rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Depok Banjir, Cooling dan Fogging Machine Bisa Menjadi Jalan Keluarnya

Hai #SahabatRotary, tulisan kali ini khusus untuk pelanggan Fogging Machine Depok

Apakah Anda tahu bagaimana Cooling & Fogging Machine Depok menjadi jalan keluar banjir?

Hujan yang terus mengguyur Jabodetabek sejak sore kemarin menyebabkan banjir dan longsor di Depok. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok Gandara Budiana mengatakan terdapat lima titik banjir di Depok.

“Di Depok yang termonitor banjir ada mulai dari Taman Duta, tapi Alhamdulillah tidak terlalu tinggi ya, makanya kita monitor. Selanjutnya di Bukit Cengkeh, Kompleks Marinir, Cipayung Pasir Putih, dan Sawangan,” ujar Gandara, Rabu (1/1/2020).

Untuk ketinggian banjir di beberapa wilayah tersebut, Gandara menyebutkan pihaknya masih memonitor dan menyusun laporan lengkap.

Selain banjir, hujan juga mengakibatkan longsor. Longsor tersebut terjadi di wilayah Sawangan, Cinere dan Krukut. “Di satu titik seperti di Sawangan rumahnya tidak tertimbun cuma belakang rumahnya saja turapannya rubuh. Yang lainnya sedang kita monitor lagi. Di Cinere itu di Pangkalan Jati, lalu yang kemarin sempat longsor bertambah lagi di Krukut,” ujar Gandara.

Tim Damkar yang menerima laporan mengenai banjir tersebut langsung menuju lokasi untuk meninjau lebih lanjutnya. “Sekarang anggota dan tim tagana serta yang lain sedang ke lokasi membantu evakuasi,” ujar Gandara.

Ini Sebaran Titik Bencana, Longsor dan Banjir di Depok

Hujan deras yang mengguyur Jabodetabek mulai Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu (1/1/2020) siang berlalu banjir dan longsor , tidak terkecuali di Depok.

Menurut data yang diterima Kompas.com dari Tagana Dinas Sosial Kota Depok ada beberapa titik yang diperbaiki pada laporan tersebut, antara lain Kecamatan Cilodong di Kelurahan Kali Baru berisi 44 kepala keluarga (KK) dan 164 jiwa terdampak.

Lalu di Kelurahan Sukamaju ada 8 Kepala keluarga dan 18 jiwa. Kecamatan Tapos di Kelurahan Cilangkap ada 40 KK dan 138 Jiwa. Kelurahan Jati Jajar 10 KK dan 38 Jiwa. Kelurahan Sukamaju Baru ada 12 KK dan 35 Jiwa.

Kecamatan Cipayung di Kelurahan Ratu Jaya terdata ada 6 KK dan 25 Jiwa. Kelurahan Bojong Pondok Terong 1 KK. Baca juga: Hujan Deras, Bangunan SDN Beji 4 Depok Ambruk Kecamatan Beji hanya terjadi di Kelurahan Pondok Cina 71 KK, 260 Jiwa. Kecamatan Sawangan di Kelurahan Pasir Putih 4 KK dan 18 Jiwa.

Kelurahan Pengasinan 30 KKdan 92 Jiwa. Kelurahan Sawangan 8 KK dan 31 JIWA. Kecamatan Pancoran Mas di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru ada 6 RT yang terdampak pada 185 KK 300 JIWA.

Kelurahan Depok 45 KK 127 JIWA. Kelurahan Mampang 100 KK 300 JIWA. Kecamatan Cinere di Kelurahan Cinere 55 KK 158 JIWA. Kelurahan Gandul 30 KK 105 JIWA. Kelurahan Pangkalan Jati Baru 13 KK 38 JIWA dan 3 orang meninggal dunia, 1 memulihkan luka patah pada bagian kaki. Kecamatan Cimanggis di Kelurahan Pasir Gunung Selatan 22 KK 88 JIWA. Kelurahan Tugu 3 KK 10 JIWA dan Kelurahan Mekarsari 3 KK 10 JIWA.

Depok Banjir, Cooling dan Fogging Machine Bisa Menjadi Jalan Keluarnya karya piyush priyank

7 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Setelah Menerobos Banjir

Banjir masih menghantui sebagian masyarakat di Jakarta dan sekitarnya lantaran curah hujan masih tinggi. Tak sedikit dari pengendara mobil yang nekat menerobos untuk cepat sampai ke tujuan.

Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Erwin Surianto menyarankan kepada pemilik mobil untuk memeriksa beberapa komponen kendaraan yang rentan rusak karena terendam banjir.

