fbpx

Bagaimana Cara Memperbaiki Blower AC Mobil Bermasalah?


#SahabatRotary

Blower merupakan suatu alat yang berbentuk motor dinamo beserta daun kipas. Keberadaan blower bisa dikatakan sangat penting karena ketika blower tidak berfungsi dengan normal maka kinerja AC mobil akan terganggu. Blower sering dihubungkan dengan kipas AC atau kipas kondensor.

Biasanya kipas AC diparalel dengan magnetic clucth sehingga saat AC mobil digunakan maka kipas AC akan berputar. Namun jika tidak berputar maka AC mobil tidak akan dingin. Tak hanya itu saja, tekanan refrigerant menjadi terlalu tinggi jika kipas AC tidak berputar. Banyak sekali yang bisa membuat kipas AC tidak berputar, salah satunya adalah motor kipas AC yang rusak. Selain itu bisa juga karena kabel atau sekring putus.

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Blower AC Mobil?

Merawat mobil merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar kondisi mobil bisa memiliki kinerja yang baik. Namun kadang kebiasaan buruk pemilik mobil membuat mobil menjadi tidak terawat dan performanya menjadi turun. Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan adalah hanya merawat mesin, tidak merawat AC mobil sehingga berbagai masalah mobil bisa muncul, termasuk blower yang rusak.

Selain itu, kebiasaan buruk pemilik mobil yang bisa merusak blower AC mobil diantaranya merokok, membuka kaca jendela sedangkan AC on, karpet dan kabin yang jarang dibersihkan.

Baca juga : AC Mobil Apa Saja Komponennya dan Berapa Harganya?

Namun perlu diketahui jika masalah pada blower tidak hanya terjadi karena kebiasaan buruk yang dimiliki oleh pemilik. Beberapa penyebab yang bisa berpengaruh pada blower AC mobil adalah evaporator kotor, rangkaian kabel putus, motor dan relay motor blower rusak, switch blower rusak, cacat produk, atau bahkan karena penggunaan AC secara terus menerus.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower Karena Kebiasaan Buruk Itu

Saat pemilik mobil memiliki kebiasan buruk yang tidak segera diubah maka tidak akan heran jika akan ada masalah yang bisa terjadi pada blower karena kebiasaan buruk itu. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada blower adalah motor dinamo dan kipas kotor karena berdebu yang mengakibatkan kerja motor menjadi berat. Selain itu, AC mobil juga akan mengeluarkan bau.

Segera Service Rutin Blower Bermasalah

Agar kerusakan yang ada pada blower tidak semakin parah, segera lakukan service ke bengkel AC mobil. Segera service rutin blower bermasalah agar kerusakan tidak melebar ke bagian lain. Jika tidak segera diservice maka kerusakan bisa semakin parah. Ketika kerusakan melebar ke bagian yang lain maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Selain itu, waktu penyelesaian service menjadi lebih lama.

Usahakan untuk selalu melakukan service rutin agar Anda bisa segera tahu jika ada kerusakan. Melakukan service rutin akan membuat performa mobil atau AC mobil akan tetap terjaga. Pastikan untuk memilih bengkel AC mobil yang terpercaya agar mobil Anda bisa ditangani dengan profesional.

Bagaimana Cara Memperbaiki Blower Bermasalah?

Cara memperbaiki blower bermasalah cukup mudah yaitu motor dinamo disemprot dengan angin bertekanan dan daun kipas dicuci dari debu yang melekat. Jika kerusakannya sudah berat maka harus segera diganti.

Pada zaman dulu, memperbaiki blower bermasalah, beberapa mobil bisa dilakukan dengan mengganti coll brassnya saja. Namun untuk zaman sekarang ketika blower bermasalah tidak bisa diganti coll brassnya saja tapi harus 1 set.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memperbaiki blower bermasalah.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

booking service

Blog

Blower AC mobilBlower AC Mobil BermasalahBlower AC Mobil rusakservice ac mobilspare parts Blower AC Mobil

Leave a Reply