Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Expansi Valve AC Mobil?

Ternyata Begini Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

Share :

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Expansi Valve AC Mobil?
Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Expansi Valve?

Hai #SahabatRotary

Ekspansi valve memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan dan temperatur refrigerant yang akan menimbulkan efek dingin pada evaporator sebelum diembuskan ke kabin mobil. Expansi valve yang bisa berfungsi dengan baik akan membuat kabin bisa lebih cepat dingin ketika menyalakan AC mobil.

Bagian yang membuat expansi valve terbuka dan tertutup adalah thermostat. Ketika suhu yang ada pada kabin terasa tinggi maka valve akan terbuka dengan lebar sehingga aliran refrigerant lebih banyak digunakan untuk mendinginkan suhu kabin yang panas (tinggi). Begitu juga sebaliknya jika suhu kabin rendah maka valve akan terbuka sedikit sehingga aliran refrigerant akan lebih sedikit.

Baca juga : AC Mobil Panas dan Hanya Keluar Angin Saja#ServiceACMobil Honda Jazz

Expansi valve merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang keberadaannya sangat penting. Namun expansi valve juga bisa bermasalah ketika tidak dilakukan perawatan dengan baik. Masalah yang bisa terjadi pada expansi valve adalah valve yang mampet. Untuk mengatasi masalah ini yang bisa dilakukan adalah membersihkan expansi valve agar bisa kembali berfungsi dengan normal dan suhu kabin bisa kembali sejuk atau menggantinya.

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Expansi Valve AC Mobil?

Seperti yang sudah disebutkan jika expansi valve memiliki peranan penting pada AC mobil. Ketika expansi valve bermasalah tentu saja bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satu penyebab yang pasti adalah adanya kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi mobil yang dimiliki.

Kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada expansi valve AC mobil adalah tidak melakukan perawatan sistem saluran freon. Kurangnya perawatan yang dilakukan membuat sistem saluran freon menjadi tersumbat dan untuk mengatasi hal tersebut yang dibutuhkan adalah melakukan service untuk membersihkannya.

Baca juga : Tips Memilih Bengkel AC Mobil

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Expansi Valve?

Masalah yang bisa terjadi pada valve cukup beragam, seperti AC mobil yang tidak dingin, tersumbat, dan proses pengkabutan yang tidak sempurna. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa masalah yang bisa terjadi pada valve:
1. Sensor atau bulb terlepas dari dudukan yang bisa mengganggu kinerja valve.
2. Lubang penyemprotan valve terlalu renggang sehingga cairan refrigerant yang dikabutkan akan menjadi lebih banyak.
3. Gas pada pipa sensor atau capillary bulb valve bocor yang bisa membuat sensor tidak bisa bekerja dengan maksimal.
4. Lubang penyemprotan valve AC mobil yang berfungsi untuk mengabutkan refrigerant tersumbat sehingga hanya sedikit yang berhasil melewati proses pengkabutan.

Baca juga : Montir AC yang Nakal

Beberapa masalah yang sudah disebutkan bisa menyebabkan berbagai hal namun yang jelas adalah semua masalah tersebut akan mengganggu kinerja AC mobil.

Cegah Masalah Valve dengan Service Rutin

Berbagai masalah valve tidak akan didapatkan jika perawatan pada mobil dilakukan dengan baik. Perawatan mobil yang dimaksudkan bukan hanya mencuci mobil hingga bersih atau memeriksa kondisi mesin mobil tapi juga selalu rutin cek AC mobil terutama pada setiap bagian pada AC mobil. Anda bisa cegah masalah valve dengan service rutin ke bengkel yang terpercaya dan terbukti berkualitas.

Sebelum melakukan service rutin, pastikan Anda memilih bengkel mobil yang tepat dan sudah berpengalaman dalam menangani AC mobil. Bengkel AC mobil yang jam terbangnya sudah tinggi pasti akan memiliki tenaga atau mekanik yang handal dengan peralatan yang lengkap.

Itulah sedikit ulasan tentang masalah yang bisa terjadi pada valve AC mobil. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?