Kegunaan AC mobil hingga detik ini sebagai pendingin suhu dalam kendaraan. Selain itu dengan adanya kondisi AC yang baik, kita juga bisa berkonsentrasi dengan mudah saat berkendara. Perlu diperhatikan betul bagaimana AC yang mampu membuat nyaman dalam berkendara. Apakah dengan hawa yang begitu sejuk dan disertai bau harum atau justru Anda tidak begitu menyukai penggunaan AC dalam mobil ini. Bagaimana dengan AC mobil bau menyengat ? Apa penyebab dari masalah tersebut ?

Setiap kerusakan atau masalah pada komponen mobil tentu memilki penyebabnya. Baik dari luar maupun dari dalam. Jika anda ingin menghindari kerusakan atau masalah ini maka sebaiknya mengetahui apa penyebabnya. Setelah itu barulah kita bisa menghindari dan selalu merawat tiap komponen mobil.

AC Mobil Bau Menyengat, Kok Bisa ? Apa Penyebabnya ?

Setiap masalah pada komponen mobil memang memiliki penyebabnya. Jika tidak segera diatasi maka bisa berakibat fatal. Kenyamanan kita dalam berkendara bisa terganggu. Konsentrasi kita pada jalanan juga bisa kacau. Sebelum memperbaikinya, ketahui beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi. Beberapa diantaranya seperti :

  1. Evaporator yang memiliki kondisi kotor. Bisa juga evaporator yang memiliki kondisi berlendir. Nantinya akan tumbuh jamur dan kondisi bakteri yang ternyata bisa berkembang biak dalam evaporator mobil anda.
  2. Parfum dengan kadar alkohol yang memiliki kandungan cukup tinggi. Hal ini bisa membuat AC mobil Anda mengeluarkan bau asam.
  3. Kondisi ventilasi jendela mobil yang terbuka. Dalam kondisi seperti ini nantinya bisa menyebabkan bau dari asap knalpot kendaraan. Juga dengan asap atau polusi udara dari luar.
  4. Penyebab bau menyengat juga bisa karena terjadinya kebocoran pada sistem sirkulasi mobil. Biasanya, bau tidak sedap ini akan lebih terasa seperti aroma freon. Bau ini mirip dengan bau gosong.
  5. Penyebab lainnya adalah karena terjepitnya hewan kecil dalam komponen AC. Misalnya saja seperti bangkai tikus, cicak dan lain sebagainya.
  6. Bau tidak sedap pada AC bisa disebabkan karena AC mobil yang sudah lama tidak bisa menyala. Meskipun jika dilihat kondisi evaporator dalam AC masih bersih, tetapi bau ini bisa tercium saat pertama kali AC dihidupkan.
  7. Penyebab bau AC berikutnya adalah karena kurang dingin dan juga karena kekurangan freon. Terutama jika evaporator menjadi kotor, bau tidak sedap bisa terasa pada saat hembusan angin dari AC keluar.

Penyebab AC mobil bau ini memang secara tidak sadar dialami oleh banyak pengendara. Terutama mereka yang jarang mengecek kestabilan kondisi komponen dari AC mobil. Padahal kebiasaan mengecek ini justru bisa membuat kendaraan menjadi lebih awet.

Selalu ada faktor atau penyebab yang mempengaruhi setiap komponen. Tak ada salahnya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada bengkel AC mobil. Menjadi pilihan tepat apabila anda ingin segera memperbaiki kerusakan tersebut dengan cara aman.

Selalu jaga kebersihan mobil dari sampah basah maupun kering. Lebih baik membawa makanan ringan dan mudah untuk dibuang apabila sudah habis. Kebanyakan kotoran yang ada dalam mobil tentu bergantung pada bagaimana kebersihan kita. Peduli atau tidak, dibiasakan atau tidak.

Meski tidak mempengaruhi mesin mobil namun tentu akan mempengaruhi aroma dalam mobil. Terutama bagi seorang pria, kebersihan kendaraan yang ia miliki akan menjadi wakil yang mempresentasikan dirinya. Maka dari itu penting untuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam mobil kita.

Ketahui apa saja penyebab AC mobil bau. Hindari beberapa hal yang justru memicu bau menyengat seperti membawa makanan di dalam mobil. Buat suasana senyaman mungkin agar bisa mendukung aktivitas Anda dalam menyetir selama perjalanan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.