Saat memiliki mobil tentunya harus dirawat dengan baik. Perawatan mobil secara teratur bermanfaat agar mobil tetap awet dan memiliki performa yang sangat bagus. Merawat mobil bisa dilakukan dengan cara memperhatikan komponen mesin mobil. Apakah komponen tersebut ada yang aus ataupun tidak. Tidak hanya mesin, komponen mobil yang wajib diperhatikan adalah AC mobil.

Merawat AC mobil antara merk mobil satu dengan merk mobil lainnya sama saja tidak ada perbedaan. Hanya saja, jika mobil tersebut merupakan mobil matic dengan kelas yang tinggi maka merawat AC nya pun harus secara rutin dan berhati-hati. Cara merawat AC mobil pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Beda Merk Mobil Beda Cara Merawat AC Mobilnya?

  1. Membersihkan Kondensor AC

Kondensor AC mobil merupakan komponen yang paling penting dalam AC mobil. Kondensor ini sangat mempengaruhi kinerja AC. Jika kondensor AC mobil memiliki kinerja yang baik, maka AC mobil juga akan memiliki kinerja yang baik juga. Namun, jika dibiarkan terlalu lama didalam kondensor ini terdapat berbagai macam debu yang menumpuk. Debu yang menumpuk pada kondensor ini, mengakibatkan AC mobil tidak dingin ataupun AC mobil yang mengeluarkan bunyi. Agar tidak terjadi hal ini, bersihkan kondensor AC secara rutin. Kondensor pun akan lebih bersih dan AC mobil tetap awet tanpa mengalami masalah.

  1. Menjaga Kebersihan Interior Mobil

Kebersihan interior mobil wajib diperhatikan dan tidak boleh disepelekan. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, menjaga kebersihan interior mobil juga merupakan bentuk merawat AC mobil. Bagian interior utama yang harus dibersihkan adalah karpet mobil. Karpet mobil ini biasa kita injak setiap harinya sehingga banyak sekali sekali debu yang menempel. Debu yang menumpuk pada karpet AC mobil tersebut akan menyebabkan filter AC mobil bekerja terlalu keras. Sehingga, AC mobil pun cepat sekali rusak.

  1. Parkir Ditempat yang Teduh

Ketika kamu berjalan-jalan atau berpergian ke suatu tempat, jika membutuhkan waktu yang cukup lama tentunya kamu akan memarkir mobil kamu di suatu tempat. Memilih tempat parkir harus diperhatikan untuk merawat AC. Pastikan untuk memilih tempat parkir AC yang sangat teduh dan tidak terkena sinar matahari. Jika mobil terkena sinar matahari terlalu lama, maka dalam ruangan mobil pun juga ikut panas. Sehingga, membutuhkan proses pendinginan AC yang cukup lama. AC mobil pun akan bekerja lebih keras dan hal ini menyebabkan kerusakan pada AC mobil.

  1. Melakukan Perawatan di Bengkel AC Mobil

Melakukan perawatan rutin AC mibil sendiri tidaklah cukup. Seringlah untuk merawat di bengkel AC mobil khusus. Karena bengkel spesialis AC mobil ini terdapat berbagai peralatan yang canggih sehingga bisa membersihkan AC mobil kamu secara teliti. Tidak hanya itu, di bengkel spesialis AC mobil, kamu akan dibantu oleh teknisi yang sangat handal. Teknisi inilah yang akan lebih tahu tentang perawatan mobil yang cocok untuk mobil kamu. Sehingga, dengan melakukan perawatan di bengkel spesialis AC mobil ini kamu bisa mendapatkan AC mobil yang awet dan tidak mudah terkena gangguan.

Sejatinya merawat AC mobil merk yang satu dengan merk yang lainnya intinya sama. Kita hanya perlu melakukannya secara rutin dan rajin. Tidak hanya itu, mobil merk apapun dalam perawatan AC nya, juga dibutuhkan ketelatenan. Nah itulah cara merawat AC mobil berbagai merk. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu yang masih bingung dalam merawat AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.