fbpx

AC Mobil Cuma Keluar Angin, Kenapa dan Bagaimana Solusinya?

AC Mobil Cuma Keluar Angin Doang Tinggal di Bintaro


Hai #SahabatRotary AC Mobil Cuma Keluar Angin?

Sudah rutin service AC mobil?

Berkendara tanpa AC mobil bisa menjadikan perjalanan begitu tidak nyaman. Terutama saat kondisi cuaca sangat panas dan terjebak macet. Butuh perawatan lebih untuk menghindari hal ini. Caranya? Lakukan servis yang berkala untuk AC mobil anda agar bisa berfungsi optimal di setiap keadaan. Karena seperti yang Anda tahu bahwa AC mobil disusun atas beberapa komponen. Masing – masing butuh pengecekan secara berkala agar mengetahui kondisinya secara pasti. AC mobil keluar cuma angin saja menjadi salah satu kendala yang sering dikeluhkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Bengkel spesialis AC mobil adalah pilihan tepat ketika Anda membutuhkan tempat untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Jika selama ini anda tinggal di Bintaro dan membutuhkan jasa service AC mobil di Bintaro karena lebih dekat maka tak perlu lagi khawatir. Anda bisa langsung menghubungi customer service yang ada, melalui nomer telephone yang tertera di website, Whatsapp, Facebook fanpage, Instagram, Twitter atau chat website Rotary Bintaro untuk booking service supaya tidak perlu antri.

Sebagai pemilik mobil pasti anda pernah merasakan waktu dimana kabin mobil terasa tidak dingin. Padahal dengan adanya fasilitas air conditioner (AC) kita berharap akan mampu memberikan kesejukan sehingga saat kita berada di dalam mobil merasa nyaman. Tapi apa yang terjadi kalau sebaliknya malah, meski kondisinya menyala, akan tetapi AC mobil tidak dingin, tapi cenderung hanya mengeluarkan angin? Dilansir situs resmi bengkel AC Rotary Bintaro, kejadian AC mobil tidak dingin atau hanya keluar angin bisa disebabkan banyak hal.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan kenapa sih AC mobil kita menjadi tidak dingin, dan hanya keluar angin:

1. Refrigerant atau Freon Sudah Habis
Freon bisa habis atau berkurang dalam kasus jika terjadi kebocoran pada sambungan pipa atau selang. Sambungan tersebut bocor bisa karena sudah aus atau memang karena usia pakainya sudah tua. Yang menyebabkan freon bocor adalah adanya kerusakan pada bagian relief valve kompresor. Semua kerusakan-kerusakan tersebut bisa membuat freon atau refrigrant menjadi habis. Lalu berakibat pada AC mobil kurang dingin.

Freon pada sistem AC mobil bersifat sirkulasi. Tidak ada alasan freon habis tanpa adanya kebocoran. Pada sistem AC mobil, freon ini memiliki fungsi sebagai media pendingin. Oleh karena itu dengan tanpa adanya freon yang memadai, AC mobil hanya mengeluarkan angin saja, tanpa hawa dingin.

2. Terdapat Kotoran Pada Kondensor
Kondensor yang fungsinya untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor jangan sampai kotor. Kalau saja pada kondensor terdapat kotoran, maka hal tersebut akan memberikan akibat AC mobil menjadi tidak dingin, kebayang kah betapa gerahnya apalagi kalau di siang hari. Nah, kondensor yang kalau tidak rutin kita bersihkan maka akan menyebabkan bertumpuknya kotoran atau timbul karat. Sehingga proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor tidak akan sempurna. Kemudian akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin.

