Bagaimana Cara Merawat AC Mobil agar Selalu Dingin dan Nyaman?

Bagaimana Cara Merawat AC Mobil agar Selalu Dingin dan Nyaman

Share :

Selain mesin mobil dan penampilan luar mobil. AC mobil merupakan fasilitas andalan yang menjadi favorit sebagian besar pengendara mobil. Dengan menggunakan AC mobil, berkendara pun semakin nyaman. Apalagi jika suhu udara di luar sedang panas. Maka AC mobil bisa dimanfaatkan agar hawa terasa lebih dingin dengan udara yang segar.

Karena Dipakai setiap harinya, tak heran jika banyak sekali orang yang mengeluh karena AC yang bermasalah. Padahal AC yang bermasalah tersebut diakibatkan karena kurangnya perawatan yang rutin. Agar kita terhindar dari masalah yang disebabkan rusaknya AC, kita harus melakukan perawatan agar AC mobil dingin dan nyaman. Berikut ini adalah cara merawat AC mobil agar AC mobil nyaman dan dingin.

Bagaimana Cara Merawat AC Mobil agar Selalu Dingin dan Nyaman

Bagaimana Cara Merawat AC Mobil agar Selalu Dingin dan Nyaman?

  1. Rajin Membersihkan Interior Mobil

Cara merawat AC mobil yang pertama adalah rajin membersihkan interior mobil. Karena digunakan hampir setiap harinya, bagian interior mobil pasti dipenuhi oleh berbagai debu yang menumpuk. Debu yang terlalu banyak ini membuat filter ac bekerja keras untuk menyaring debunya. Karena banyaknya debu yang disaring, membuat AC tertutup debu. Sehingga AC tidak bekerja karena terhalang oleh debu dan hal ini membuat ac tidak dingin.

  1. Bersihkan Condesor AC Mobil Secara Rutin

Cara merawat AC mobil kedua adalah condensor AC mobil juga dikasih perhatian rutin. Condesor AC merupakan bagian yang penting. Condesor AC berfungsi untuk menghasilkan AC mobil yang dingin. Jika kondesor ini terlalu kotor dan dibiarkan lama kelamaan maka akan menyebabkan korosi sehingga bagian kondesor AC mengalami kebocoran. Kebocoran pada kondesor AC inilah yang membuat AC tidak terlalu dingin. Saat membersihkan condesor AC ini, buka kap mesin mobil dan kemudian semprotkan air dan lap dengan bersih.

  1. Pilihlah Tempat yang Teduh Saat Memarkir Mobil
Baca Juga :  9 Penyebab AC Mobil Panas dan Berbau Apek

Terkadang ada beberapa teman suka merasa ribet sendiri untuk memilih tempat parkir. Demi mencari parkiran mobil yang teduh, nyaman, dan aman. Rela berlama-lama di parkiran. Sebenarnya ini dampaknya akan jangka panjang. Mobil yang terawat juga akan lebih lama lagi umurnya. Jadi buat yang tidak mau ribet ya mau ribet beli mobil baru saja.

Itu kenapa cara merawat ini masuk dalam daftar yang ketiga.

Saat kita berpergian kemanapun dan kapanpun, jika berniat untuk memarkir lama, maka parkirlah ditempat yang teduh. Karena, jika mobil terkena udara panas terlalu lama maka akan menyebabkan udara didalam mobil juga ikut panas. Karena udara didalam mobil panas inilah membuat kita harus melakukan pendinginan AC dengan sangat lama. Sehingga AC pun menjadi bekerja terlalu keras dan menyebabkan kerusakan.

  1. Jangan Merokok Di dalam Mobil

Dalam daftar yang keempat. Merokok di dalam mobil sangat tidak dianjurkan. Karena asap rokok bisa menyebabkan evaporator kotor karena kandungan nikotin di dalam rokok akan lengket sehingga bau yang tidak sedap ini akan hilang. Selain tidak merokok, usahakan untuk tidak membuka jendela saat AC mobil dinyalakan. Karena hal tersebut akan memperberat kinerja AC mobil dan menyebabkan AC tidak dingin lagi.

Bagian ini memang masih menjadi pro dan kontra. Tetapi dalam banyak sumber tentang AC mobil dan otomotif ini selalu disebutkan. Jadi baiknya kita ikuti untuk memaksimalkan perawatan yang ada.

Itulah cara merawat AC agar AC mobil tetap dingin walaupun sering digunakan berkali-kali. Merawat AC mobil pun sangatlah penting untuk dilakukan. Karena jika AC mobil tidak dirawat, akan menyebabkan kerusakan pada AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mencegah Selang dan Pipa AC Mobil Bermasalah?

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply