Jika Anda merupakan seseorang yang menyukai bidang otomotif Anda mungkin sudah mengetahui apa itu mesin endoskopi ini. mesin canggih yang memiliki bentuk mungil ini merupakan sebuah alat unik yang membawa banyak manfaat untuk Anda semua dalam hal melakukan servis AC mobil dengan lebih mudah. Tak hanya lebih mudah, namun dengan adanya mesin endoskopi ini, melakukan servis AC mobil jadi lebih cepat atau bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah jika Anda mampu melakukannya. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud mesin endoskopi ini? ini dia ulasan selengkapnya.

Apa Itu Mesin Endoskopi?

Mesin endoskopi merupakan sebuah alat sederhana untuk membersihkan evaporator pada bagian AC mobil. Jika biasanya untuk membersihkan evaporator dibutuhkan tenaga dan waktu yang lebih untuk membuka dashboard baru kemudian membersihkannya, namun jika Anda melakukan servis AC mobil pakai mesin endoskopi maka servis AC mobil tidak menunggu lama lagi bahkan menjadi lebih mudah karena tidak perlu membuka bagian dashboard.

Mesin endoskopi berbentuk seperti sebuah alat kecil dengan sedotan di ujungnya yang cukup panjang sehingga bisa menjangkau pada bagian dalam evaporator. Selain itu, mesin endoskopi ini memudahkan proses servis AC mobil karena anda hanya perlu membersihkan bagian dalam evaporator dengan melihat layar yang ada pada gagang alat ini.

Layar tersebut berfungsi untuk menampilkan bagian dalam dari evaporator dari kamera yang ada di bagian ujung sedotan. Adanya kamera dan layar ini akan memudahkan Anda untuk bisa membersihkan seluruh bagian evaporator dengan lebih baik dan lebih bersih dibandingkan denga cara yang manual.

Semprotan dari mesin ini juga cukup kuat. Ada air dan juga angin yang bisa dikeluarkan secara sekaligus dan juga ada blower yang berfungsi sebagai pengering setelah proses pembersihan selesai. Mesin ini juga dilengkapi sebuah tabung yang menempel pada bagian gagang yang berfungsi untuk tempat air yang bisa dicampur dengan detergen atau cairan anti bakteri.

Hasil Kerja Mesin Endoskopi

Hasil pembersihan dari servis AC mobil pakai mesin endoskopi ini juga cukup bersih bahkan sangat bersih. Dengan bersihnya evaporator ini, AC mobil anda akan terasa lebih segar dari pada sebelumnya dan udara atau angin dingin yang dihasilkan lebih sehat karena bersihnya evaporator tersebut.

Anda bahkan bisa menghemat biasa servis AC mobil dengan hanya melakukan pembersihan evaporator sederhana ini. namun jika terdapat kerusakan lainnya pada AC mobil anda, maka solusinya bukan hanya membersihkan AC mobil menggunakan mesin endoskopi ini, namun anda harus melakukan servis AC mobil dengan lebih menyeluruh atau bahkan servis besar untuk mengatasinya.

Mesin endoskopi ini hanya mampu membersihkan evaporator agar servis AC mobil tidak menunggu lama dan menjadi lebih mudah bukannya mengatasi masalah kerusakan pada AC mobil. servis AC mobil yang dibutuhkan oleh mobil anda semuanya bergantung pada keadaan atau kondisi mobil anda pada saat itu. Jika kerusakan yang dialami cukup parah bahkan hingga mati fungsi dan ada bagian yang perlu diganti, maka anda tidak bisa melakukannya sendiri semudah melakukan servis AC mobil pakai mesin endoskopi melainkan harus membawa mobil Anda pada tempat yang mampu mengatasinya.

Simak video berikut ini:

Itulah tadi ulasan mengenai informasi seputar mesin endoskopi yang bisa memudahkan proses pembersihan evaporator. Jangan lupa untuk melakukan servis rutin untuk mengurangi resiko kerusakan pada mobil anda.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.