Apa Beda Service Biasa Sama Service Pakai Mesin Endoskopi?


Share :

Apakah Anda tahu beda antara service biasa dengan service pakai mesin endoskopi? Dengan semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, banyak orang membuat inovasi untuk memudahkan dan mendukung aktivitas sehari-hari. Salah satunya berkaitan dengan service AC mobil. Banyak alat tercipta yang dapat memudahkan Anda untuk merawat AC mobil Anda.

Lantas, apakah Anda tahu bagaimanakah beda service biasa dengan service pakai mesin endoskopi? Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait hal tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Service Biasa Sama Service Pakai Mesin Endoskopi

1. Service Biasa

Perbedaan service biasa sama service pakai mesin endoskopi terletak dari pembersihan evaporator dari AC mobil. Untuk service biasa, proses untuk membersihkan evaporator dimulai dari melepas bagian dashoard mobil. Setelah hal itu selesai dilakukan, Anda harus memutus aliran listrik di bagian bawah dashboard.

Selanjutnya, Anda harus membuang freon yang berada di jalur sirkulasi AC mobil Anda. Lalu, lepaskanlah evaporator dan bersihkan di luar mobil secara manual. Setelah evaporator selesai dibersihkan, pasang kembali dengan baik. Anda harus mengecek apakah ada kebocoran pada evaporator atau tidak. Setelah selesai mengecek, sambungkan kembali aliran listrik dalam mobil Anda. Langkah terakhir adalah memasang kembali dashboard mobil dengan baik.

Sangat panjang bukan proses pembersihan evaporator dalam service AC mobil biasa ini?  Tentunya, waktu yang dibutuhkan dalam service biasa ini tidak sebentar. Hal ini dikarenakan adanya proses membuka dan memasang dashboard mobil, serta waktu untuk membersihkan evaporator sendiri.

Anda harus tahu bahwa pembersihan evaporator dalam service biasa mempunyai risiko mengalami kerusakan. Mungkin dashboard mobil Anda bisa lecet saat dibongkar, dan masih ada kemungkinan lainnya, misalnya patah saat dibongkar. Bisa juga ada beberapa baut yang hilang saat dashboard mobil di bongkar pasang. Sudah seharusnya service biasa dengan pembersihan manual ini ditinggalkan.

Baca Juga :  Komponen AC mobil yang Wajib Dirawat Rutin?

2. Service Mesin Endoskopi

Service AC mobil pakai mesin endoskopi dapat Anda pilih karena akan menghemat waktu Anda. Mesin endoskopi ini menyerupai alat endoskopi yang biasanya digunakan dokter untuk memeriksa bagian-bagian tubuh manusia. Bentuk dari mesin endoskopi ini layaknya semprotan air di tempat pencucian mobil. Pada ujung belalai penyemprot, terdapat kamera kecil dengan lampu yang nantinya digunakan untuk melihat, saat evaporator dibersihkan.

Proses pembersihan evaporator dalam service AC mobil pakai mesin endoskopi tidak membutuhkan waktu lama. Kemungkinan hanya membutuhkan maksimal 1 jam. Berbeda dengan pembersihan evaporator dalam service biasa yang menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam. Sangat berbeda bukan service biasa sama service pakai mesin endoskopi dari segi waktu?

Selain berbeda dari segi waktunya, service AC mobil pakai mesin endoskopi dengan service biasa juga berbeda dari segi biayanya. Hal ini dikarenakan saat service pakai mesin endoskopi, Anda tidak membutuhkan biaya untuk pergi ke bengkel dengan tujuan untuk membersihkan evaporator. Proses untuk membersihkan evaporator dilakukan di rumah. Jadi, dapat lebih praktis bukan?

Service AC mobil pakai mesin endoskopi juga membuat kabin mobil menjadi lebih bersih dan segar. Kalau keadaan kabin bersih, maka kinerja dari evaporator akan lebih ringan. Hal ini berlaku juga untuk kinerja kompresor dalam mensirkulasikan freon agar bekerja dengan mudah. Yang paling penting, AC mobil Anda akan lebih terasa dingin. Seperti itulah beda service biasa sama service pakai mesin endoskopi.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait perbedaan service biasa sama service pakai mesin endoskopi. Cukup jelas bukan perbedaannya? Semoga bermanfaat untuk Anda, khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan dari service biasa dengan service pakai mesin endoskopi. Terima kasih.

Baca Juga :  Tiba-Tiba Mobil Mogok?? Penyebabnya AC Mobil???

Simak Video berikut ini:

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?