Kondisi kendaraan yang berubah sering kali Anda rasakan karena mungkin terlalu seringnya mengendarai kendaraan tersebut. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengendara adalah kendaraan yang hilang tenaga atau terasa berat atau alot tarikannya. Masalah tenaga mobil yang berkurang akan terjadi ketika Anda sedang melakukan perjalanan jauh atau melintasi jalanan yang menanjak.

Tentunya sebagai seorang pengendara, sebaiknya Anda harus mengetahui penyebab dari masalah mobil hilang tenaga saat tanjakan. Dengan mengetahui penyebabnya secara tidak langsung dapat menanggulangi atau mencegah permasalahan tersebut lebih cepat. Selain itu, Anda akan terhindar dari kondisi mobil yang rusak.

Lalu, bagaimana cara mencegah mobil hilang tenaga saat tanjakan? Berikut ini adalah cara mencegah mobil yang tenaganya berkurang ketika melintasi jalanan menanjak menurut bengkel AC mobil Kedoya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mencegah Mobil Hilang Tenaga Saat Tanjakan?

Mobil hilang tenaga saat tanjakan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

1. Mesin Overheating

Penyebab yang pertama adalah overheating pada mesin. Masalah overheating ini terjadi akibat dari sistem pendinginan pada mobil tidak bekerja secara optimal, sehingga komponen metal pada mesin memuai secara ekstrim. Komponen yang memuai ini terutama terjadi pada bagian silinder atau piston.

Apabila bagian piston memuai, tentunya akan membuat pergesekan piston dengan dinding silinder menjadi lebih kiat. Hal ini akan membuat gerakan mesin menjadi lebih berat dan secara otomatis tenaga mesin pada mobil akan semakin berkurang atau bahkan menghilang.

2. Filter Udara Kotor

Penyebab selanjutnya adalah filter udara yang kotor. Pada proses pembakaran, mesin akan membutuhkan oksigen dari udara. Oleh karena itu, filter udara sangat penting untuk membantu menyaring udara dari berbagai kotoran. Jika filter udara ini kotor maka secara otomatis oksigen tidak dapat diserap dengan baik karena pori-pori yang ada pada filter mobil ini tersumbat oleh kotoran.

Menurut bengkel AC mobil Kedoya, penyebab berikutnya adalah pengapian yang bermasalah. Pengapian merupakan komponen yang sangat penting untuk tenaga mesin kendaraan. Hal ini akan berhubungan dengan kinerja proses pembakaran yang secara otomatis membuat tenaga mobil menurun jika sistem pengapian bermasalah. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kerusakan pada kabel busi, busi mobil dan koil.

3. Busi Kotor

Penyebab yang terakhir adalah busi yang kotor. Busi ini merupakan bagian yang sangat penting dalam kendaraan. Busi ini akan sangat berpengaruh pada kualitas atau hasil akhir dari sistem pembakaran. Proses pembakaran akan terhambat jika busi dalam kondisi kotor dan diselimuti kerak.

Agar mobil Anda terhindar dari masalah tenaga hilang saat tanjakan, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada sistem pengapian dan pendingin yang ada dalam mobil dan pastikan sistem tersebut kerja normal. Agar perjalanan jarah jauh yang Anda lakukan tidak terhambat. Menurut bengkel AC mobil Kedoya cara memeriksanya dapat dilakukan seperti berikut, yaitu dengan cara memeriksa kecukupan dan kualitas air radiator, pastikan air tidak keruh, cukup atau kotor.

Selanjutnya memastikan bodi radiator tidak dalam kondisi basah, hal ini untuk menghindari adanya bocor atau rembesan. Lalu, selalu memastikan sirkulasi air lancar, memastikan kipas pendingin atau fan bekerja dengan cukup baik. Cara yang terakhir adalah memeriksa kualitas dan kecukupan oli mesin untuk mengetahui apakah masih baik untuk digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara mencegah mobil hilang tenaga saat tanjakan. Jangan lupa mengunjungi bengkel AC mobil Kedoya atau bengkel spesialis AC mobil langganan Anda jika mobil bermasalah, terutama pada masalah AC.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.