Jika AC mobil mengalami masalah, sebaiknya membawanya ke bengkel AC mobil. Tidak hanya untuk perbaikan tetapi juga untuk melakukan perawatan AC mobil rutin untuk selanjutnya. Hingga saat ini, bengkel AC mobil sudah tersebar banyak dimana-mana. Namun dari sekian banyak bengkel, ada bengkel AC mobil resmi dan bengkel AC mobil tidak resmi.

Apa perbedaan keduanya ?

Berikut adalah ulasan tentang perbedaan bengkel AC mobil resmi dan bengkel AC mobil tidak resmi.

Apa Perbedaan Bengkel AC Mobil Resmi Dan Tidak Resmi?

  1. Perbedaan Umum

Perbedaan pertama dan yang umum serta paling mencolok bengkel AC mobil resmi merupakan bengkel milik dealer. Sehingga bengkel AC mobil resmi membuka layanannya khusus untuk merek yang dijual saja. Sedangkan bengkel AC mobil tidak resmi, merupakan bengkel yang tidak ada afiasi dengan merk mobil atau deler mobil tertentu. Sehingga bengkel AC mobil tidak resmi terbuka untuk jenis merek mobil apapun. Semua akan dilayani jika teknisi memang menyanggupi.

Dari perbedaaan pertama ini ada keuntungan dan kerugiannya. Buat yang hanya memiliki 1 jenis mobil tentu ke bengkel resmi tidak menjadi masalah. Apalagi kalau keluhan AC mobil kita bisa teratasi. Kalau memiliki dua mobil dan merk mobilnya berbeda. Tentu kita harus pergi ke 2 tempat yang berbeda. Jadi terkadang kalau sudah punya 1 bengkel tidak resmi dan bisa perbaiki keluhan AC mobil kita. Ke bengkel resmi menjadi bukan keharusan.

Dari perbedaan yang pertama, kembali kita sebagai pemilik mobil yang ambil keputusan yang terbaik.

  1. Harga yang Ditawarkan

Perbedaan kedua ini sih sebenarnya tergantung kemampuan dan kebutuhan masing-masing pengguna mobil ya. Perbedaan bengkel AC mobil resmi dan tidak resmi selanjutnya yaitu dilihat dari harga yang ditawarkan. Karena bengkel AC resmi memiliki merek tentu harga jasa yang ditawarkan cukup tinggi. Bengkel AC mobil resmi biasanya minimal mematok harga dikisaran ratusan ribu. Nah sedangkan bengkel AC mobil tidak resmi, menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan bengkel AC yang resmi. Bahkan harga yang ditawarkan dari bengkel AC tidak resmi bisa mencapai dibawah ratusan ribu.

Sebagai bentuk usaha yang punya pangsa pasar yang sama dan demografi yang beririsan. Persaingan dunia usaha dari sisi harga memang menjadi salah satu ujung tombak dalam persaingannya kedunya bengkel ini.

  1. Sparepart yang Digunakan

Jika AC mobil kamu mengalami kerusakan tentu membutuhkan beberapa sperpart untuk membuatnya normal kembali. Sperpart yang digunakan di bengkel AC mobil resmi dan bengkel AC mobil tidak resmi sangat berbeda. Di bengkel AC mobil resmi sperpart yang digunakan merupakan sperpart yang benar-benar orisinil dari merk tertentu. Tidak ada sperpart yang KW1, KW2 dan seterusnya. Nah sedangkan di bengkel AC tidak resmi sparepart yang digunakan biasanya sparepart buatan dari china.

  1. Kualitas Teknisinya

Tentu saat membawa mobil ke bengkel AC mobil kita selalu dilayani oleh teknisi. Kualitas teknisi di bengkel AC mobil resmi benar-benar sangat kompeten. Dengan seleksi yang ketat, membuat teknisi di bengkel AC mobil resmi tidak perlu diragukan lagi kemampuannuya. Sedangkan di bengkel AC mobil tidak resmi kemampuan teknisinya tidak menentu. Ada teknisi yang kompeten dan ada yang tidak kompeten.

Fakta yang harus kita ketahui adalah dari 10 bengkel AC mobil cuma 2 yang memiliki spesialisasi AC mobil. Oleh karena itu khususnya untuk AC mobil sebaiknya serahkan pada bengkel spesialis AC mobil.

Itulah perbedaan bengkel AC mobil resmi dan tidak resmi. Sudah menentukan untuk menggunakan bengkel yang mana ?

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.