Service Mobil Bekas di Bengkel

Service Mobil Bekas di Bengkel – Jika Anda memiliki mobil bekas atau Anda membeli mobil bekas dan memiliki kendala kerusakan maka lakukan service ke bengkel recommended. Mobil bekas rawan akan kerusakan, jika Anda melakukan perawatan yang bagus maka mobil akan jarang terkena gejala rusak.

 

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mobil bekas Anda selalu tampil modis dan nyaman Anda gunakan.

 

Service rutin mobil bekas Anda di bengkel langganan setiap sebulan sekali untuk service ringan. Lakukan service berat atau medium setiap satu tahun sekali, agar mobil Anda selalu dalam kondisi fit saat digunakan.

 

Anda tidak ingin bukan, jika mobil kesayangan Anda mogok dirumah? Biarpun mobil bekas yang penting tak kalah dengan mobil baru baik dari segi kenyamanan dan keramahannya.

 

 

Salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan setelah membeli mobil bekas atau mobil milik Anda sendiri adalah dengan mengganti komponen. Service mobil bekas Anda di bengkel minta penggantian komponen seperti dibawah agar mobil lama Anda agar serasa mobil baru :

Oli

Oli atau yang biasa dikenal dengan minyak pelumas merupakan minyak yang digunakan untuk melumasi mesin Mobil Anda. Lakukan service dengan penggantian oli setiap 1-2 bulan sekali agar mobil bekas Anda selalu bagus.

Anda dapat melakukan penggantian oli di bengkel atau bisa Anda ganti sendiri. Jadwalkan penggantian oli untuk mobil bekas Anda secara rutin.

 

 

Aki

Mobil bekas kemungkinan memiliki aki yang soak alias tidak bisa digunakan. Anda dapat melakukan pengecasan pada aki mobil bekas Anda, tetapi ini tidak disarankan karena tidak awet lama.

 

Bersihkan korosi pada aki mobil bekas Anda, jika memang tidak bisa digunakan maka lakukanlah penggatian aki untuk mobil bekas Anda.

 

 

Filter Udara

Filter udara berguna sebagai penyaring agar debu dari luar tidak masuk kedalam mesin mobil bekas Anda. Jika filter udara baik dan bersih maka aliran udara di dalam mobil Anda tidak terganggu dan mesin dapat terjaga.

 

Mengganti atau service filter udara cukup mudah, Anda dapat melakukan penggantian sendiri sesuai buku panduan mobil. Jika Anda tidak ingin repot, Anda dapat membawanya ke bengkel mobil langganan Anda dan minta di bersihkan atau diganti.

 

Cuci Radiator dan Ganti Coolant

Mesin yang cairan coolantnya habis akan menyebabkan mesin mobil bekas Anda menjadi panas dan dapat merusak komponen – komponen mobil lainnya. Sebelum melakukan penggantian coolant, ada baiknya jika Anda mencuci radiatornya terlebih dahulu dengan cairan flush radiator.

 

Jika Anda tidak dapat membersihkan radiator Anda sendiri, anda bisa lakukan di bengkel service radiator atau di bengkel langganan Anda. Selalu cek cairan coolant mobil bekas Anda agar mesin selalu sejuk dan tentunya awet.

 

 

Ganti Busi

Sama seperti filter udara, penggantian busi merupakan service kecil namun vital bagi mesin mobil bekas Anda. Ganti atau gunakan selalu sparepart busi standart pabrik agar performa mobil Anda selalu oke dan jangan gunakan busi racing bila mobil Anda bukan mobil racing berkecepatan tinggi.

 

Filter/kabin AC

Periksa filter AC mobil Anda yang biasanya terletak dibalik laci dashboard. Cek dan bersihkan filter AC mobil bekas Anda dan bila ganti dengan yang baru apabila memang diperlukan.

Filter yang buruk tentu akan mempengaruhi performa dari AC Mobil bekas Anda. Anda tidak ingin AC mobil Anda tidak sejuk bukan? Lakukanlah cek rutin dan rawat AC mobil bekas Anda.

 

 

Karet wiper dan ban mobil

Pengantian karet wiper cukup simpel, karet wiper yang sudah lama tidak diganti dapat menyebabkan atau membuat kaca mobil bekas Anda tergores sendikit demi sedikit.

Perhatikan dan cek ban mobil bekas Anda, usahakan selalu dalam kondisi yang oke dan siap digunakan untuk berkeliling. Apabila ban mobil Anda sudah tipis maka lakukanlah service dengan menggantinya dengan yang baru.

 

Spooring dan balancing

Mobil bekas yang sudah lama digunakan tentu membuat komponen roda harus di service dengan stel ulang. Istilah spooring dan balancing dalam service yang dimaksud adalah menyetel atau mengatur ulang roda dan kaki – kaki sehingga menjadi seimbang dan lurus.

 

 

Berikut daftar bagian yang harus di service atau dilakukan penggantian dan perawatan jika Anda membeli atau memiliki mobil bekas. Hal ini dilakukan agar mobil bekas Anda selalu nyaman digunakan dan tak kalah dengan mobil baru pada umumnya.

 

Sekian semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar