Apakah Merawat Bagasi itu Penting?

Bagaimana Cara Menempatkan Barang di dalam Bagasi?

Libur hampir tiba! Tak terasa tahun 2017 akan segera berakhir. Apa rencanamu menyambut libur akhir tahun nanti? Liburan atau mudik ke tempat saudara? Oke, apapun kegiatan yang akan kamu lakukan dalam rangka menghabiskan waktu libur, kamu tidak akan pernah lepas sama yang namanya kendaraan.

Salah satu kendaraan yang paling sering digunakan untuk liburan adalah mobil. Wajar ya, mobil dapat menampung lebih banyak muatan. Tidak hanya penumpang, namun juga barang-barang dan perkakas yang dibutuhkan selama liburan.

Perkakas dan barang-barang ini seringkali disimpan di dalam bagasi. Berapa besar daya tampung bagasi tergantung dari ukuran mobil yang digunakan. Apabila mobil yang digunakan Toyota Avanza atau Suzuki APV, jelas muatannya banyak. Sebaliknya, kalau mobil yang digunakan sekelas Honda Brio, Nissan Juke, dan Mitsubishi Mirage, jelas daya tampung bagasinya lebih sedikit.

Apakah Merawat Bagasi itu Penting?

Sama dengan mesin mobil, bagasi juga membutuhkan perawatan. Hanya saja tingkat perawatan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit. Sebagai pemilik, kamu perlu menjaga kebersihan bagasi. Letakkan semua barang bawaan selama liburan dengan teratur. Apabila kamu mengabaikan kebersihan bagasi, hal yang terjadi adalah:

  • Karpet bagasi akan menjadi kotor, sehingga barang yang diletakkan di bagasi juga akan kotor
  • Bagasi akan berbau tidak sedap, sehingga sirkulasi udara di dalam menjadi tidak sedap. Semua penumpang di dalam mobil juga tidak betah berlama-lama di dalam mobil tersebut
  • Menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Sehingga menaruh makanan di dalam bagasi tidak lagi diperbolehkan karena akan langsung terkontaminasi dengan virus dan kuman penyakit

Nah, untuk menghindari tiga poin di atas, sebaiknya kamu mulai menjaga kebersihan bagasi. Caranya sangat mudah, antara lain:

  • Membersihkan bagasi secara rutin, terutama bagian karpet. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu, kotoran, dan kuman penyakit. Kamu juga bisa mencuci karpet, lalu menjemurnya sampai benar-benar kering
  • Menggantungkan pewangi di dalam mobil agar hembusan udara di dalam kabin terasa segar
  • Mengganti moisture absorber di dalam mobil secara rutin, yaitu sekali tiga minggu. Tujuannya agar mobil terhindari dari virus dan kuman penyakit
  • Rajin menghidupkan AC mobil agar sirkulasi udara di dalam kabin sejuk
  • Apabila diperlukan, sesekali bukalah kaca mobil. Tapi ingat, kaca hanya boleh dibuka di tempat yang teduh dan tidak banyak debu

Bagaimana Cara Menempatkan Barang di dalam Bagasi?

Bagasi yang bersih tentu akan membuatmu senang. Apalagi kalau barang-barang di dalam bagasi tertata rapi. Nah, untuk menata barang di dalam bagasi, lakukan cara berikut ini:

1. Menempatkan Barang Sesuai dengan Jenisnya

Namanya juga liburan, otomatis barang yang dibawa sangat banyak. Belum lagi oleh-oleh untuk sanak saudara. Agar semua barang tertata dengan rapi, tempatkan barang-barang sesuai dengan jenisnya. Misalnya, pakaian dikumpulkan di sisi kanan bagasi, sedangkan makanan ditempatkan di sisi kiri bagasi.

2. Taruh Barang yang Tidak Dibutuhkan di Bagian Bawah

Barang yang paling dibutuhkan selama perjalanan biasanya makanan, minuman, dan obat-obatan. Untuk itu, taruhlah barang yang paling dibutuhkan di bagian atas. Sedangkan barang-barang seperti pakaian diletakkan di bagian bawah.

Tata letak setiap barang akan membuat bagasi tertata rapi. Kamu juga tidak perlu mengotak-atik bagasi setiap kali ingin mengambil apa yang kamu butuhkan. Toh, barang tersebut sudah diletakkan di bagian atas.

3. Gunakan Tempat Khusus untuk Menaruh Barang

Tempat khusus yang dimaksud dapat berupa kursi lipat berukuran kecil atau keranjang kecil. Dua alat tambahan ini bisa digunakan untuk menaruh barang yang dibutuhkan selama perjalanan. Sehingga bagasi lebih rapi lagi. Misalnya, obat-obatan, makanan, dan minuman ditaruh di satu tempat. Dengan meletakkan barang di dalam satu wadah khusus, kamu juga lebih mudah untuk menjangkaunya.

4. Hindari Kebiasaan Menumpuk-Numpuk Barang

Tidak dapat dipungkiri, banyaknya barang bawaan yang tidak sebanding dengan muatan bagasi membuat kita sering menumpuk barang di dalam mobil. Apakah hal ini dianjurkan? Selama barang bawaan tidak lonyot atau hancur, kamu diperbolehkan untuk menumpuk barang. Akan tetapi, jangan pernah menumpuk barang melebihi batas kursi belakang ya. Hal ini sangat berbahaya karena membuat si pengemudi tidak dapat melihat posisi kendaraan lain di belakangnya.

5. Gunakan Tas untuk Mengorganisir Barang

Agar bagasi mobil lebih tertata rapi, kamu bisa menggunakan tas untuk membungkus semua bawa bawaan. Selain tas, kamu juga bisa menggunakan kotak atau kardus yang tidak terpakai. Kelemahan poin ini yaitu kamu harus menyediakan banyak tas atau kardus.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Ingin Menambah Performa Mobil? Lakukan 7 Hal Berikut Ini
Next Post Cara Mengatasi Lampu Indikator Mesin yang Suka Menyala Sendiri

Tinggalkan Balasan