Solusi Memperbaiki AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin

Kadang kala, suara yang muncul dari ac mobil terdengar ngorok. Hal ini biasanya disebabkan karena ac mobil sudah mulai aus akibat kurangnya oli yang terdapat di bagian piston. Jika tidak segera ditangani, maka akan ac yang sudah aus tadi menjadi tanda-tanda awal kerusakan ac mobil. Kerusakannya pun tidak hanya satu komponen ac saja, melainkan dua atau bahkan semua komponen.

Tanda-tanda kerusakan paling sering terjadi apabila usia mobil sudah tua atau yang sudah berumur 5 tahun ke atas. Adapun indikasi kerusakan ac mobil yang sudah tua adalah sebagai berikut.

1. Terjadi Gesekan sehingga Suaranya Berisik

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, suara berisik menjadi tanda-tanda kerusakan pada ac mobil. Penyebabnya bisa karena piston sudah kehabisan oli, bisa juga karena faktor usia. Akibatnya ac mobil milik Anda tidak terasa dingin, terutama saat RPM rendah meskipun ac tersebut sudah diputar ke suhu maksimal.

2. Saluran AC Mengalami Kebocoran

Kebocoran pada ac mobil tentu akan menguras bagian refrigerant sehingga refrigerant ac menjadi lebih cepat habis. Oli yang terdapat di bagian refrigerant lambat laun akan semakin berkurang sedikit demi sedikit hingga menjadi habis. Hal ini nantinya akan menyebabkan terjadinya gesekan di bagian piston, sehingga terdengar lah suara berisik dari kompresor saat mobil dijalankan.

Apabila ac mobil mengalami kebocoran, Anda bisa langsung mengganti bagian kompresor. Tetapi, penggantian kompresor bukanlah jaminan kalau ac mobil akan awet dalam beberapa tahun kemudian. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lebih bagus langsung mengganti kompresor. Harga kompresor sendiri sangatlah bervariasi. Anda bisa mengecek daftar harganya disini.

3. Magnetic Clutch Bermasalah

Bagi Anda yang sudah lama mengendarai mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah magnetic clutch. Bagian ini merupakan komponen terpenting pada ac mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian magnetic clutch, maka akan berdampak pada udara dingin yang akan dihembuskan oleh ac mobil.

Magnetic clutch sendiri berfungsi sebagai penyambung antara mesin dan kompresor. Apabila kinerja dari magnetic clutch sudah mulai melemah, maka ac mobil pun langsung tidak dingin meskipun sudah diputar-putar ke suhu yang paling tinggi.

4. Kompresi pada Kompresor Menghilang

Kompresor berfungsi sebagai pemompa udara dari bagian freon ke kondensor ac mobil, tapi dengan tekanan yang lebih tinggi. Apabila kinerja kompresor melemah, otomatis udara yang dipompa ke bagian kondensor ac akan menjadi lebih lemah. Sehingga timbul lah masalah ac tidak dingin dan lain sebagainya.

Kerusakan pada bagian kompresor akan menyebabkan dua hal. Pertama, ac mobil menjadi tidak dingin sama sekali saat rpm mobil rendah. Kedua, ac mobil menjadi sangat dingin saat mobil dijalankan pada rpm yang tinggi.

Hal ini tentu sangat tidak mengenakkan. Kalau jalan raya macet, mobil pun akan berhenti, rpm nya pun menjadi rendah sehingga suhu ac mobil tidak dingin lagi.

Booking ServiceMemperbaiki AC Berisik dan Tidak Dingin

Selain mesin, ac mobil juga menjadi komponen paling krusial dalam rangka mobil itu sendiri. Kerusakan yang terjadi pada ac mobil akan menyebabkan sirkulasi udara di dalam kabin menjadi tidak dingin. Belum lagi suara berisik yang datangnya dari kompresor. Untuk memperbaiki ac berisik dan tidak dingin seperti ini, langsung bawa mobil Anda ke bengkel ac mobil. Apabila Anda membutuhkan bantuan berupa perbaikan ac mobil, silahkan hubungi kami agar masalah ac mobil dapat segera beres.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Satu pemikiran pada “Solusi Memperbaiki AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin

Tinggalkan komentar