3. Motor pada Extra Fan Mati
Cobalah untuk memeriksa bagian extra fan kalau Anda mengalami momen dimana AC mobil terasa kurang dingin. Extra fan terletak di depan kondensor. Apakah extra fan berputar atau tidak? Kalau misalnya tidak berputar hal tersebut berarti penyebabnya adalah adanya masalah pada extra fan yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

Hal ini dikarenakan extra fan yang rusak atau tidak berfungsi akan mempengaruhi proses kondensasinya menjadi tidak berjalan. Padahal tahukah anda bahwa proses kondensasi inilah yang membantu penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mati otomatis tidak ada penurunan suhu. Pada akhirnya mengakibatkan kabin mobil suhunya jadi panas.

4. Kerusakan Kompresor
Yang menjadi pertanda kalau kompresor mengalami aus atau disfungsi alat adalah sight glass yang berwarna hitam. Kondisi tersebut memberikan indikasi bahwa receiver dryer atau expansion valve mengalami hambatan yang disebabkan oleh kotoran. Kalau sudah mengalami AC mobil menjadi tidak dingin atau sight glass menjadi berwarna hitam, anda harus segera ganti kompresor AC mobil anda.

Selain masalah tersebut, puli pada kompresor yang tidak berputar merupakan salah satu penyebab kompresor mengalami kerusakan lho. Belt pada kompresor memiliki fungsi untuk menggerakkan puli pada kompresor setelah itu menghubungkannya dengan power steering, water pump, alternator dan kipas pendingin. Belt yang putus mengakibatkan kompresor tidak bisa bekerja. Hal ini dikarenakan kipas pada pendingin radiator dan pompa air di bagian mesin mobil menjadi tidak berfungsi yang berakibat overheating sehingga pada akhirnya, mobil anda menjadi mogok. Selain itu, hal ini juga berakibat AC mobil menjadi tidak dingin atau hanya mengeluarkan angin karena tidak ada proses pendinginan freon AC di evaporator yang juga dilakukan kipas pendingin radiator. Selain itu, indikator gambar baterai pada dashboard juga akan menyala karena altenator atau dynamo ampere tidak bekerja.

5. Kelebihan Tekanan pada Sistem AC Mobil
Adanya kelebihan tekanan disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang telah melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebihan membuat tekanan pada freon meningkat. Itu akan mengakibatkan kompresor akan sangat panas. Lalu, membuat proses kondensasi akan terhambat. Munculnya gangguan pada kinerja kompresor ataupun kondensor akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin saat kita sedang berada didalam mobil.

6. Evaporator Mengalami Penyumbatan
Selanjutnya, adanya penyumbatan pada evaporator yang disebabkan oleh debu juga bisa membuat AC mobil anda menjadi tidak dingin. Evaporator AC mobil merupakan komponen yang paling rawan bermasalah. Adanya penyumbatan oleh debu atau kotoran pada evaporator membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. Terhambatnya aliran udara yang keluar dari blower membuat sirkulasi AC juga akan terganggu.

Debu atau kotoran bisa masuk ke evaporator dengan melalui hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Filter kabin AC mobil mempunya fungsi yang penting lho yaitu menyaring debu dan kotoran sehingga tidak bisa masuk ke evaporator. Oleh karena itu, filter AC yang jarang dibersihkan tentu saja bisa mengganggu kinerja si evaporator. Hal ini di karenakan kotoran yang menempel pada filter akan menyebabkan terhambatnya aliran udara dingin. Sehingga, pastikan anda selalu bersihkan evaporator maupun filter AC secara rutin. Sekedar informasi tambahan, tidak semua kendaraan roda empat terpasang filter kabin AC mobil. Beberapa type mobil bisa dipasangi housing untuk menambahkan filter kabin ya.

Nah kalau #SahabatRotary ingin menambahkan filter, anda bisa melakukannya ke bengkel langganan anda ya. Salah satu bengkel AC mobil di Jakarta yang memberikan layanan berbagai housing filter kabin adalah Rotary Bintaro. Silahkan menghubungi customer servicenya ya, atau bisa juga dengan memencet tombol di “Klik disini” di akhir artikel ini, agar bisa segera terhubung dengan tim Rotary dan mendapatkan informasi apakah mobil anda bisa atau tidak dipasangi filter tambahan ya.

