Bagaimana Cara Memperbaiki Extra Fan AC Mobil Bermasalah?

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Extra Fan AC Mobil?
Segera Service Rutin Extra Fan AC Mobil Bermasalah

Hai #SahabatRotary

Extra fan atau yang kadang disebut dengan kipas tambahan ini merupakan sebuah komponen tambahan pada AC mobil yang digerakkan oleh motor listrik atau dinamo yang sumber tenaganya berasal dari tenaga listrik. Biasanya yang sering ditemui, extra fan ini bekerja berdasarkan kompressor AC mobil yang menyala atau tidak, atau bisa juga bekerja berdasarkan temperatur sistem radiator motor melalui sensor yang terpasang.

Sesuai dengan namanya, extra fan berfungsi untuk membantu proses pendinginan freon di dalam kondensor sehingga proses kondensasi yang terjadi berjalan dengan sempurna. Kipas tambahan ini memiliki beberapa tipe dan posisi penempatan yang berbeda-beda.

Salah satu posisi yang paling sering digunakan adalah extra fan yang berada di depan kondensor AC mobil sehingga angin dari kipas akan ditiupkan ke arah kondensor dari arah depan. Selain itu, extra fan juga bisa berada di belakang kondensor dan radiator secara berdampingan sehingga extra fan bisa membuang panas kondensor dan radiator secara bersama-sama.

Selain itu, masih banyak lagi tipe dan penempatan extra fan, misalnya AC mobil yang menggunakan lebih dari satu kondensor. Jika begini maka extra fan akan diletakkan pada masing-masing kondensor.

Baca juga : Tingkah Laku Unik Anak Jaman Now Di Dalam Mobil

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Extra Fan AC Mobil?

Banyak sekali perilaku kecil yang dilakukan namun tidak disadari jika perbuatan tersebut bisa berpengaruh pada extra fan atau AC mobil. Memang dampaknya tidak akan terlihat secara langsung tapi jika kebiasaan buruk tersebut terus menerus berlangsung maka tidak mustahil jika AC mobil lebih cepat mengalami kerusakan meskipun baru saja dilakukan service.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan mempengaruhi AC mobil adalah merokok di dalam mobil sehingga evaporator menjadi terganggu, kondisi kabin mobil yang kotor, serta karpet atau lantai jarang dibersihkan. Selain merusak AC mobil, kebiasaan buruk yang dilakukan juga bisa berpengaruh pada kesehatan penumpang. Oleh karena itu, jaga kebersihan mobil agar mobil tetap nyaman ketika digunakan.

Selain itu semua, kebiasaan buruk yang juga sering ditemui adalah jarang melakukan service AC mobil. Tindakan ini harus segera diubah karena kerusakan yang terjadi pada AC mobil bisa sangat parah jika masalah pada komponen AC mobil tidak segera diketahui.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Extra Fan AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk Itu

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada extra fan AC mobil adalah fan mobil mati. Keadaan ini bisa membuat AC mobil menjadi kurang dingin karena proses kondensasi tidak bisa berjalan dengan optimal sehingga tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin. Kondisi ini tidak hanya terjadi karena extra fan yang mati karena extra fan yang masih berjalan juga bisa menjadi penyebab AC mobil kurang dingin. Namun putaran kipas yang lemah membuat embusan angin yang dihasilkan juga lemah sehingga tidak bisa membantu proses kondensasi dengan maksimal.

Baca juga : Tips mengatasi AC Mobil yang Bau

Segera Service Rutin Extra Fan AC Mobil Bermasalah

Pemilik mobil bisa segera service rutin extra fan AC mobil bermasalah agar kerusakan yang sudah terjadi tidak merusak komponen AC mobil yang lainnya. Selain itu, dengan melakukan service rutin maka kerusakan tidak bertambah parah sehingga biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak bertambah besar.

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki extra fan AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar