fbpx

11 Masalah yang bisa Terjadi Kalau Mobil Tanpa Perawatan AC Mobil Berkala


AC merupakan bagian yang penting dalam sebuah mobil, seperti mempengaruhi kenyamanan pengendara maupun penumpang. Dengan adanya AC, tentunya suhu yang ada di dalam mobil bisa lebih teratur, tidak lembab dan juga mampu memberikan tingkat kesejukan yang menyegarkan.

Namun ternyata kondisi tersebut bisa berbanding apabila AC mobil mengalami kerusakan ataupun bermasalah. Hal itu bisa dikarenakan oleh kurang teraturnya atau bahkan tidak dilakukan perawatan AC mobil secara berkala loh. Yuk simak 11 Masalah yang bisa Terjadi Kalau Mobil Tanpa Perawatan AC Mobil Berkala di bawah ini.

11 Masalah yang bisa Terjadi Kalau Mobil Tanpa Perawatan AC Mobil Berkala

1. AC Berbau Tidak Sedap

Permasalahan yang umum terjadi jika mobil tanpa perawatan AC mobil berkala adalah bau tidak sedap. Meskipun tidak ada bagian atau komponen yang rusak, namun hal ini cukup mengganggu karena adanya kotoran yang terhisap dan melekat  pada evaporator AC. Usahakan untuk selalu membersihkan kabin mobil dan jangan membuang sampah sembarangan.

2. AC Mobil mengeluarkan Bunyi

Selain berbau tidak sedap, permasalahan berikutnya adalah AC Mobil mengeluarkan bunyi seperti desisan ataupun suara ngorok. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti oli kompresor yang rusak atau lain sebagainya. Anda bisa mengatasinya dengan pergi ke bengkel spesialis AC Mobil langganan.

3. AC kurang Dingin

AC mobil yang kurang dingin juga menjadi permasalahan yang cukup berat, biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada pengendara. Ada beberapa penyebab, salah satu diantaranya adalah kebocoran pada refrigerant atau freon. Maka pastikan untuk selalu memeriksa komponen secara teratur di Bengkel AC mobil kedoya jika berdomisili area Jakarta.

4. Tiupan Udara Terlalu Lemah

Pastikan untuk memeriksa bagian blower, jika nampak bermasalah maka segera ganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah lainnya.

5. Mesin Mati saat AC Dihidupkan

Masalah selanjutnya adalah mesin mati ketika AC dihidupkan. Maka pastikan untuk melengkapinya dengan mekanisme idle up AC untuk menaikkan putaran mesin, sehingga permasalahan tersebut tidak akan kembali lagi.

6. AC Mobil mengalami Kebocoran

Kebocoran pada AC memang seringkali melanda, seperti adanya tetesan air di lantai mobil atau bagian karpet bawah dashboard. Hal tersebut karena adanya saluran pembuangan tersumbat dan cairan tidak dapat dikeluarkan.

7. Munculnya Kabut dari register AC

Munculnya kabut dari saluran keluar AC yang ada di dashboard memang normal, namun jika kejadian tersebut muncul saat kelembapan udara tinggi maka bisa menyebabkan hal yang tidak nyaman.

8. Kerusakan AC

Masalah yang bisa terjadi selanjutnya adalah kerusakan AC. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya perawatan pada AC mobil, banyak komponen di dalamnya yang sudah rusak dan tidak mendapatkan pergantian sparepart.

9. Kondensor Berkarat

Kondensor merupakan salah satu komponen AC mobil yang harus dibersihkan secara rutin. Jika tidak, maka bisa berimbas mudah berkarat dan menjadi keropos. Usahakan untuk selalu membersihkan sela-sela komponen yang berdebu.

10. Bau tidak sedap dari Pengharum Mobil

Siapa sangka jika bau tidak sedap hanya di dapat karena kurangnya perawatan dan pembersihan secara teratur? Ternyata penggunaan pengharum mobil yang tidak berkualitas juga bisa menimbulkan bau tidak sedap loh, yaitu karena bau mudah diserap dan sulit dibersihkan. Sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur dan membuatnya menjadi berbau tidak sedap.

11. Kabin Penuh Kotoran

Kabin merupakan bagian penting yang harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin jika akan banyak kotoran menumpuk dan membuat AC mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Itulah ulasan singkat mengenai 11 Masalah yang bisa Terjadi Kalau Mobil Tanpa Perawatan AC Mobil Berkala. Mulai sekarang, maka usahakan untuk selalu memeriksakan ataupun melakukan perawatan AC mobil di Bengkel spesialis AC mobil favorit. Jika Anda berada di sekitar Jakarta, maka Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Veteran, Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Ciledug atau Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Kedoya bisa jadi pilihan yang tepat.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Blog

bengkel AC Mobil CiledugBengkel AC Mobil Kedoyabengkel spesialis AC Mobil

Leave a Reply