rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

AC Tidak Dingin Hanya Angin Saja? Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Pernahkah sistem AC mobil Anda mengalami suatu masalah dimana AC tidak dingin hanya angin saja? Perjalanan yang seharusnya nyaman dan menyenangkan, justru berubah menjadi sangat menjengkelkan dimana udara terasa begitu panas, keringat mengucur, badan lengket hingga udara yang terasa sangat pengap akibat masalah AC mobil yang satu ini.

Masalah AC tidak dingin hanya angin saja ini memang merupakan masalah yang cukup sering terjadi pada pemilik mobil. Penyebab AC mobil tidak dingin cukup beragam, begitu pula cara mengatasinya, karena berbeda penyebab tentu berbeda solusi. Sebagai pemilik mobil yang cerdas, Anda perlu untuk memahami masalah AC mobil hanya keluar angin saja ini agar Anda dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat.

Memangnya apa saja sih penyebab AC mobil hanya keluar angin saja ini? Bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatasinya? Jawaban dari seluruh pertanyaan tersebut telah terangkum dalam artikel kali ini. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahasa bersama! Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar AC Tidak Dingin Hanya Angin Saja

Salah satu tanda freon habis adalah AC mobil tidak mampu memberikan pendinginan yang memadai. Anda juga dapat melihat atau mendengar tanda-tanda kebocoran freon, seperti bau tidak sedap atau suara hissing dari sistem AC.
Fan belt bisa rusak karena keausan alami atau ketegangan yang tidak sesuai. Faktor lain seperti paparan panas berlebih atau kotoran yang masuk juga dapat menyebabkan kerusakan pada fan belt.
Anda dapat memeriksa magnetic clutch dengan melihat apakah berputar ketika AC dinyalakan. Jika magnetic clutch tidak berputar dengan baik atau terlihat berkarat, mungkin perlu dibersihkan atau diganti.
Beberapa masalah AC mobil yang hanya mengeluarkan angin biasa mungkin dapat diperbaiki sendiri, terutama jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang sistem AC. Namun, untuk masalah yang lebih kompleks atau jika Anda tidak yakin, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi AC mobil yang berpengalaman.

Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Angin Saja

AC tidak dingin hanya angin saja

Jika Anda menghadapi masalah dengan AC tidak dingin hanya angin saja, ada beberapa penyebab umum yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami penyebab-penyebab ini, Anda akan dapat mengidentifikasi masalah pada AC mobil Anda dan mencari solusi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab AC tidak dingin hanya angin saja :

1. Freon AC Mobil Habis

Freon AC mobil yang habis dapat menjadi penyebab AC tidak dingin hanya angin saja pada mobil Anda. Freon AC mobil adalah zat pendingin yang sangat penting dalam sistem AC mobil. Jika jumlah freon dalam sistem berkurang atau habis, maka AC tidak akan mampu memberikan pendinginan yang optimal.

Penyebab berkurangnya freon bisa berasal dari kebocoran pada pipa-pipa atau komponen-komponen lain dalam sistem AC mobil. Jika freon berkurang, maka tekanan dalam sistem juga akan berkurang sehingga efisiensi pendinginan menurun, walaupun ada beberapa kasus yang mengalami freon ac mobil habis tapi tidak bocor. Penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap jumlah tekanan freon dalam sistem AC dan memperbaiki kebocoran yang mungkin terjadi.

2. Kompresor AC Mobil Rusak

Kompresor adalah komponen utama dalam sistem pendinginan AC mobil yang bertugas untuk mengompresi dan mendorong freon ke seluruh bagian sistem. Jika kompresor mengalami kerusakan, misalnya seal yang bocor atau kerusakan mekanis lainnya, maka kinerjanya akan terganggu. Akibatnya, timbulah masalah AC tidak dingin hanya angin saja karena freon tidak disirkulasikan dengan efektif oleh kompresor AC mobil. Perbaikan atau penggantian kompresor AC perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi AC secara optimal.