“Para pemilik mobil sebaiknya lebih berhati-hati saat menerobos banjir, karena ada sejumlah komponen pada mobil yang rentan rusak bila terendam genangan air,” ujarnya saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Irwan mengungkapkan beberapa komponen yang harus diperiksa pascabanjir. Berikut ulasannya:

1. Rem

Jika mobil masih menggunakan rem tromol, sebaiknya pedan rem ditekan berkali-kali sampai normal sebelum keluar dari area banjir untuk melanjutkan perjalanan. “Mekanisme rem tromol biasanya butuh waktu lama untuk kembali bekerja optimal ketimbang rem cakram,” kata Irwan.

2. Radiator

Komponen radiator sering menjadi sarang bagi partikel kecil, sampah, dan kotoran yang terbawa saat menerobos banjir. Setelah melewati banjir, ada baiknya untuk membersihkan radiator menggunakan air bersih bertekanan rendah.

“Selain dibersihkan dengan air bersih, kuras air radiator dan isi dengan yang baru agar semakin menyempurnakan proses pendinginan mesin serta tidak overheat,” katanya.

3. ECU

Komponen Electronic Control Unit (ECU) seringkali ditempatkan di dalam kabin atau ruang mesin. Sekalipun penempatannya aman, pusat sistem elektronik di mobil ini rentan terhadap air.

“Perhatikan ketinggian air jika tetap ingin melintasi jalan banjir. Jika ECU terkena cipratan air atau tergenang, siap-siap merogoh kocek puluhan juta rupiah untuk mengganti ECU yang rusak,” ujar Irwan.

4. Kabel dan Sekring

Kabel dan sekring berperan penting dalam sistem kelistrikan mobil. Meski sudah dilindungi dengan baik, namun ada baiknya kabel dan sekring rutin dicek. Hal ini untuk menghindari cipratan maupun air genangan terkena kabel dan sekring saat mobil terobos banjir, sehingga mengakibatkan korsleting dan kerusakan pada komponen kelistrikan mesin mobil.

5. As Roda, Tie Rod, Ball Joint, Seal Power Steering

Sektor kaki-kaki seperti as roda, tie rod, dan ball joint juga wajib diperiksa usai mobil melibas genangan air. Area tersebut biasanya diberikan boot karet yang berfungsi melindungi gemuk sebagai media pelumas masing-masing komponen.

“Kalau boot karet robek ditambah gemuk bercampur dengan air banjir, risikonya kaki-kaki bisa karatan dan lecet. Jika kondisi ball joint dan tie rod masih baik, cukup ganti boot karet roda saja dan dilumasi kembali dengan gemuk,” kata Irwan.

6. Filter Udara

Air filter atau filter udara pada dasarnya bertugas menjaga aliran udara untuk kebutuhan mesin, serta menyaring material debu dari udara masuk ke ruang bakar. Jika mobil kebanjiran, pastikan tidak langsung menyalakan mobil jika filter udara sudah basah terkena air.

7. Oli Mesin, Transmisi dan Gardan

Jika mobil sudah terendam air, ada baiknya segera menguras pelumas mesin maupun transmisi dan gardan. Pasalnya, oli yang sudah tercampur air, akan mengurangi daya lumas.

“Kalau daya lumasnya berkurang, bisa mengurangi daya gesek dari mesin sehingga terjadi keausan dini. Karena itu, lebih baik segera kuras dan mengganti pelumas baru untuk ketiga area tersebut,” katanya.

Itulah beberapa komponen penting kendaraan yang wajib diperhatikan usai menerobos banjir atau kendaraan tergenang air.

Pertolongan Pertama saat Mobil Terendam Banjir

Cuaca hujan ekstrem yang melanda wilayah Indonesia menyebabkan banjir di sejumlah daerah. Banyak kendaraan yang terjebak dan terendam banjir sehingga mengalami kerusakan.

Bagaimana pertolongan pertama apabila mobil terendam banjir? Head After Sales Auto2000 Cabang Bekasi, Sapta Agung Nugraha mengatakan, mobil dapat sepenuhnya pulih tergantung pada komponen elektrikal kendaraan pascabanjir.

“Tentunya kami maksimalkan pulih sepenuhnya, namun hal ini sangat bergantung kepada komponen-komponen electrical. Kami lakukan semaksimal mungkin karena untuk electrical bisa terdeteksi oleh komputer yang kami miliki,” ujarnya kepada iNews.id.

Sapta mengungkapkan kendaraan model sekarang sebagian besar komponennya menggunakan elektrikal. “Akan sangat menolong bila saat banjir sistem kelistrikan diputus sehingga tidak terjadi short circuit,” katanya.

Untuk itu, diperlukan pertolongan pertama untuk mencegah kerusakan parah sebelum kendaraan dibawa ke bengkel.

Pertama, lepas terminal negatif accu. Ini untuk mematikan tidak ada aliran listrik pada kendaraan, sehingga dapat mencegah korsleting yang menyebabkan kerusakan parah pada kendaraan.

Kedua, periksa saringan udara apakah masih kering atau tidak? Ketiga, periksa oli melalui dipstick apakah ada air tercampur oli? Ketiga, bersihkan sisa-sisa lumpur di bawah jok dengan air. Kelima, lepas jok dan karpet, bersihkan dengan air dan desinfectant. Keenam, setelah kondisi interior bersih dari lumpur, derek kendaraan ke bengkel untuk dicek mesin dan elektrikalnya.

Ketiga, ke bengkel spesiaslis AC mobil. Menggunakan teknologi dalam hal bisnis tentu akan sangat membantu dan menguntungkan. Seperti dari segi pemberian pelayanan menjadi lebih maksimal. Pelanggan juga akan merasa nyaman karena kemudahannya dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Perpaduan inilah yang coba diterapkan oleh pihak jasa bengkel service AC mobil.

Mereka menggunakan adanya tiga mesin canggih yaitu Flushing Machine, Cooling Machine, dan Fogging Machine Depok. kombinasi canggih untuk service AC mobil Anda. Bahkan, dengan adanya tiga teknologi ini, Anda bisa menghemat waktu dalam melakukan proses service AC.

Jika masih merasa asing dengan tiga teknologi ini, simak pada ulasan berikut mengenai apa saja yang bisa kita dapatkan dari Flushing Machine, Cooling Machine, dan Fogging Machine Depok ini. Terutama untuk mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk service AC, adanya tiga kombinasi inilah yang akan menjawab berbagai keluhan anda tentang AC mobil.

Mengenal Flushing Machine, Cooling Machine, dan Fogging Machine Depok

1. Flushing Machine

Berasal dari kata flushing sendiri adalah upaya untuk bisa menghilangkan atau membersihkan segala bentuk kontaminasi yang ada dalam sistem AC. Tujuannya tak lain agar kinerja AC mobil menjadi lebih maksimal. Kinerja sebagai pendingin di dalam mobil tidak terganggu apalagi membuat anda tak bisa konsentrasi saat menyetir. Adanya prosedur flushing yang tepat, membuat semua partikel kecil yang menjadi penyebab dari kompressor yang terkontaminasi bisa teratasi dengan mudah.

Flushing machine ini juga membuat anda tak perlu khawatir. Sebab, Flushing Machine yang digunakan memanglah sudah teruji kualitas dan kinerjanya. Service AC mobil anda juga lebih memuaskan, karena tak perlu menunggu lama. Karena tidak perlu lagi bongkar pasang dashboard. Terbayang bagaimana mudahnya?

Menggunakan Flushing Machine dalam perawatan AC mobil anda juga tentunya lebih bermanfaat. Seperti misalnya terasa lebih efisien untuk menguras dan mengganti oli serta freon yang ada pada sistem pendingin. AC mobil anda juga menjadi lebih cepat dingin serta mampu mengeluarkan udara yang segar. Aktivitas berkendara juga tidak akan terganggu. Flushing Machine juga sudah dilengkapi dengan teknologi komputerisasi serta menjauhkan AC dari kerusakan komponen yang lain.

2. Cooling Machine

Berbeda dengan Flushing Machine, kali ini mengenal apa itu Cooling Machine. Mesin yang satu ini memiliki fungsi untuk membersihkan evaporator di semua mobil tanpa harus melakukan pembongkaran dashboard yang justru akan memakan waktu sangat lama. Mesin bisa dilengkapi dengan alat ozonisasi yang bisa membunuh bakteri dan juga serangga yang ada dalam mobil.

Cooling machine mampu melakukan pembilasan dan pembersihan dengan kapasitas air antara 10 hingga 20 liter dan menggunakan tekanan air yang cukup tinggi. Berbeda dengan mesin yang sudah ada sebelumnya. Anda bisa lebih menghemat waktu service menggunakan Flushing Machine dan Cooling Machine ini.

