Apa Gejala Magnetic Clutch Bermasalah?


Share :

Magnetic clutch adalah komponen yang cukup penting di dalam AC mobil, selain kompresor AC dan kondensor AC. Kerusakan magnetic clutch akan membawa dampak yang cukup besar bagi keberlangsungan AC mobil anda. Salah satunya magnetic clutch penyebab AC mobil demam (kadang panas kadang dingin).

AC rusak juga salah satunya karena magnetic clutch yang bermasalah. Apa gejala Magnetic clutch bermasalah?

Sebelumnya kita telah membahas mengenai bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah. Kini kita akan membahas mengenai apa gejala magnetic clutch bermasalah. Kemungkinan besar ini dikarenakan ketika terjadi masalah pada bagian magnetic clutch akan memberi dampak pada rusaknya AC mobil Anda, bahkan resiko yang lebih fatal adalah kebakaran mobil. Untuk itulah mengapa perawatan rutin pada AC mobil Anda perlu dilakukan minimal dalam 6 bulan sekali.

Magnetic clutch sendiri merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi kopling pada kompresor, dengan begitu kompresor pun dapat bekerja. Jadi bisa dibayangkan tanpa adanya alat tersebut atau mengalami kerusakan kompresor pun tidak dapat berfungsi.

Baca juga : Bagaimana Mengatasi Magnetic Clutch Bermasalah?

Oleh karenanya perlu diketahui apa gejala magnetic clutch bermasalah. Berikut adalah gejala magnetic clutch bermasalah:

  1. Blower tetap tetap hidup, namun ac tiba-tiba terasa panas, dan terlihat RPM mesin lebih tinggi dari normal nya sekitar antara 1.000-1.500 RPM seperti di injak pedal gasnya, namun ketika di matikan ac sesaat antara 10 menit – 30 menit ac bisa kembali dingin / normal lagi.
  2. Keluhan kadang panas dan kadang dingin banyak terjadi ketika jalanan sedang merayap / macet, dan keluhan ini dapat terjadi berulang2 dari tahap awal nya mungkin tidak terlalu sering, sekitar 1 bulan 1 kali, lama kelamaan akan menjadi lebih singkat 1 minggu 1 kali, dan jika masih diabaikan juiga semakin hari akan semakin singkat dan semakin parah.
  3. Bunyi juga salah 1 gejala magnetic clutch bermasalah, bunyi pada magnetic clutch itu bias terjadi ac on maupun off sekalipun, biasanya keluhan bunyi ketika ac off itu karena putaran pully bergesekan terus menerus dengan piringan center piece atau pressure plate nya.
Baca Juga :  Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Kerusakan dan Perbaikannya

Jadi, dengan mengetahui apa gejala magnetic clutch bermasalah. Selanjutnya silahkan baca bagaimana mengatasi magnetic clutch bermasalah?.

Semoga Anda dapat lebih memahami bila magnetic clutch bermasalah dapat berdampak pada kompresor dan juga pada bagian lain. Untuk itulah dipastikan untuk melakukan perawatan atau perbaikan di bengkel AC Mobil yang dianjurkan yang dapat memberikan pelayanan tepat sasaran dan tidak dilebih-lebihkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Share :

1 Comment

Leave a Reply