7. Fan Belt atau Drive Belt Putus
Penyebab dari AC mobil tidak dingin lainnya yaitu terjadi kondisi dimana putusnya fan belt atau drive belt. Kedua part tersebut memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Sehingga kalau fan belt tersebut tiba-tiba putus, maka akan mengakibatkan kompresornya menjadi tidak bisa berjalan normal. Hal ini akan berakibat kompresor aliran freon tidak akan bersikulasi, sehingga dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin karena hanya mengeluarkan angin.

8. Filter Kabin Kotor
Tahukah anda bahwa penumpukan debu dan kotoran sering sekali terjadi pada filter kabin AC Mobil. Filter kabin yang kotor menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Oleh karena itu pastikan untuk #SahabatRotary selalu ganti filter kabin ya setiap jarak 10.000 KM atau sekitar 3–6 bulan biar bisa mengantisipasi AC mobil kita tidak dingin.

9. Magnetic Clutch dan Thermistor Rusak
Magnetic clutch ini biasanya berada di posisi yang menempel pada bagian kompresor. Kebanyakan magnetic clutch ini bisa rusak pada bagian gulungan spool magnetnya yang diakibatkan adanya arus pendek atau karena umur pemakaiannya. Thermistor merupakan kependekan dari kata thermo dan resistor.

Pada saat kabin mobil #SahabatRotary telah mencapai pada temperature yang kira-kira sesuai dengan pengaturan yang kita inginkan, biasanya thermistor akan mengirimkan sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja. Begitu juga sebaliknya. Bayangkan kalau sebuah sistem AC tanpa memiliki thermistor, hal tersebut tentu akan menyebabkan kompresor terus bekerja hingga evaporator beku. Nah evaporator beku inilah yang dapat membuat AC mobil menjadi tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja.

10. Sekring AC Putus dan Resistor Rusak
Terjadinya arus pendek memberikan indikasi adanya konsleting pada bagian listrik pada AC mobil. Nah hal yang harus segera anda lakukan yaitu segeralah untuk membawa mobil tersebut ke bengkel spesialis AC mobil langganan atau terdekat. Karena bagian kelistrikan harus benar-benar dikerjakan oleh orang yang memang ahli di bidang kelistrikan ya. Kalau kita coba untuk mengecek sendiri, bisa-bisa terjadi hal yang lebih fatal lho. Masih seputar urusan kelistrikan, resistor variable ini berada pada bagian saklar switch on atau off AC mobil.

11. Tingginya Suhu Mesin Mobil
Hal ini dapat mengakibatkan sight glass terlihat hitam, receiver drier serta ekspansi tersumbat. Suhu mesin mobil yang tinggi dapat disebabkan mesin terlalu lama menyala atau pada kondisi perjalanan jauh tanpa istirahat. Hal tersebut tentu saja akan sangat membahayakan bagi para pengguna kendaraan maupun pada bagian kompresor AC mobil yang menyuplai udara dingin. Selalu jaga kondisi mesin dari over heat. Apabila kita dalam perjalan jauh, usahakan untuk selalu beristirahat.

12. Celah Center Piece Terlalu Lebar
Terjadinya hal tersebut dapat disebabkan karena magnet yang tidak sanggup untuk menarik center piece. Pada umumnya, daya magnetik tidak akan secara bekerja maksimal pada saat terjadi over heat. Kondisi tersebut bisa saja terjadi yang dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalkan karena drive belt yang putus, maupun mesin AC yang bekerja terlalu lama. Bisa juga karena spool magnetnya sudah lemah.

13. Periksa Kondisi Kaca Film
Penyebab lainnya yang membuat AC mobil menjadi kurang dingin bisa jadi dikarenakan kondisi kaca film yang sudah cukup lama dan tidak mampu lagi untuk menahan sinar ultra violet. Khususnya untuk mobil-mobil lawas keluaran di bawah tahun 2000-an. Sebab umumnya kaca film mobil keluaran lawas tidak mampu menahan panasnya sinar matahari.

Tahukah anda bahwa kaca film pada mobil lama bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin saat kita sedang mengendarai mobil, dan bisa dibayangkan bagaimana hawa di dalam mobil tanpa AC mobil pada siang hari? Wow hangat. Tapi buat Anda pemilik mobil keluaran tahun di bawah 2000-an, tak usah khawatir. Anda bisa mengganti kaca film dengan kualitas baik.

AC Mobil Keluar AnginAC mobil yang tidak bisa berfungsi optimal memiliki penyebabnya. Cara mengatasinya pun akan berbeda – beda. Maka sebelum kita mengambil langkah bagaimana mengatasi  kendala tersebut dibutuhkan daya analisa yang kuat. Jika anda tidaklah begitu mengetahui seluk beluk AC mobil ini sebaiknya tidak ragu untuk membawanya ke bengkel spesialis AC mobil. Percayakan pada mekanik yang sudah ahli di bidangnya. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk pemeliharaan AC mobil kita agar ac mobil kita mengeluarkan hawa menyejukkan,

  • Membersihkan Kondensor
    Karena penyebab AC mobil hanya keluar angin bisa jadi karena kondensor yang kotor. Maka solusi yang tepat dan bisa kita lakukan adalah membersihkan debu yang menumpuk. Fungsi dari kondensor ini adalah untuk membuang panas yang telah dilepaskan oleh kompresor. Kondensor yang sudah lama tidak dibersihkan bisa menjadi penyebab utama dari kendala AC mobil ini. Proses pembuangan panas juga tidak bisa maksimal. Untuk membersihkannya Anda bisa mengunjungi bengkel spesialis AC mobil.
  • Mengganti Motor pada Extra Fan
    Tahukah Anda bahwa motor pada extra fan yang tidak berfungsi merupakan alasan utama mengapa AC mobil ini hanya keluar angin. Jika tidak diperhatikan dengan baik tentu kita tidak bisa menemukan penyebab ini. Butuh perbaikan serta pengecekan secara keseluruhan. Anda bisa menggunakan jasa service AC mobil Rotary Bintaro untuk memberi pelayanan maksimal dalam memperbaiki AC mobil Anda. Jika memang rusak butuh motor extra fan yang baru.
  • Mengganti Kompresor
    Cara mengatasi jika AC mobil hanya keluar angin adalah dengan mengganti kompresor. Terutama jika kompresor bermasalah dan sudah terlalu lama digunakan. Perawatan dan pengecekan perlu dilakukan secara berkala agar bisa menjadikan AC mobil ini berfungsi sempurna. Ganti kompresor jika diketahui sudah rusak. Menggantinya butuh tenaga handal yang ada di bengkel spesialis AC mobil.
  • Mengetahui Ukuran Freon yang Pas
    Freon yang berlebihan atau kurang bisa menjadi penyebab dari AC mobil keluar cuma angin doang. Cara mengatasinya bagaimana? Tentu dengan mengecek ukuran freon di dalam AC mobil. Kehabisan freon biasanya disebabkan karena adanya kebocoran. Anda butuh jasa service AC mobil Rotary Bintaro untuk mengatasi permasalahan tersebut. Servis yang dilakukan secara rutin tidak hanya menghindarkan AC dari kerusakan lebih parah tetapi juga bisa membuat kinerja AC mobil menjadi maksimal. Perjalanan Anda tidak akan terganggu dengan cuaca yang panas. Jasa service AC mobil Rotary Bintaro ini lebih mudah dijangkau apabila Anda bertempat tinggal di daerah tersebut, apabila setiap waktu Anda ingin melakukan service AC mobil.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

BlogSeputar AC MobilService AC Mobil

ac mobil keluar cuma angin doangbengkel AC Mobil Bintarobengkel spesialis AC Mobilservice AC mobil bintaro

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?