Kenyamanan saat berkendara bukan hanya meningkatkan konsentrasi pengemudi, melainkan juga menjadi nilai plus bagi penumpang mobil lainnya. Kenyamanan dalam berkendara ini dapat diwujudkan dengan berbagai cara, mulai dari kursi jok yang nyaman, kabin yang luas, kebersihan mobil, hingga fasilitas pendukung seperti AC mobil.

Sayangnya, tak semua pemilik mobil memperhatikan fasilitas pendukung dalam mobil, sebut saja AC mobil yang sering diabaikan kondisinya. Padahal. Merawat AC mobil adalah hal paten jika Anda ingin mobil tetap nyaman. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunjungi bengkel AC mobil Banten secara berkala.

bengkel ac mobil banten

Baca juga: Pake Mobil Listrik Bebas Ganjil-Genap Kayak Pejabat!

Tips Merawat AC Mobil Agar Awet

Selain melakukan service AC secara rutin, ada beberapa tips merawat AC yang bisa Anda lakukan agar AC tetap dingin dan awet. Beberapa tips tersebut, antara lain :

  1. Menggunakan Pewangi Mobil Berkualitas

Selain dingin, mobil yang bebas bau memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Untuk itu, banyak pemilik mobil yang menambahkan pewangi pada armada kesayangannya. Pewangi ini dapat meminimalisir bau tak sedap dari kotoran, bau sepatu, atau bau akibat efek udara dari luar.

Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas pengharum yang digunakan jika memang ingin AC bekerja maksimal. Pasalnya, pengharum yang kurang berkualitas dapat menyebabkan evaporator AC kotor dan sulit dibersihkan. Jika sudah demikian, udara AC tidak bisa mengalir sepenuhnya sehingga pertukaran udara panas dan dingin pun tak bisa maksimal. Selain itu, evaporator yang kotor juga menghambat penyemprotan udara dingin yang mengandung freon sehingga mungkin hembusan AC akan terasa lebih panas dibanding biasanya.

  1. Perhatikan Usia Part AC

Memperhatikan usia part atau komponen AC bukan perkara mudah. Anda tak bisa melakukan hal ini sendirian. Oleh karena itu, Anda perlu mengunjungi bengkel AC mobil Banten untuk mengetahui usia part AC mobil Anda. Teknisi akan dengan senang hati menjelaskan bagian mana saja yang perlu diganti sekarang juga dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti spare part lain yang sudah mendekati aus.

  1. Parkir di Tempat Sejuk

Tujuan utama AC adalah menjaga udara dalam mobil tetap sejuk. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda memarkir mobil di tempat yang terlindung dari matahari. Memarkir mobil di tempat yang terpapar sinar matahari akan membuat udara dalam kabin mobil terlalu panas sehingga Ac bekerja terlalu berat ketika baru dinyalakan.

Jangan Merokok di Dalam Mobil

Sama halnya dengan pengharum mobil yang kurang berkualitas, residu yang berasal dari asap rokok juga dapat menyebabkan evaporator AC kotor. Jadi, jangan sekali-kali merokok di dalam mobil meskipun kondisi AC mati.

  1. Service Secara Berkala

Sama halnya dengan mesin mobil, AC juga perlu dibawa ke bengkel secara berkala untuk menjaga agar kinerjanya tetap maksimal. Anda perlu mengganti oli AC setiap speedometer menunjukkan angka 20ribu KM. Selain itu, setiap 6 bulan atau 10 ribu KM jarak tempuh, filter kabin harus dicek kondisinya. Lakukan pula pengecekan seluruh komponen AC secara rutin 1 tahun sekali dan pengecekan komponen dalam seperti evaporator serta kompresor setiap 2 tahun sekali.

  1. Periksa Putaran Ekstra Fan

Saat ini, banyak AC yang menggunakan ekstra Fan untuk membantu kinerja kondensor. Sayangnya, ekstra fan ini seringkali mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, periksa ekstra fan setiap akan dan setelah berpergian jauh agar udara yang dikeluarkan AC tetap dingin.

  1. Gunakan Filter Kabin

Filter kabin diperlukan agar debu yang berada dalam kabin tersaring sehingga evaporator AC tak mudah kotor. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda memasang filter kabin dan memeriksa kebersihannya setiap 6 bulan sekali di bengkel AC mobil Banten. Selain itu, jagalah kebersihan kabin mobil untuk memperpanjang masa pakai filter kabin.

  1. Jangan Buka Jendela Saat AC Menyala

Terkadang Anda mungkin refleks membuka jendela mobil ketika menemui sesuatu yang menarik atau menyapa orang lain. Namun, hal ini harus diwaspadai ketika AC dalam kondisi menyala. Pasalnya, membuka kaca mobil akan menyebabkan udara kotor ikut masuk sehingga filter kabin bekerja lebih berat. Selain itu, saat membuka jendela udara panas akan ikut masuk sehingga kompresor dan evaporator harus bekerja lebih ekstra untuk menjaga udara tetap dingin.

  1. Jarang Menggunakan AC

Banyak orang yang beranggapan jika jarang menggunakan AC akan memperpanjang masa pakai AC. Namun, pada nyatanya tak demikian. Jarang menggunakan AC justru membuat selang AC kering sehingga tak bekerja maksimal begitu AC digunakan.

  1. Mematikan AC sebelum Mematikan Mesin Mobil

Sebelum mematikan AC, Anda harus mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Tujuannya, agar tak terjadi hentakan pada magnetic clutch yang kemudian mempengaruhi umur AC. Hal yang sama juga berlaku ketika mesin pertama kali dinyalakan. Jika mesin dinyalakan pada saat AC menyala, maka hentakan listrik terjadi sangat kuat sehingga tak hanya mempengaruhi kinerja AC, tapi juga mesin mobil.

  1. Mengecek RPM Mobil

AC dan komponen mobil lainnya ibarat organ yang saling bekerja sama. Oleh karena itu, kondisi AC dan komponen lainnya juga saling berkaitan, Misalnya saja putaran RPM yang berpengaruh pada kualitas AC. Jadi, lakukan pengecekan RPM mobil secara berkala.

Cara Tepat Merawat Kebersihan AC

Kebersihan AC adalah hal utama yang harus diperhatikan agar Anda ingin AC bekerja optimal dan awet. Selain menjaga kebersihan AC dengan cara membersihkan secara berkala di bengkel AC mobil Banten, sebenarnya Anda juga bisa melakukan perawatan manual sendiri di rumah. Caranya, cuci kabin dan mobil secara teratur. Saat mencuci mobil, buka kap mesin dan kucurkan air pada kondensor air yang bentuknya mirip radiator. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan debu, pasalnya debu yang mengeras di kondensor akan menyebabkan korosi dan kerusakan AC.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan perawatan ekstra jika Anda kerap menggunakan mobil perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan belt, selang, dan oli AC tergantung pada jarak tempuh mobil. Semakin sering mobil digunakan, maka service AC berkala juga harus semakin sering dilakukan.

Perawatan ekstra juga diperlukan jika Anda kerap berkendara di jalan dengan tingkat polusi tinggi. Pasalnya, tingkat polusi yang tinggi menyebabkan AC lebih cepat kotor sehingga mempengaruhi kinerjanya.

Itulah tadi beberapa cara untuk menjaga AC tetap awet dan dingin. Perhatikan hal-hal tersebut dengan seksama untuk mencegah kerusakan parah pada AC. Lantas, bagaimana jika AC sudah terlanjur bermasalah?

Solusi  tepat jika AC sudah menunjukkan masalah adalah dengan segera mengunjungi bengkel AC mobil Banten. Jelaskan dengan rinci masalah AC mobil Anda sehingga teknisi bisa mengatasi masalah dengan lebih cepat. Jangan lupa pula untuk melakukan cek lengkap usai melakukan service. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerusakan AC yang merembet pada komponen lain sehingga Anda menyadari kerusakan tersebut sebelum menimbulkan masalah berarti.