3. Kondensor AC Mobil Kotor

Kondensor adalah bagian dari sistem pendinginan AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan freon yang telah dipanaskan. Jika kondensor terlalu kotor atau tersumbat oleh kotoran, debu, atau serpihan lainnya, maka proses pendinginan akan terganggu. Kondensor yang kotor akan menyebabkan aliran udara menjadi terhambat sehingga suhu freon tidak dapat turun dengan efektif. Nah, pada akhirnya hal inilah yang akan menimbulkan masalah AC tidak dingin hanya angin saja pada mobil kesayangan Anda.

4. Extra Fan Mati

Extra fan, juga dikenal sebagai kipas tambahan, adalah komponen yang membantu mendinginkan kondensor ketika mobil bergerak pada kecepatan rendah atau berhenti. Jika extra fan mati atau tidak berfungsi dengan baik, maka kondensor tidak akan mendapat pendinginan yang cukup ketika mobil sedang berhenti atau bergerak lambat. Hal ini akan menyebabkan penurunan kinerja sistem pendinginan AC secara keseluruhan, seperti AC tidak dingin hanya angin saja. Periksa dan pastikan extra fan berfungsi dengan baik untuk menjaga kinerja AC mobil Anda.

5. Volume Oli Yang Berlebih Pada Kompresor

Kompresor AC mobil membutuhkan jumlah oli kompresor yang tepat untuk pelumasan dan pendinginan. Jika terlalu banyak oli ditambahkan ke dalam kompresor, hal ini dapat mengganggu kinerjanya. Kelebihan oli kompresor dapat mengakibatkan peningkatan tekanan dalam sistem dan mengurangi efisiensi kompresor. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor dan mengakibatkan AC tidak dingin hanya angin saja. Penting untuk mengunjungi bengkel ac mobil berpengalaman mengenai jumlah oli yang tepat untuk kompresor AC mobil.

6. Fan Belt Terputus

Fan belt adalah sabuk yang menggerakkan pulley pada berbagai komponen dalam mesin mobil, termasuk kompresor AC. Jika fan belt putus atau kendur, maka kompresor AC tidak akan berputar dengan baik, sehingga kinerjanya terganggu. Akibatnya, meskipun sistem AC masih berfungsi, tetapi tidak akan menghasilkan pendinginan yang memadai karena kompresor tidak beroperasi dengan baik. Periksa kondisi fan belt secara berkala dan pastikan untuk menggantinya jika diperlukan.

Baca Juga : Tekanan Freon AC Mobil Tidak Boleh Salah Diisi! Ini 4 Akibatnya!

7. Magnetic Clutch Bermasalah

Magnetic clutch adalah komponen yang terhubung dengan kompresor AC dan berfungsi untuk mengaktifkan kompresor ketika AC dinyalakan. Jika magnetic clutch mengalami masalah, misalnya kotoran menumpuk atau komponen yang aus, maka kompresor tidak akan berputar dengan baik, sehingga kinerja AC terganggu. Hal ini dapat menyebabkan AC tidak dingin hanya angin saja pada mobil Anda. Ketahui ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak sejak dini untuk menjaga kinerja AC mobil Anda.

8. Bekunya Evaporator AC Mobil

Evaporator adalah bagian dari sistem AC mobil yang bertanggung jawab untuk mengubah freon AC mobil menjadi gas sehingga dapat menyerap panas dari udara di dalam kabin mobil. Jika evaporator terlalu dingin atau terlalu banyak kelembapan di udara, bisa terjadi pembekuan pada permukaannya. Pembekuan ini dapat menghalangi aliran udara melalui evaporator dan menyebabkan AC tidak dingin hanya angin saja. Pembersihan evaporator secara berkala dan menjaga kelembapan udara di dalam kabin dapat membantu mencegah masalah ini.

9. Thermostat AC Mobil Rusak

Fungsi thermostat AC mobil adalah komponen yang mengatur suhu dalam sistem pendinginan AC mobil. Jika thermostat rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka suhu dalam sistem AC tidak akan terkontrol dengan tepat. Akibatnya, AC hanya akan mengeluarkan angin biasa tanpa memberikan pendinginan yang memadai. Periksa dan pastikan thermostat AC berfungsi dengan baik, dan ganti jika diperlukan untuk menjaga kinerja AC mobil Anda.

10. Kerusakan Pada Kabel Ataupun Konektor

Kabel dan konektor merupakan bagian penting dalam sistem elektrikal AC mobil. Jika terjadi kerusakan pada kabel atau konektor, misalnya konsleting atau putusnya koneksi, maka aliran listrik ke komponen-komponen AC seperti kompresor, extra fan, atau magnetic clutch dapat terganggu.

Akibatnya, kinerja AC akan terpengaruh dan hanya akan menghasilkan angin biasa tanpa pendinginan yang memadai. Periksa kabel dan konektor secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan yang mengganggu aliran listrik ke dalam sistem AC mobil Anda.

Pentingnya Menjaga Performa AC Mobil Dengan Baik

AC di mobil tidak cuma penting untuk kenyamanan. Di Indonesia, AC mobil sangat dibutuhkan karena cuaca tropisnya. Maka dari itu penting untuk menjaga performa ac mobil anda dengan baik, tujuannya ialah untuk:

  • Menjaga Kenyamanan Berkendara

AC mobil yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga kenyamanan berkendara, terutama saat cuaca panas. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC akan membuat kabin mobil terasa sejuk dan nyaman, sehingga pengemudi dan penumpang bisa berkendara dengan lebih rileks dan fokus.

  • Mengurangi Kelembaban di Dalam Kabin

Selain menyejukkan, AC mobil juga berfungsi untuk mengurangi kelembaban di dalam kabin. Kelembaban yang berlebih bisa membuat kabin terasa pengap dan tidak nyaman. Dengan mengurangi kelembaban, AC membantu menjaga kabin tetap kering dan segar.

  • Mencegah Timbulnya Bau Tidak Sedap

AC mobil yang bersih dan terawat juga berperan penting dalam mencegah timbulnya bau tidak sedap di dalam kabin. Filter AC yang kotor atau sistem AC yang tidak terawat bisa menjadi sumber bau tidak enak. Oleh karena itu, perawatan rutin pada AC tidak hanya menjaga kinerjanya tetapi juga menjaga kualitas udara di dalam mobil.

Baca Juga : Awas! Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Mesin Panas!

RB AC Promo

Maksimalkan Kenyamanan Berkendara Dengan Melakukan Service AC Mobil Secara Rutin Hanya Di Rotary Bintaro!

AC tidak dingin hanya angin saja

Setelah memahami soal penyebabnya, barulah Anda dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat agar masalah AC tidak dingin hanya angin saja tersebut dapat teratasi. Pertanyaannya adalah di bengkel AC mobil mana sih yang dapat diandalkan untuk melakukan service AC mobil? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Bengkel AC mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Bintaro tentu membuatnya menjadi pilihan tepat untuk melakukan service AC mobil.

Sebagai bengkel AC mobil dengan sepak terjang selama lebih dari 20 tahun, Rotary Bintaro tentunya menyediakan berbagai mekanik handal, alat yang canggih hingga fasilitas yang lengkap untuk memastikan kepuasan Anda ketika melakukan service AC mobil disana. Cabangnya juga telah tersebar luas di berbagai wilayah mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi lho!

Masalah harga? Jangan khawatir! Rotary Bintaro menyediakan layanan konsultasi secara GRATIS! Sebelum melakukan service, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menemukan dimana letak masalahnya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terbebas dari biaya tidak pasti yang membingungkan karena biaya di Rotary Bintaro telah dijelaskan dan disetujui diawal.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

Link Sumber

  1. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-ac-mobil-tidak-dingin-hanya-keluar-angin
  2. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ini-penyebab-ac-mobil-tidak-dingin-hanya-keluar-angin?pages=all
  3. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/8-penyebab-ac-mobil-tidak-dingin-dan-hanya-keluar-angin-saja/
logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...