaporator. Ekspansi valve yang tersumbat juga bisa memunculkan bunga es pada pipa saluran sebelum masuk ke evaporator. Cukup bersihkan aja kotoran yang menyumbat agar kinerja ekspansi valve kembali normal.

Perawatan selanjutnya adalah memeriksa lubang penyemprotan ekspansi valve. Apakah kondisi lubang sudah mulai terlihat merenggang. Kondisi ini akan membuat proses pengabutan freon di atas normal. Akibatnya kemampuan pendinginan AC mobil pun menjadi berkurang. Kondisi ini memaksa kita harus segera mengganti ekspansi valve.

Anda pemilik Honda Jazz dan  Chevrolet Captiva?

Di bawah ini ada catatan harga ekspansi valve Honda Jazz yang bisa digunakan sebagai acuan saat membeli ekspansi valve yang baru. Berikut daftar harganya:

  • Ekspansi Valve Volvo S80/S90 : Rp250.000 – Rp275.000
  • Ekspansi Valve Honda Jazz : Rp325.000 – Rp345.000
  • Ekspansi Valve Chevrolet Captiva : Rp550.000 – Rp585.000

5.Evaporator AC mobil

Evaporator merupakan salah satu komponen ac mobil yang berfungsi untuk menyerap freon dingin yang dihasilkan ekspansi valve. Hawa dingin yang diserap evaporator ini kemudian diembuskan blower ke dalam ruang kabin mobil. Ketika evaporator bermasalah maka dapat dipastikan ruang kabin pun terasa hangat cenderung panas.

Seperti halnya kondensor, permasalahan yang kerap terjadi pada evaporator berawal dari kotoran yang menumpuk. Ketika debu dan kotoran sudah menempel dan menumpuk maka proses penyerapan freon dingin pun menjadi terganggu. Akibat lanjutan dari kotoran yang terlalu menumpuk ini adalah kebocoran pada evaporator akibat sirip yang sudah mulai berkarat.

Jika kotoran pada evaporator masih belum banyak, cara pembersihannya bisa dilakukan dengan menggunakan semprotan angin. Berbeda dengan evaporator yang sudah sangat sangat dekil.

Untuk kondisi ini mau tidak mau evaporator harus dilepas terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Kali ini cara pembersihannya dengan menyemprotkan air bertekanan. Pastikan tidak ada lagi kotoran yang tersisa pada seluruh bagian evaporator sebelum dipasang kembali.

Pastikan juga tidak ada tetesan air di bawah dashboard mobil. Pada kondisi normal, air hasil proses pendinginan di evaporator akan dikeluarkan melalui selang ke luar mobil. Nah, ketika ada tetesan di bawah dashboard dapat dipastikan ada penyumbatan pada selang pembuangan. Jangan sampe hal ini dibiarkan berlarut karna akan membuat hawa di dalam kabin menjadi berbau kurang sedap.

Demi mencegah kerusakan evaporator akibat kotoran yang terlalu menumpuk, ada baiknya kita rutin mengecek kondisi komponen yang satu ini. Setidaknya satu kali sebulan jika mobil yang Anda kendarai selalu dipake setiap hari.

Bagaimana kalau lupa memeriksa kondisi evaporator sehingga kotoran terlanjur menumpuk?

Coba bersihkan lebih dahulu dengan air bertekanan. Jika kemudian diketahui ada indikasi kebocoran maka tidak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Berikut ini ada beberapa kisaran harga evaporator berdasarkan merek dan seri mobilnya, antara lain:

  • Evaporator Nissan Grand Livina Valeo : Rp900.000 – Rp975.000
  • Evaporator Daihatsu Taruna Denso : Rp1.175.000 – Rp1.225.000
  • Evaporator Toyota Avanza Denso : 175.000 – Rp1.225.000

Perhatian!!! Pengguna Mobil Harus Tahu 24 Harga Jual Spare Parts AC Mobil Murah dan Cara Merawatnya - encar.co.id

6.Filter Kabin AC Mobil

Bahasan kita yang terakhir adalah filter kabin. Meski namanya sama-sama filter. Tapi filter dryer sama filter kabin berbeda ya.

Filter kabin merupakan salah satu spare parts AC mobil yang berfungsi menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke dalam evaporator. Keberadaan filter kabin ini akan membuat evaporator menjadi lebih awet. Selain itu, udara yang ditiupkan blower ke dalam kabin pun akan terasa lebih segar dan bersih.

Cara merawat filter kabin relatif tidak sulit. Cukup membersihkan filter kabin, yang biasanya berada di dekat laci dashboard, dengan menggunakan vacum cleaner atau udara bertekanan minimal dua minggu sekali. Jangan sekali-kali membersihan filter kabin menggunakan air dan sabun. Cara ini malah membuat kotoran menjadi menempel pada filter kabin.

Waktu pembersihan filter kabin bisa menjadi lebih sering jika memang kondisi jalanan yang sering dilalui sangat berdebu. Artinya tidak ada batas waktu tertentu yang dipake untuk membersihkan filter kabin, tergantung kondisi keseharian jalanan yang dilalui kendaraan.

Meski demikian, filter kabin tetap punya masa pake. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian filter kabin setelah mencapai 20.000 sampe 24.000 km. Tapi, jika tinggal di perkotaan yang tingkat polusi tinggi seperti di Jakarta disarankan penggantian filter kabin setelah mencapai 10.000-15.000 km. Jika dikonversi ke dalam hitungan bulan adalah antara 6 bulan sampe 1 tahun.

Kalau memang harus diganti, berapa sih kisaran harga sebuah filter kabin ini?

Berikut ada beberapa contoh harga filter kabin tergantung merek dan seri mobilnya, antara lain:

  • Filter Kabin Daihatsu Terios Kyoto : Rp45.000
  • Filter Kabin Toyota Avanza Kyoto : Rp45.000
  • Filter KabinToyota Fortuner Kyoto : Rp69.000
  • Filter Kabin Honda All New CRV Kyoto : Rp85.000
  • Filter Kabin Daihatsu Sigra Kyoto : Rp85.000
  • Filter Kabin Honda Brio/Mobilio Kyoto : Rp95.000
  • Filter Kabin Toyota Alphard Kyoto : Rp99.000
  • Filter Kabin Nissan Livina Fiber Kyoto : Rp105.000
  • Filter Kabin Mitsubishi Pajero Sport Kyoto : Rp195.000

Nah kalau mengenai bengkel mana yang direkomendasikan banyak komunitas mobil. Untuk melakukan service spare parts AC mobil ya, bengkel AC mobil Rotary Bintaro selalu masuk dalam daftar. Saat ini bengkel AC mobil Rotary Bintaro sudah punya dua kantor pelayanan, yaitu di:

1.Bengkel AC Mobil Bintaro
Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan
Telp (021) 7342209,73880022  ato 0817870034  (Telp/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug
Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp (021) 73889500 ato 087796009700 (Telp/SMS/WA)

3.Bengkel AC Mobil Kedoya
Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Telp 0878 9700 9700 (Telp/SMS/WA)

Bagaimana?

Sudah dapat pencerahan tentang spare parts AC mobil bukan?

Bahkan ada cara-cara merawatnya juga loh. Ingat, merawat dengan rutin bisa membuat spare parts AC mobil tahan lama. Bahasan kita kali ini pasti ada manfaatnya dong?

Sebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed Anda ya.

Nah kalau ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan komentar di bawah ya. Ditunggu.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan