Bagaimana Cara Memperbaiki Kondensor AC Mobil Bermasalah?

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Kondensor AC Mobil?
Segera Service Rutin Kondensor AC Mobil Bermasalah

Hai #SahabatRotary

AC mobil merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh setiap mobil yang berfungsi sebagai pendingin kabin. Selain itu, AC mobil juga berfungsi untuk mengontrol temperatur, sirkulasi udara, kelembapan, dan bisa membersihkan udara juga. Keberadaan AC mobil ini bisa membuat penumpang merasa nyaman ketika melakukan perjalanan.

Perlu diketahui jika AC mobil memiliki beberapa komponen dan komponen-komponen tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yang disesuaikan dengan kegunaannya, yaitu komponen utama, komponen pendukung, dan komponen kelistrikan. Salah satu komponen yang dimiliki oleh AC mobil adalah kondensor yang termasuk dalam komponen utama.

Kondensor berfungsi untuk membuang udara panas dari freon yang berasal dari kompressor AC mobil dan dari proses tersebut freon yang sebelumnya berbentuk gas akan berubah bentuk menjadi cair setelah dibantu dengan cooling fan atau kipas pendingin. Fungsi kondensor ini akan mempengaruhi suhu dingin yang akan dirasakan oleh penumpang.

Baca juga : Harga Kompresor AC Mobil

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Kondensor AC Mobil?

Bisa dikatakan jika memang banyak sekali orang yang tidak menyadari jika perbuatan atau kebiasaan kecil yang dilakukan bisa mengganggu atau merusak fungsi komponen lain yang berada di sekitarnya. Seperti pada AC mobil yang sering sekali menerima kebiasaan buruk yang tidak disadari oleh pelakunya.

Dampak yang diberikan oleh kebiasaan buruk tersebut memang tidak bisa langsung terlihat atau terasa pada AC mobil namun lambat laun pemilik atau penumpang akan menyadari jika AC tidak berfungsi dengan normal.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal namun yang paling sering dijumpai adalah karena kebiasaan buruk dengan tidak melakukan service secara rutin. Jika sudah begini maka tidak akan mustahil mobil bisa mengalami kerusakan yang parah.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Kondensor AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk Itu

Kondensor merupakan salah satu komponen yang rentan terhadap kerusakan sehingga tidak heran jika terjadi masalah AC mobil tidak dingin maka yang pertama kali diperiksa adalah kondensor. Namun tidak hanya itu saja, masalah yang bisa terjadi pada kondensor AC mobil karena kebiasaan buruk cukup banyak, salah satunya adalah AC mobil tidak terasa dingin saat mobil berhenti dan kembali dingin ketika mobil berjalan lagi. Masalah ini bisa terjadi karena panas tidak merata pada kondensor karena mampet.

Selain itu, masalah yang terjadi pada kondensor juga bisa terjadi karena faktor dari luar mobil, misalnya saat mobil kecelakaan sehingga kondensor mengalami hantaman yang membuat kondensor rusak dan mengalami kebocoran freon.

Baca juga : 8 Tips Memilih Bengkel AC Mobil

Segera Service Rutin Kondensor AC Mobil Bermasalah

Untuk menghindari AC mobil memiliki masalah yang disebabkan oleh komponen rusak, baik itu kerusakan pada kondensor atau yang lain, segera lakukan pengecekan. Segera service rutin kondensor AC mobil yang bermasalah agar AC bisa berfungsi dengan normal dan perjalanan yang dilakukan bisa lebih menyenangkan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan service rutin ini. Salah satunya adalah agar bagian AC mobil yang lainnya juga tidak rusak. Atau jika memang sudah terjadi kerusakan pada kondensor atau komponen yang lain, maka kerusakan tersebut tidak akan bertambah parah jika kerusakan bisa diketahui lebih cepat. Dengan begini maka biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak semakin banyak.

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki kondensor AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar