Waktu yang Tepat Untuk Service Mobil Toyota

Servis mobil merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan roda empat. Jenis servis yang dilakukan pun lebih ke bagian mesin mobil karena mesin merupakan dapur pacu sebuah mobil. Apabila mesinnya rusak, maka mobil pun tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Hal yang sering ditanyakan konsumen adalah kapan waktu yang tepat untuk service mobil. Mobil bisa diservis kapan saja, tergantung kebutuhan dan pemilik mobil itu sendiri. Tapi, alangkah baiknya jika mobil diservis secara rutin apalagi jika terjadi hal-hal berikut ini.

1. Jarak Tempuh Sudah Terlampaui

Mobil lama atau mobil yang baru dibeli sekalipun perlu diservis rutin bila jarak tempuh sudah melampaui batas yang sudah ditentukan. Misalnya, 50.000 km, 70.000 km, atau 90.000 km. Anda bisa mengecek buku pedoman untuk mengetahui jarak tempuh maksimal dari mobil tersebut. Sehingga Anda tahu kapan harus membawanya ke bengkel.

2. Sudah Melebihi Batas Waktu Servis

Mobil yang sering dipakai membutuhkan perawatan ekstra untuk memanjakan mesin-mesinnya. Hal yang sama juga untuk mobil yang jarang dipakai. Lakukan servis berdasarkan kurun waktu. Misalnya, 3 bulan, 6 bulan, ataupun 12 bulan. Kinerja mesin yang sering diservis pasti lebih bagus, apalagi kalau diservis tepat pada waktunya.

3. Saat Mesin Kurang Bertenaga

Performa mobil otomatis akan berkurang jika mesinnya sudah pincang. Apabila performa mobil lain dari biasanya, ini berarti mesin perlu diservis. Peremajaan mesin-mesin mobil secara berkala sangat penting untuk menghindari masalah umum yang membuat mesin rusak. Sehingga mesin mobil jadi lebih awet dan tahan lama.

4. Saat Terdengar Suara Asing

Apabila ada suara asing yang terdengar dari bagian mesin saat mobil dihidupkan, berarti ada yang tidak beres di bagian mesin dan bagian pergerakan suspensi. Jika gejala seperti ini muncul, itu berarti mobil sudah perlu dibawa ke bengkel terpercaya untuk melakukan serangkaian servis.

5. Ada Komponen yang Mengalami Kebocoran

Saat mobil dalam kondisi mati, tapi ada cairan yang tiba-tiba menetes ke lantai, Anda perlu lebih waspada. Hal ini bisa jadi salah satu gejala adanya kebocoran pada salah satu komponen mobil, misalnya komponen oli mesin. Untuk memastikan area yang mengalami kebocoran dan tingkat kebocorannya, bawalah mobil ke bengkel untuk segera diperiksa.

6. Rem Kurang Cakram

Rem mobil berfungsi untuk mempercepat atau memperlambat kecepatan saat mobil melaju. Rem yang sudah mulai blong atau kurang cakram patut diwaspadai. Hal ini akan mengancam keselamatan Anda saat berkendara. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, segera bawa mobil ke bengkel agar bagian remnya segera diservis.

Booking Service7. AC Mobil Bermasalah

Salah satu bagian yang sering mengalami masalah adalah ac mobil. AC mobil yang kurang dingin atau hanya keluar angin menyebabkan berkendara jadi kurang nyaman. Hal ini bisa terjadi karena bagian ac jarang dibersihkan ataupun komponen ac sudah mengalami kerusakan. Untuk mengecek masalah yang terjadi pada ac mobil, bawa kendaraan Anda ke bengkel khusus ac mobil supaya hembusan udara di dalam kabin bisa dingin kembali.

Bagi Anda yang ingin melakukan service, khususnya untuk spare parts ac mobil, silahkan kunjungi Bengkel Rotary Bintaro di alamat:

  • Kedoya Raya No. 20, RT.2/RW.2, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Ciledug Raya No. 7a – 7b, Petukangan Lama, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar