Kelebihan kendaraan roda empat daripada motor adalah kenyamanan. Suasana yang tenang dan hawa yang dingin itu salah satu bagiannya. Karena itu AC mobil yang dingin sudah wajib buat pengendara.

Sayangnya ada saja masalah AC mobil bisa mengganggu kenyamanan itu. Kondisi mesin sudah siap menjelajah jalan raya. Tetapi AC mobil yang kurang dingin membuat suasana ruangan dalam mobil jadi panas. Belum lagi kalau ac mobil yang berbau tidak enak. Bahkan bisa diperparah lagi kalau ac mobil berbunyi berisik.

Satu-satunya cara untuk menghindari masalah AC mobil diatas adalah dengan servis rutin. Biar komponen AC mobil kita awet. Kalau ada kemungkinan terjadi kerusakan bisa langsung diatasi. Lalu bagaimana kalau AC mobil sudah terlanjur rusak? Apa saja masalah AC mobil dan cara memperbaikinya ?

Seperti kita sedikit singgung diatas, kita akan bahas 3 permasalahan.

AC Mobil Kurang Dingin / Panas

Seperti layaknya hal baik lawannya buruk, tinggi lawanya rendah. Dalam hal AC mobil juga berlaku hal yang sama. AC mobil yang seharusnya dingin masalah adalah panas. Panasnya memang tidak sepanas yang biasa kita dapat dari api atau panas matahari. Tetapi saat siang hari AC mobil cenderung panas itu sangat mengganggu.

Apa saja yang menyebabkan AC mobil kurang dingin?

Berdasarkan pengalaman teknisi kita dan keluhan pelanggan, kerusakan biasa terjadi di skring, magnetic clutch, receiver dryer, dan/atau kompresor evaporator.

Cara memperbaikinya, kita akan memeriksa kondisi skring. Periksa tekanan refrigerant atau freon mobil pelanggan. Periksa ada kebocoran atau tidak. Lalu kita lanjut periksa kompresor AC mobil. Teknisi akan memastikan apakah penggantian oli kompresor sudah dilakukan setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.

Langkah selanjutnya adalah teknisi akan membersihkan evaporator dari kotoran yang mungkin menempel pada evaporator. Kondisi magnetic clutch juga akan diperiksa. Karena pada umumnya kerusakan AC mobil bisa disebabkan kondisi magnetic clutch berkarat atau terbakar. Langkah terakhir adalah memastikan keadaan filter dryer tidak tersumbat. Kalau tersumbat maka Β filter dryer diganti baru.

AC Mobil Bau

Masalah AC mobil bau pada dasarnya bukan karena ada kerusakan. Berdasarkan hasil pemeriksaan teknisi kita pada mobil-mobil pelanggan. Alasan utamanya karena pada kolong AC mobil dan/atau evaporator AC mobil ada bakteri dan kotoran yang menempel.

Untuk cara memperbaiki adalah bagian teknisi kita. Tetapi ada baiknya pelanggan kita untuk menghindari dengan jaga kebersihan kabin mobil. Selalu pastikan plastikan makanan atau benda apapun yang masuk mobil tidak menjadi sampah. Karena mobil adalah rumah kedua. Bukan tempat sampah kedua bukan?

Langkah tambahan pelanggan bisa memasang filter kabin agar mencegah kotoran tersedot blower lalu menempel di evaporator.

AC Mobil Bunyi Berisik

Meski AC mobil sudah dingin dan tidak bau. Suasana yang adem dan nyaman pasti akan kurang kalay AC mobil berisik. Penyebab bunyi berisik adalah karena baut pengikat kompresor pada braket kendur atau rusak. Penyebab lain karena ada komponen yang aus.

Dalam masalah AC mobil bunyi inilah pelanggan jadi tahu pentingnya service ac mobil rutin. Khususnya untuk penggantian oli kompresor rutin.

Pada akhirnya sebagai pelanggan tidak usah diambil pusing. Kalau sudah terlanjur ada masalah pada AC mobil Anda. Cukup serahkan kepada teknisi kita maka masalah akan selesai.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.