Cara kerja dari Cooling Machine ini juga tergolong simple. Sangat pas jika dipadukan dengan Flushing Machine. Mesin yang bekerja dengan automatic serta setiap mobil hanya dapat menggunakan satu obat pembersih khusus. Obat ini dilengkapi barcode sehingga hanya bisa digunakan untuk satu mobil saja. Kombinasi dan inovasi canggih ini membantu anda dalam merawat AC mobil agar tetap memiliki performa yang prima.

3. Foging Machine
Berfungsi membunuh bakteri dari dalam kabin yang bisa service rutin 1x / bulan

Dengan menggunakan Flushing Machine, Cooling Machine, dan Fogging Machine sebagai kombinasi canggih yang membuat AC mobil terawat sempurna. Tak membutuhkan waktu lama lagi. Sebab untuk melakukan pembersihan kontaminasi bakteri atau kotoran, flushing tidak perlu membongkar dashboard. Belum lagi dengan adanya Cooling Machine yang juga cocok untuk menghemat waktu dalam proses service AC mobil anda. Jangan lewati waktu service AC mobil anda agar tak mengalami kerusakan nantinya.

Bengkel AC mobil Rotary Bintaro hadir dengan pelayanan menggunakan berbagai mesin tercanggih masa kini serta pengerjaan dari para teknisi ahli, yang akan membuat AC Mobilmu tersenyum lagi.

Untuk reservasi dan Booking service, klik: bit.ly/booking-service.

Sebagai bonus, buat yang mobilnya terlanjur kena rendam banjir lalu berniat menjual. Pastikan tidak melewatkan hal-hal ini sebelum menjual mobilnya

Perhatian! Perbaiki Hal ini Sama Mobil Bekas Banjir Anda

Kenali Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir Sebelum Membeli Mobil Bekas

Meski sudah memasuki bulan Februari, sejumlah daerah di Indonesia masih sering mengalami curah hujan yang tinggi. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta masih sering terjadi banjir.
Akibatnya banyak kendaraan  bermobil yang ikut terkena imbasnya dan rusak karena banjir, jika sudah terkena banjir banyak pemilik mobil yang memilih untuk menjual mobilnyaNah bagi anda yang jadi berniat menjual mobil bekas banjir ada baiknya perbaiki hal-hal ini untuk menarik pembeli :
1. Jangan Jual MurahHal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah harga mobil bekas tersebut. Jika mobil tersebut dijual dengan harga jauh dibawah pasaran bekas mobil tersebut, maka perlu dicurigai bahwa mobil tersebut bekas terkena banjir.2. Hilangkan Bau Tidak SedapPerawatan mobil menggunakan Cooling Machine dan Fogging Machine bagus nih untuk masalah ini.Kamu bisa dengan mudah mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak dari bau dari kabin/interior mobil. Jika saat kamu masuk kedalam mobil dan tercium bau tidak sedap seperti bau apek kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Bau tidak sedap tersebut muncul karena ada bagian mobil yang basah dan sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh.

3. Ada Kotoran dan Noda Bekas Banjir pada Interior

Selain bau tidak enak pada bagian dalam mobil, periksa bagian-bagian seperti bagasi, lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Periksa juga bagian karet pintu yang menempel pada bodi mobil, kamu bisa melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Jika terdapat pasir, bekas lumpur dan bekas air kemungkinan mobil tersebut bekas terendam banjir.

Cooling Machine dan Fogging Machine juga akan tepat sekali untuk masalah ini.

4. Cek Bagian Mesin Mobil

Pada ruang mesin mobil yang terkena banjir biasanya ada bagian-bagian yang berwarna belang dan menguning, cek juga apakah ada bekas karatan pada bagian kap mesin dan area sekitar mesin.

Periksa juga warna pada oli mesin, apabila oli berwarna coklat keputihan kemungkinan besar oli sudah bercampur dengan air yang masuk kedalam ruang mesin. Suara mesin mobil yang habis terkena banjir punakan lebih kasar daripada mobil dalam kondisi normal.

5. Cek STNK dan Riwayat Servis Mobil

Melalui alamat yang ada pada STNK kendaraan, kamu bisa mengetahui apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak. Jika daerah pada STNK rawan banjir ada kemungkinan mobil pernah terendam banjir.

Mobil yang Terawat biasanya memiliki riwayat servis mobil yang berkala, kamu bisa mengetahui informasi terkait apakah mobil tersebut pernah terendam banjir melalui riwayat servis yang ada.

Senang bisa berbagi. Pasti bermanfaat.

Temukan informasi lain seputar fogging machine hingga tips perawatan mobil lain di sini.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...