rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Puri 1

Ketika musim sudah mulai memasuki musim kemarau, kondisi AC mobil Anda akan menjadi prioritas, terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan waktu seharian di mobil. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara merawat AC mobil dengan benar.

Ada beberapa pemeriksaan visual dan beberapa prosedur manual yang dapat dilakukan oleh sebagian besar individu dengan sedikit kemampuan mekanis. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda merawat AC mobil agar tidak rusak dan merasa yakin bahwa AC Anda siap menghadapi panasnya jalan di musim panas.

Merawat AC Mobil dengan Cek Sistem AC

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Sistem pendingin udara di kendaraan yang beroperasi di iklim yang lebih dingin perlu dijalankan setiap minggu selama bulan-bulan non-AC selama sekitar sepuluh menit. 

Ini akan mensirkulasikan oli dalam sistem, menjaga seal tetap terlumasi dan mencegahnya mengering (yang akan menyebabkan Freon bocor.) 

Menjalankan AC secara berkala juga akan mengeringkan ruang udara dan mengurangi kemungkinan jamur dan jamur. tumbuh di dalamnya, menyebabkan bau yang tidak diinginkan (atau lebih buruk).

Selain menjalankan sistem secara berkala, Anda harus memeriksa dan merawat AC mobil Anda untuk menghindari masalah. Ini adalah sesuatu yang hampir semua orang bisa lakukan. 

Biasanya para mekanik akan memulai pemeriksaan di bawah kap dengan memeriksa kondensor A/C yang terletak di depan radiator. Kondensor adalah tempat dimana Freon berubah dari gas menjadi cair (mengembun). 

Kondensor harus bebas dari apa pun yang akan membatasi aliran udara melaluinya. Jika kondensor dibatasi efisiensi AC akan berkurang. Kondensor dapat dengan mudah dibersihkan dengan selang taman dengan nosel bertekanan tinggi.

Merawat AC Mobil dengan Cek Kipas Mesin dan Sabuk Kipas

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat AC mobil berikutnya adalah memeriksa kipas mesin yang dapat berupa mekanik atau listrik. Jika Anda memiliki kipas pendingin listrik yang dipasang ke radiator, itu harus selalu menyala ketika AC dalam posisi hidup. 

Jika kipas tidak bekerja dapat mengakibatkan tekanan yang terlalu tinggi pada sistem yang dapat merusak selang dalam sistem, menyebabkan hilangnya Freon dan oli dalam sistem. 

Beberapa sistem memiliki dua kipas listrik tetapi hanya satu dari mereka yang perlu berjalan saat sistem pendingin udara menyala. Jika Anda mengemudikan kendaraan dan udara yang berasal dari saluran udara dingin tetapi naik secara signifikan saat mesin dalam keadaan idle, ini merupakan indikasi yang baik bahwa kipas pendingin tidak bekerja.

Sebaliknya, jika Anda memiliki kipas kopling mekanis yang memiliki termostat di tengahnya, kipas tersebut seharusnya mengencang dan berputar lebih cepat saat udara masuk melalui kondensor dan radiator memanas. 

Bagaimana cek kondisi kopling kipas?

Ada tes cepat yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kondisi kopling kipas. Dengan mesin dingin dan mati, raih dan putar kipas secara manual. Kipas harus berputar bebas – itulah yang seharusnya dilakukan. 

Saat mesin panas, Anda akan merasakan hambatan atau hambatan saat Anda memutarnya. Jika kendor dan berputar bebas saat mesin panas kemungkinan besar fan clutch Anda rusak. 

Seperti yang dinyatakan dalam paragraf terakhir, jika udara yang berasal dari saluran udara dingin saat mengemudi tetapi menjadi sangat panas saat kendaraan dalam keadaan diam, ini adalah indikator yang baik bahwa Anda memiliki kipas kopling yang rusak.

Memeriksa sabuk kipas berikutnya dan dilakukan secara visual. Periksa bagian bawah sabuk dari keretakan. Jika retakan ditemukan, sabuk harus diganti. Pada kendaraan yang lebih tua, pengukur tegangan sabuk diperlukan saat mengganti sabuk untuk mencegah tekanan berlebihan yang terkait dengan komponen yang digerakkan oleh sabuk. 

Hal ini dapat menyebabkan kegagalan dini pada item yang digerakkan ini tetapi tidak menjadi masalah dengan kendaraan baru yang memiliki tensioner sabuk pegas yang menerapkan jumlah tegangan yang tepat pada sabuk.

Merawat AC Mobil dengan Cek Sistem Pendingin Udara

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Pada titik ini Anda harus memeriksa pengoperasian sistem pendingin udara. Nyalakan mesin dan tempatkan pengatur suhu pada posisi terdingin dan sakelar kecepatan kipas pada posisi tertinggi. Bagian depan kompresor AC memiliki kopling yang akan mengaktifkan komponen internal. 

Jika Anda melihat kompresor secara visual, Anda akan melihat kopling dan puli penggerak berputar bersama. Kopling akan hidup dan mati kira-kira setiap 20 hingga 30 detik, yang normal. Jika siklus kopling hidup dan mati dengan cepat setiap beberapa detik, ini merupakan indikator yang baik bahwa sistem kekurangan Freon.

Menghubungi Mekanik Profesional

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Sistem AC mobil Anda dapat kehilangan 10% hingga 15% Freon dalam setahun. Di sinilah Anda akan ingin menggunakan layanan profesional terlatih. Anda bisa datang ke Rotary Bintaro cabang Puri untuk berkonsultasi pada mekanik profesional yang siap membantu Anda.

Setiap sistem pendingin udara memiliki jumlah Freon yang tepat yang harus ada dalam sistem. Biasanya ada label di bagian atas rumah radiator, di bagian bawah kap mesin, atau di ruang yang menahan sistem evaporator. 

Tag ini mencantumkan jenis dan jumlah Freon dalam pound dan ons yang perlu ada dalam sistem untuk pengoperasian yang efisien dan tepat. Sering kali, Anda dapat melihat area kebocoran karena ketika Freon bocor, itu juga membawa minyak. 

Jika Anda melihat residu berminyak atau hitam pada fitting atau selang – ini adalah indikasi kebocoran yang baik. Penggunaan pewarna pendeteksi kebocoran, atau pendeteksi kebocoran elektronik adalah cara lain untuk menemukan kebocoran.

Jika sebuah sistem hanya kekurangan Freon, adalah ide yang buruk untuk menambahkannya saja. Tidak ada cara untuk mengetahui berapa banyak Freon dalam suatu sistem dan jika Anda menambahkan terlalu banyak, Anda berisiko merusak kompresor atau menyebabkan tekanan yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan selang pecah. 

Bagaimana cara mengisi ulang sistem pendingin udara?

Cara yang benar untuk mengisi ulang sistem pendingin udara adalah dengan mengosongkan semuanya dan mulai dari awal dengan memasukkan jumlah yang tepat yang tercantum pada tag yang disebutkan sebelumnya. 

Satu set pengukur AC diperlukan untuk melakukan prosedur pengisian ulang dan pompa vakum juga akan diperlukan untuk operasi ini. Menerapkan lebih dari 17 inci vakum ke sistem akan menyebabkan uap air mendidih karena air mendidih pada 17 inci vakum di permukaan laut.

Pompa vakum harus dibiarkan menyala selama 20 hingga 30 menit untuk memastikan semua kelembapan telah dihilangkan. Salah satu pengukur adalah pengukur tekanan rendah yang memiliki sisi vakum sehingga Anda akan tahu berapa banyak vakum yang diterapkan. 

Setelah 20 hingga 30 menit mengevakuasi sistem, kedua pengukur dimatikan sehingga teknisi dapat mengamati sisi vakum pengukur tekanan rendah. Mereka harus menunggu sekitar lima menit untuk melihat apakah ada kehilangan vakum. Aturan praktisnya adalah jika sistem menahan vakum maka akan menahan Freon.

Isi ulang freon di bengkel profesional

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Waspadalah terhadap kit isi ulang yang dapat dibeli dari sebagian besar toko suku cadang. Anda harus ingat bahwa mungkin ada alasan lain selain hilangnya Freon yang menyebabkan AC tidak beroperasi. 

Apa yang akan terjadi jika hal lain di luar Freon rendah yang menjadi penyebab masalah sistem? Jika Freon ditambahkan ke sistem yang sudah penuh, dapat menyebabkan rusaknya kompresor karena cairan Freon yang masuk, atau selang sistem itu sendiri dapat pecah.

Sangat hati-hati harus diambil ketika bekerja pada sistem pendingin udara. Kacamata pengaman harus dipakai setiap saat karena jika garis putus dan Freon mengenai mata Anda akan langsung membeku dan dapat menyebabkan kebutaan. 

Kit pengisian oli juga dijual di toko suku cadang dan hanya boleh digunakan oleh profesional terlatih. Jika ada terlalu banyak oli dalam sistem, itu akan mengurangi efisiensi unit.

Oli biasanya tidak diperlukan kecuali komponen sistem diganti. Oleh karena itu, untuk merawat AC mobil Anda dan demi keamanan diri Anda dan juga mobil Anda, bawalah mobil Anda ke Rotary Bintaro cabang Puri jika ada permasalahan AC mobil.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...