Punya mobil yang sering mogok sudah pasti kita sangat kesal dengan hal tersebut. Setiap mobil mogok pasti ada alasannya. Karena tidak mungkin ada asap tanpa ada api. Untuk itu kita haruslah mengetahui penyebab “si mobil mogok“. Karena jika sudah terjadi mogok apalagi saat sedang di tengah jalan.

Maka sudah pasti emosi kita memuncak dan tiba tiba berubah menjadi orang yang lepas kendali. Maka dari itu kita harus tahu juga caranya untuk menjaga mobil agar tidak mengalami mogok ketika kita sedang berkendara di jalanan. Nah berikut ini adalah informasi harus Anda ketahui.

Apa Saja Sih yang Paling Sering Menyebabkan Mobil Mogok?

1. Pengapian yang kotor atau rusak
Pengapian yang kotor merupakan salah satu dari sekian banyak masalah yang menyebabkan mobil menjadi mogok, oleh karena itu kita haruslah selalu menjaga bagian pengapian dari mobil kita agar tetap selalu bersih usahakan untuk membersihkan mobil hingga ke bagian dalam ketika melakukan pembersihan. Lakukan juga pembersihan mobil secara berkala dengan tempat seperti setiap 1 bulan sekali atau lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bisa juga bagian pengapian yang rusak seperti itulah yang dapat menyebabkan mobil mogok hingga tidak dapat berjalan lagi.

2. Komponen listrik yang rusak atau longgar
Komponen listrik biasanya akan bekerja dengan baik apabila tidak terjadi kerusakan atau gangguan lainnya. Selain itu jika komponen listrik rusak maka dapat mengakibatkan mobil mogok karena tidak dapat menghantarkan listrik ke bagian mobil tertentu hingga tidak dapat menyalahkan mesin ke mode ON atau Netral.

3. AC Mobil yang menyala tetapi mesin tidak dinyalakan
Anda yang awam pasti berfikir AC Mobil tidak menyebabkan mobil mogok tetapi sebenarnya mobil juga dapat mogok ketika kita menyalakan AC Mobil tetapi tidak menyalakan mesin mobil hingga menyedot sejumlah aliran listrik yang bangyak menyebabkan ketika engine load mobil otomatis mogok atau tidak menyala. Untuk itu kita hatus mematikan AC ketika mesin mobil tidak sedang dalam keadaan menyala atau netral. Dan juga jaga AC Mobil Anda agar selalu dalam keadaan yang bagus dengan melakukan Service AC secara berkala di bengkel AC mobil.

4. Komponen mesin mobil yang Rusak
Komponen mesin rusak adalah hal yang lumayan menyulitkan untuk kita perbaiki sendiri oleh karena itu jika anda seseorang yang awam dalam masalah yang satu ini lebih baik untuk memanggil orang bengkel untuk memperbaikinya. Komponen mesin mobil rusak bisa dikarenakan guncangan, tidak pernah diservice, tidak pernah dibersihkan dan lainnya.

5. Mesin mobil Kemasukan Air
Ketika sedang banjir jangan coba coba untuk menerobos genangan air karena dapat menyebabkan mobil menjadi mogok karena kemasukan air ke dalam komponen tertentu di dalam mobil. Usahakan untuk menghindari genangan air agar tidak terjadi mobil mogok dan masalah buruk lainnya.

6. Knalpot mobil yang tersumbat
Sebenarnya ini jarang terjadi karena mobil yang diproduksi sekarang ini sudah banyak yang membuat terobosannya, tetapi jika memang benar terjadi maka coba silahkan periksa knalpot anda sekali sekali jika terjadi mobil mogok karena bisa saja masalah berasal dari sana.

Nah begitulah informasi tentang Apa Saja Sih yang Paling Penyebab Mobil Mogok, jikaΒ Anda merasa terbantu dengan artikel seperti ini maka jangan lupa untuk komentar dan juga berbagi ke media sosial.

Senang bisa berbagi,

Semoga bermanfaat.