Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Extra Fan AC Mobil?
Cegah Masalah Extra Fan AC Mobil dengan Service Rutin

Hai #SahabatRotary

Extra fan merupakan salah satu komponen yang terdapat pada AC mobil berupa kipas tambahan yang digerakkan oleh dinamo atau motor listrik yang sumber tenaganya berasal dari tenaga listrik. Biasanya extra fan bekerja berdasarkan kompresor AC mobil yang menyala atau tidak. Atau bisa juga bekerja berdasarkan temperatur yang ada pada sistem radiator motor mobil melalui sensor yang terpasang.

Lihat Juga :Β TERNYATA Ganti Spare Parts AC Mobil Tidak Selalu Jadi Jalan Keluar?

Alat yang satu ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan freon di dalam kondensor AC sehingga proses kondensasi bisa berjalan dengan baik. Tidak semua mobil menggunakan kipas tambahan dan untuk mengetahui perbedaan mobil yang menggunakan extra fan atau tidak bisa dilihat dari kipas yang ada di sekitar radiator. Jika terlihat hanya satu kipas maka mobil tersebut tidak menggunakan extra fan.

Baca juga : Tutorial Pemasangan Extra Fan Pajero Sport

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Extra Fan AC Mobil?

Keberadaan AC mobil kadang dianggap sepele sehingga tidak heran jika komponen pada AC mobil menjadi bermasalah. Tak hanya komponen, extra fan yang digunakan juga akan ikut berpengaruh. Kebiasaan buruk jarang membawa mobil untuk melakukan service ini harus segera diubah agar kondisi extra fan dan seluruh komponen yang ada pada AC mobil bisa tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Banyak sekali kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi extra fan atau bahkan mempengaruhi komponen AC mobil secara langsung, seperti merokok di dalam mobil dan tidak menjaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebiasaan ini tidak boleh berlangsung terus menerus karena selain bisa mengganggu fungsi AC mobil, kondisi mobil yang kotor juga akan mempengaruhi kesehatan penggunanya.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Extra Fan AC Mobil?

Bisa dikatakan jika ada saja masalah yang bisa terjadi pada setiap komponen AC mobil dan hal tersebut juga bisa terjadi pada alat tambahan seperti extra fan. Perlu diketahui jika extra fan bisa mati atau masih berfungsi namun putaran yang dimiliki sangat lemah sehingga menghasilkan embusan angin yang lemah. Masalah yang bisa terjadi pada extra fan ini akan membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

Tak hanya AC yang kurang dingin, jika extra fan mati maka bisa berpengaruh pada mesin mobil yang cepat panas ketika AC mobil menyala. Hal ini akan terjadi ketika AC mobil yang memiliki letak kondensor bersebelahan dengan radiator. Dengan kata lain, jika memiliki kondensor yang tidak bersebelahan dengan radiator maka mesin mobil akan tetap normal meskipun AC mobil dinyalakan.

Baca juga : Fungsi dan Manfaat Extra Fan pada Pajero Sport

Cegah Masalah Extra Fan AC Mobil dengan Service Rutin

Untuk bisa menghindari berbagai masalah pada extra fan, cegah masalah extra fan AC mobil dengan service rutin. Usahakan untuk mulai membiasakan melakukan service rutin agar extra fan atau komponen pada AC mobil bisa tetap terjaga. Jika sudah begini maka AC mobil bisa berfungsi dengan baik dan perjalanan yang dilakukan akan terasa nyaman dan menyenangkan.

Namun perlu diingat, sebelum melakukan service rutin, pastikan untuk mencari bengkel AC mobil yang tepat. Cari referensi bengkel AC mobil yang sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak pelanggan. Cara ini akan memastikan nantinya AC mobil akan ditangani dengan profesional sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir dengan kualitas perbaikan yang akan diterima.

Itulah sedikit ulasan tentang apa saja masalah yang bisa terjadi pada extra fan AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service