fbpx

7 Penyebab AC mobil tidak dingin atau tidak Normal


7 Penyebab AC mobil tidak dingin atau tidak normal dapat diketahui melalui proses pengecekan pada bagian filter hingga kompresor AC mobil.

Banyaknya aktivitas pengguna mobil terkadang membuatnya lupa untuk melakukan pengecekan rutin pada bagian AC mobil, sehingga lebih berfokus pada perawatan mesin mobilnya saja. Padahal bila pada bagian AC mobil dibiarkan begitu saja akan merambat pada bagian vitalnya sehingga berpengaruh pada kesehatan serta kenyamanan pengguna mobil di masa mendatang.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Komponen-komponen AC Pada Mobil

Untuk itulah perlu diketahui apa saja yang menjadi penyebab AC mobil tidak normal agar pengguna mobil dapat mengantisipasinya lebih awal agar tidak terjadi kerusakan lanjutan khususnya pada mobil yang digunakan.

Berikut 7 penyebab AC mobil tidak dingin atau tidak normal, antara lain :

  • Berkurangnya Freon atau Habis
    Umumnya AC yang mulai tidak dingin dikarenakan Freon yang mulai habis, Faktanya Freon tidak akan habis bila tidak ada penyebabnya. Yang menyebabkan freon berkurang biasanya karena ada kebocoran yang terjadi pada system AC, misalnya pada evaporator, kondensor sambungan seal O-ring atau komponen AC lainnya. Oleh karena itu tangani secepatnya kebocoran yang terjadi agar dampaknya lebih membesar.
  • Radiator dan kondensor yang kotor jarang dibersihkan
    Fungsi condensor adalah untung membuang panas dari gas bertekanan tinggi pada Freon di condenser, sehingga proses kondensasi pun menjadi tidak sempurna. Penyebab kotor tersebut biasanya adalah debu, Oleh karenanya disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rutin dari radiator atau kondensor AC Mobil Anda.
  • Motor kipas pendingin yang lemah atau mati
    Bagian kipas pendingin atau motor kipas pendingin AC mobil berperan penting dalam membuang hawa panas pada kondensor. Jadi pastikan apakah kondisi motor kipas pendingin yang dimiliki kondisinya sudah lemah atau mati. Seandainya sudah diganti sekalipun jangan sampai memasang motor kipas pendingin terbalik, karena yang seharusnya berfungsi membuang hawa panas, justru malah sebaliknya.
  • Kondisi Kompresor yang Aus
    Tekanan Freon akan menjadi tidak normal dan Ac mobil pun menjadi tidak dingin. Gejala umum yang data terlihat dengan adanya bunyi kasar dan pada bagian sight glas akan terlihat hitam. Dampak lainnya yang terjadi adalah tersumbatnya bagian dryer filter temasuk juga expansi valve.

Baca juga : Kenali Ciri-ciri Compressor AC Mobil Bermasalah

  • Magnit clutch
    magnetic clutch jika mulai bermasalah atau sudah mulai Lemah menyebabkan Center piece tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin, sehingga menyebabkan kompresor tidak bekerja dan menyebabkan ac mobil menjadi tidak dingin.
  • Evaporator-Kotor-2Evaporator Kotor
    Bila bagian evaporator kotor akan berakibat pada aliran udara ke dalam mobil pun menjadi tersumbat, sehingga hembusan anginnya akan kecil. Biasanya penyebabnya adalah karena menumpuknya debu atau kotoran di bagian evaporator, oleh karena itu disarankan untuk memasang filter kabin agar evaporator tidak mudah kotor dan lebih awet. Selain itu Anda pun terhindar dari biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya perawatan yang mahal.
  • Berlebihannya Tekanan Freon yang terdapat dalam system AC
    Tekanan Freon berlebihan akan membuat Ac mobil Anda pun menjadi tidak dingin, ini umumnya berkaitan dengan lemahnya atau mungkin matinya motor fan, Tentunya system akan overheat dan membuat bagian switch high pressure akan memutus arus listrik ke bagian magnetic clutch. Freon yang berlebihan pun juga akan berdampak pada AC yang tidak dingin, Oleh karenanya cek rutin lah ke bagian bengkel AC mobil yang lebih memahami AC mobil Anda.

7 Penyebab AC mobil tidak dingin atau tidak normal tersebut setelah dipahami akan membuat pengguna mobil dapat mengantisipasi ketika gejala tidak normalnya AC mobil yang muncul. Sehingga pengguna mobil pun dapat melakukan perawatan rutin pada bagian AC mobil dan komponen pendukungnya selain perawatan pada bagian mesin mobil.

Baik mobil baru ataupun lama yang dimiliki oleh Anda tidak masalah selama proses pengecekan pada bagian tersebut dilakukan secara intensif.

Jika mobil yang dimiliki ternyata mobil lama sekalipun akan tetap nyaman digunakan seperti halnya mobil baru karena dapat mengantisipasi bagian-bagian penyebab tidak normalnya AC mobil tersebut.

 

Seputar AC Mobil

AC mobil tidak dinginevaporator kotorkebocoran pada evaporatorKompresor AC Mobilpenyebab ac mobil tidak dinginperawatan rutin pada bagian ac mobiltekanan freon

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?