Apa Penyebab Mobil Boros BBM?


Share :

Memiliki mobil dengan pemakaian bahan bakar minyak atau BBM yang irit pastinya menjadi keinginan setiap orang. Tak jarang para pengendara mobil ini melakukan segala cara agar konsumsi BBM sehari-hari dapat dihemat. Namun, tidak sedikit pula yang merasa jika pemakaian bensin tetap boros meskipun sudah mencoba berkendara seefisien mungkin untuk menghemat BBM atau jarang memacu mobil dengan kencang.

Jika Anda termasuk pengemudi yang tidak agresif atau jarang memacu mobil dengan kencang, namun penggunaan BBM masih dirasa boros bisa jadi ada masalah pada komponen mobil.

Lalu, apa saja penyebab mobil boros BBM ini? Nah, berikut ini adalah informasi mengenai penyebab dari penggunaan BBM yang boros pada mobil. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Penyebab Mobil Boros BBM?

1. Gaya berkendara yang agresif

Gaya berkendara yang agresif seperti melakukan akselerasi secara spontan dan menginjak pedal gas dalam-dalam dapat menyebabkan mobil menjadi boros BBM. Jika Anda ingin menghemat bahan bakar, sebaiknya gunakanlah secara efisien dan bijaksana. Misalnya, tidak menekan pedal gas terlalu dalam serta memastikan posisi gigi transmisi sudah benar dan sesuai dengan putaran mesin.

2. Lubang nozzle injektor yang tersumbat

Menurut bengkel AC mobil Kedoya, salah satu yang menjadi penyebab dari borosnya pemakaian BBM adalah lubang nozzle injektor yang tersumbat. Biasanya mobil enggan melaju kencang meskipun kita sudah menginjak rem cukup dalam. Tanda-tanda tersebut dapat terjadi jika menggunakan BBM dengan kualitas yang cukup bagus dan mobil jarang di servis secara berkala.

Baca Juga :  Pastikan 7 Syarat Ini Dipenuhi Bengkel yang Jual Spare Part AC Mobil

3. Filter udara yang kotor

Filter udara kotor juga bisa menjadi penyebab lain yang membuat konsumsi BBM pada mobil jadi boros. Menurut bengkel AC Kedoya, masalah ini dapat menghambat suplai oksigen ke mesin. Sehingga mobil akan mengalami gejala knocking atau ngelitik yang dapat membuat performa mobil menjadi menurun.

4. Posisi gigi yang tidak sesuai

BBM pada mobil menjadi cepat habis bisa disebabkan oleh posisi gigi yang tidak sesuai. Apabila mobil Anda memiliki transmisi manual, pastikan untuk selalu memindahkan gigi pada putaran mesin yang sesuai. Membiarkan mesin yang sering menderu terlalu lama juga tidak baik. Anda dapat membiasakan menggunakan posisi gigi proper ketika menanjak.

5. Membawa barang bawaan terlalu berat

Tahukah Anda jika membawa barang bawaan terlalu berat di mobil dapat menyebabkan boros BBM? Bobot barang bawaan yang berat dan jumlahnya banyak ditambah dengan penumpang yang diangkut dapat menjadi beban pada mesin. Untuk menghindari konsumsi Bahan Bakar Minyak atau BBM pada mobil tidak cepat habis, sebaiknya Anda mulai mengeluarkan barang bawaan yang ada di mobil jika dirasa tidak diperlukan.

6. Ban kurang angin

Kondisi ban mobil yang kurang angin memang dianggap cukup sepele. Namun, ternyata bisa menimbulkan dampak yang sangat merugikan, salah satunya adalah penggunaan BBM atau bensin pada mobil jadi boros. Hal tersebut terjadi karena kondisi tapak ban melebar yang akan menyebabkan angin menjadi berkurang, sehingga mobil harus membawa beban yang semakin besar. Beban besar yang dibawa oleh mobil ini yang dapat membuat BBM jadi mudah habis.

Itulah ulasan mengenai penyebab mobil boros BBM. Jika mobil Anda bermasalah, terutama pada AC mobil, maka usahakan untuk melakukan perawatan di bengkel spesialis AC mobil. Bengkel AC mobil Kedoya menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang berdomisili di area Jakarta. Tentunya juga didukung dengan pekerja yang sudah berpengalaman agar masalah mobil dapat teratasi dengan tepat.

Baca Juga :  Hadapi Peraturan Ganjil Genap Lebih Baik Pakai Mobil Matic Atau Manual?

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply