Apa Fungsinya Kompressor AC Mobil?
Kalau Kompressor Bermasalah apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Sudah diakui banyak orang jika AC mobil merupakan bagian penting dari mobil. Tanpa AC mobil perjalanan pasti akan terasa panas, terlebih jika dilakukan pada siang hari. Dengan adanya AC mobil maka perjalanan yang dilakukan akan lebih nyaman dan bisa dinikmati dengan baik.

Peran AC mobil yang sangat penting tersebut mau tidak mau harus membuat pemilik atau penggunanya bisa merawat AC mobil dengan baik agar tidak timbul masalah apapun pada AC mobil, baik itu pada komponen penting, kelistrikan, atau bagian yang lainnya karena jika satu saja komponen rusak maka komponen AC mobil yang lainnya juga bisa rusak. Dengan kata lain, kerusakan pada satu bagian akan menyebar ke bagian AC mobil yang lain jika kerusakan tidak segera diketahui atau segera diperbaiki.

Lihat Juga :

Apa itu Kompressor AC Mobil?

Kompressor AC mobil merupakan salah satu komponen penting yang ada pada AC mobil. Komponen penting lain pada kompressor AC mobil adalah kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator.

Perlu diketahui jika kompressor merupakan komponen utama AC mobil yang yang memiliki cara kerja sederhana yaitu menghisap gas freon dari evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur yang rendah. Jika sudah melewati proses tersebut, gas freon akan disalurkan menjadi bentuk cair yang memiliki tekanan dan temperatur yang kemudian akan berlanjut ke bagian komponen kondensor AC mobil.

Apa Fungsinya Kompressor AC Mobil?

Setelah mengetahui apa itu kompressor AC mobil dan cara kerja yang dimiliki, ketahui juga fungsi yang dimiliki oleh kompressor AC mobil. Kompressor AC mobil ini berfungsi untuk mensirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon. Fungsi kompressor yang baik tersebut didukung dengan adanya oli khusus yang berfungsi sebagai pelumas sehingga kompressor bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Masalah Apa Saja yang Bisa Terjadi Pada Kompressor AC Mobil?

Kalau Kompressor Bermasalah apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Tidak sedikit masalah yang bisa dialami oleh setiap komponen AC mobil. Begitu juga dengan kompressor yang bisa saja bermasalah sehingga memberikan dampak tertentu pada AC mobil. Jika sudah begini maka kinerja AC mobil menjadi berkurang.

Salah satu masalah yang bisa memberikan dampak pada AC mobil adalah AC mobil menjadi kurang dingin. Namun jika kerusakan yang dialami oleh kompressor sudah parah maka dampak akan sangat terasa yaitu AC mobil sama sekali tidak akan terasa dingin. Selain itu, kompressor bermasalah juga bisa membuat AC mobil kadang panas kadang dingin. Dampak yang paling mengganggu dari kerusakan kompressor adalah adanya bunyi berisik ketika AC mobil menyala. Keadaan ini kadang juga terjadi meskipun AC terasa tetap dingin.

Ketika kompressor tidak dirawat maka kasus yang sering terjadi adalah kompressor macet yang disebabkan oleh kekurangan oli. Selain kekurangan oli, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh kompressor yang sudah aus dan tanda yang bisa terlihat adalah adanya bunyi kasar.

Begini Caranya Mencegah Kompressor AC Mobil Bermasalah

Cara paling ampuh adalah …

Cegah kompressor AC mobil bermasalah dengan service rutin.

Jika melihat banyak sekali masalah yang bisa berdampak pada AC mobil maka sebaiknya lakukan perawatan untuk mencegah hal-hal tersebut. Lakukan pencegahan agar kompressor tidak bermasalah dengan cara melakukan service rutin AC mobil. Ketika melakukan service secara rutin maka tak hanya kompressor, komponen penting lain pada AC mobil juga akan lebih terawat dan terjaga.

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara mencegah kompressor AC mobil bermasalah.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.