Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kondensor AC Mobil?

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kondensor AC Mobil?
Cegah Masalah Kondensor AC Mobil dengan Service Rutin

Hai #SahabatRotary

Kondensor AC mobil merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang termasuk pada komponen utama. Kondensor terletak pada bagian depan mobil yang berhadapan dengan radiator. Bentuk kondensor berbeda-beda dan letaknya ada yang terpisah dengan radiator sehingga penggunaannya membutuhkan kipas tambahan.

Untuk Anda yang belum tahu, kondensor memiliki fungsi untuk menyerap panas pada freon yang sudah dikompresikan oleh kompresor dan mengubah freon yang berbentuk gas menjadi cair. Kondensor merupakan salah satu komponen yang rentan sehingga bisa saja ketika ada masalah pada AC mobil, salah satu penyebabnya adalah kondensor.

Baca juga : Cara Mengatasi Mobil yang Overheat Dengan Cepat

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Kondensor AC Mobil?

Sudah bukan rahasia lagi jika AC mobil merupakan salah satu bagian mobil yang sering dilupakan perawatannya. Kebiasaan buruk ini sering kali terjadi sehingga AC mobil mengalami kerusakan yang cukup parah pada beberapa komponennya, termasuk kondensor.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kondensor AC Mobil?

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada kondensor AC mobil, salah satunya adalah panas pada kondensor dan dryer filter tidak merata yang disebabkan oleh adanya kemampetan pada kondensor atau dryer filter. Masalah ini bisa membuat AC menjadi kurang dingin ketika mobil berhenti atau memiliki kecepatan yang rendah namun akan bisa kembali dingin ketika mobil sudah berjalan lagi.

Masalah lain yang bisa terjadi pada kondensor adalah karena kondensor yang mengalami hantaman, misalnya karena kecelakaan sehingga kondensor menjadi rusak dan mengalami kebocoran freon. Selain itu, kondensor juga bisa mampet yang membuat mesin menjadi overheat ketika AC mobil dinyalakan tapi panas mesin akan normal ketika AC tidak dinyalakan.

Yang paling sering adalah kondensor mengalami panas yang memiliki banyak penyebab, salah satunya adalah karena proses mengisi oli kompresor secara berlebihan sehingga suhu dan tekanan kondensor menjadi naik.

Selain itu, adanya debu dan kotoran yang menumpuk pada bagian sirip kondensor karena terhisap oleh kipas kondensor juga bisa membuat kondensor menjadi panas. Putaran kipas yang terus melemah juga bisa menjadi salah satu penyebab kondensor panas, putaran kipas yang melemah tersebut bisa diakibatkan oleh pemakaian yang terlalu sering.

Tak hanya itu saja, terlalu banyak freon yang digunakan juga bisa memicu tekanan yang berlebihan sehingga suhu ruangan akan tinggi dan hal ini akan membuat kondensor menjadi lebih panas dari kondisi biasanya. Selain itu kondisi motor fan yang sudah lemah atau bahkan rusak juga akan membuat kondensor panas karena embusan atau hisapan angin yang muncul menjadi berkurang.

Baca juga : Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Rusak

Cegah Masalah Kondensor AC Mobil dengan Service Rutin

Bisa diperhatikan dari uraian yang sebelumnya jika kondensor bisa memiliki banyak masalah karena memang komponen ini terbilang lemah. Untuk menghindari berbagai macam masalah tersebut, cegah masalah kondensor AC mobil dengan service rutin. Melakukan service rutin akan membuat kondensor AC mobil menjadi lebih terjaga.

Selain itu, melakukan service rutin juga akan memberikan manfaat yang lainnya untuk pemilik mobil, salah satunya adalah kondisi komponen lain yang juga terjaga. Kerusakan yang terjadi juga bisa diketahui lebih cepat jika melakukan service rutin. Dengan begini maka kerusakan bisa segera diatasi sehingga biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Itulah sedikit ulasan tentang apa saja masalah yang bisa terjadi pada kondensor AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar