Di Indonesia, ada peraturan perundang-undangan yang jelas mengenai pemungutan pajak. Mulai dari pajak penghasilan, pajak kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Anda punya mobil? Tentu Anda berkewajiban membayar pajak mobil Anda sesuai yang telah ditentukan. Pajak yang Anda bayarkan akan dikelola pemerintah untuk pembangunan negara. Nah, mengapa ada pajak? Anda harus tau 3 alasan penting mobil dikasih pajak.

Banyak ketentuan wajib pajak yang diberlakukan untuk kendaraan. Nah, tahukah anda mengenai apa saja yang menjadi dasar pemungutan pajak kendaraan bermotor ? Tahukah Anda bahwa bobot atau efek dari kendaraan anda sangat mempengaruhi penentuan tarif pajak yang akan dibayarkan?

3 Alasan Penting Mobil Dikasih Pajak, Sudah Tahu?

Seperti yang didefinisikan dalam Pasal 1 angka 12 dan 13 UU No. 28 Tahun 2009 pajak kendaraan bermotor merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Jenis Pajak kendaraan bermotor ini termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari Pajak Daerah. Mengapa mobil dikasih pajak? Inilah 3 alasan penting mobil dikasih pajak

1. Pajak untuk pembangunan negara

Seperti yang kita tahu, di indonesia, pembangunan daerah merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka pemerintah daerah memerlukan dana dari dalam negeri berupa pajak.

Jenis pajak kendaraan bermotor ini merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah. Manfaat PKB bagi daerah antar lain merupakan salah satu sumber pendapatan daerah dan berguna untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, PKB juga Berguna untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum dan membantu peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota. Adanya PKB juga dapat meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum bagi wajib pajak. Ini alasan penting mobil dikasih pajak, manfaatnya kembali pada pengguna jalan itu sendiri.

2. Merupakan pemasukan pajak yang tinggi

Di Indonesia, salah satu jenis pajak yang tinggi adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak yang Anda bayarkan akan bermanfaat secara nyata bagi pembangunan negara yang dapat Anda rasakan. Besar pengenaan tarif pajak mobil anda berdasarkan bobot atau efek negatif atas penggunaan kendaraan dan bisa merefleksikan tingkat kerusakan jalan. Ini alasan penting mobil dikasih pajak, manfaatnya kembali pada pengguna jalan itu sendiri.

Misalnya, pajak mobil yang ukuran mobilnya kecil dibandingkan dengan mobil yang lebar/panjang sudah pasti pajak yang dibayarkan akan lebih mahal mobil yang lebar/panjang. Hal tersebut karena sangat jelas jalan umum akan banyak digunakan oleh mobil tersebut dan kemungkinannya sangat besar apabila kendaraan tersebut memberikan efek jangka panjang terhadap jalan tersebut terutama bobot/efek negatif. Nah, tanpa kita sadari mobil mobil lebar/panjang lebih banyak untuk menggunakan fasilitas jalan umum karena ukuran mereka yang membutuhkan jalan umum dengan area yang lebih.

3. Berpengaruh terhadap jalan

Mobil yang anda miliki berpengaruh terhadap jalan yang anda gunakan. Hal ini menyebabkan mobil anda harus dikasih pajak, karena memanfaatkan fasilitas umum. Pajak yang anda bayarkan nantinya juga akan digunakan untuk pembangunan fasilitas umum termasuk jalan raya. Harus diketahui bahwa minimal 10% (sepuluh persen) hasil penerimaan PKB termasuk didalamnya yang dibagihasilkan kepada Kabupaten/Kota dialokasikan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.

Itu tadi 3 alasan penting mobil dikasih pajak. Sebagai warga negara yang baik, Anda tidak boleh lalai dalam hal membayar pajak. Memutuskan membeli kendaraan berarti siap dengan kewajiban pajak yang dikenakan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.