Koleksi Mobil Antik? Nih, Tips Merawat Mobil Antik yang Perlu Kita Tahu!

bengkel AC mobil Cibubur

Share :

Punya Mobil Antik Adalah Kebanggaan Sendiri Untuk Banyak Orang, Apa yang Membedakan Mobil Antik dengan Jenis Mobil Lainnya?

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan untuk berpergian baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Banyak orang memilih untuk berpergian menggunakan mobil karena kenyamanan yang ditawarkan daripada kendaraan umum. Berpergian dengan mobil juga jauh lebih aman daripada kendaraan umum mengingat banyaknya kasus kriminalitas yang terjadi. Berbagai jenis mobil pun juga bisa didapatkan dengan harga yang beragam dan kita bisa memilihnya sesuai budget. Mobil sendiri sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu di mana mobil dulunya sering digunakan oleh para bangsawan. Seiring dengan berjalannya waktu, harga mobil pun lebih terjangkau dan banyak orang yang bisa membelinya. Tentunya sebagai pemilik mobil kita juga perlu melakukan service mobil secara berkala agar kondisi sparepart mobil lebih terjaga. Tidak ada salahnya untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cibubur untuk mendapatkan service mobil dari teknisi yang profesional pula.

bengkel AC mobil Cibubur

Baca juga: Pecinta Mobil Antik? Nih Daftar Mobil Antik Termahal di Dunia

Mobil Antik Juga Perlu Dirawat dengan Telaten, Berikut Tips Merawat Mobil Antik yang Perlu Kita Tahu!

Berbagai mobil pun bisa kita dapatkan dan salah satunya ada mobil antik. Mobil antik tentunya berbeda dengan jenis mobil lainnya mengingat mobil ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu, setidaknya sejak 100 tahun lalu. Perawatan untuk mobil antik pun tidak boleh sembarangan karena sparepart mobil antik bukan hal yang mudah untuk kita ditemukan, tidak seperti mobil mainstream zaman sekarang.

Loh, lalu bagaimana cara perawatan mobil antik yang tepat, selain perawatan AC mobil-nya dengan membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cibubur? Nah, berikut adalah beberapa langkah untuk merawat mobil antik yang perlu kita ketahui:

  • Membersihkan mobil secara teratur

Kebersihan adalah salah satu hal yang tidak boleh terlupakan dalam perawatan mobil. Ketika mobil kotor, tentunya hal ini akan menyebabkan banyak permasalahan pada mobil seperti mobil yang tiba-tiba mogok dan berarti perjalanan pun akan terganggu. Untuk membersihkan mobil antik pun tidak sesulit apa yang dibicarakan, salah satunya saja bisa kita bersihkan dengan vacuum cleaner. Hindari mencuci mobil antik dengan deterjen karena hal ini akan memicu rusaknya berbagai furnitur mobil terutama pada bagian jok. Selain itu, sebaiknya kita menggunakan sabun yang memang khusus untuk cuci mobil agar tidak merusak cat mobil itu sendiri. Itu soal body, mobil. Kalau soal AC Mobil, tidak salahnya untuk memercayakan service AC mobil ke bengkel AC mobil Cibubur untuk mendapatkan pelayanan dari teknisi profesional.

  • Menggunakan cover jok

Mengingat usia mobil antik yang sudah tua, tentunya kita juga perlu lebih berhati-hati dalam perawatannya. Tidak ada salahnya untuk mengganti jok mobil secara berkala apabila jok mobil antik memang sudah bermasalah, meskipun baru robek kecil sekalipun. Selain mengganti jok mobil secara berkala, kita juga bisa menggunakan cover jok yang memang berfungsi melindungi jok dari segala kerusakan. Tebalnya cover jok juga mampu melindungi mobil antik kesayangan dari berbagai kotoran sehingga kebersihan mobil tetap terjaga. Adanya cover jok juga berfungsi untuk meminimalisir jahitan mobil yang mudah lepas.

  • Mengecat ulang mobil

Perlu kita ingat jika bagian eksterior mobil juga perlu dirawat, terutama untuk mobil antik yang memang sudah berusia ratusan tahun. Untuk merawat eksterior mobil pun tidak sulit karena kita bisa menggunakan compound mobil. Compound inilah yang membuat eksterior mobil lebih mengkilap dan dengan kata lain mobil kesayangan tidak akan terlihat usang.

  • Menggunakan sarung mobil

Meskipun kelihatannya sepele, sarung mobil juga mampu memberikan perlindungan maksimal untuk mobil antik kesayangan. Sarung mobil ini berfungsi untuk melindungi mobil antik dari panas ataupun hujan sehingga cat mobil lebih terjaga dan tidak mudah retak. Bukan hanya itu saja, sarung mobil juga melindungi cat mobil antik dari berbagai kotoran baik kotoran burung ataupun debu di jalanan. Ada baiknya kita memilih cover mobil yang memang tebal sehingga mobil antik bisa terlindungi secara maksimal.

  • Membaca buku manual

Sama halnya dengan cover mobil, buku manual adalah salah satu hal yang sering disepelekan oleh para pemilik mobil. Justru hal inilah yang membuat mobil antik sering rusak dan menyebabkan biaya service mobil membengkak karenanya.

Maka dari itu, ada baiknya kita membaca buku manual dari mobil antik kesayangan sehingga paham betul sparepart apakah yang memang perlu dijaga dengan baik untuk meminimalisir berbagai kerusakan pada mobil. Apalagi kalau kerusakannya pada bagian AC mobil. Tidak ada salahnya untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil terpercaya seperti bengkel AC mobil Cibubur agar mendapatkan pelayanan service yang berkualitas.

  • Memperhatikan kondisi ban mobil

Ban mobil adalah salah satu sparepart mobil yang perlu diperhatikan kondisinya agar perjalanan kita bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai ban mobil kesayangan sudah tipis dan justru kita tetap nekat mengendarainya karena hal ini akan membahayakan diri sendiri. Ban mobil yang terlalu tipis akan menyebabkan mobil mudah tergelincir dan berisiko mengalami kecelakaan. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan kondisi velg ketika hendak berpergian. Velg yang bermasalah juga akan mengganggu perjalanan dan pastinya menyebabkan perjalanan kita menjadi kurang aman.

  • Rutin mengecek kondisi kabel mobil

Kabel mobil adalah salah satu sparepart mobil yang rentan rusak, baik pada mobil antik ataupun mobil baru. Kabel mobil yang bermasalah pun bentuknya bisa bermacam-macam, misalnya saja kabel mobil yang putus ataupun mengelupas. Kondisi kabel mobil inilah menyebabkan perjalanan kita terganggu dan bisa terlambat ke meeting. Untuk itulah kita perlu mengecek kondisi kabel mobil secara berkala, slalah satunya dengan rutin mengganti ring mobil. Jangan sampai ring mobil sudah berkarat dan suara mobil menjadi kasar karenanya.

  • Mengganti karet penyangga secara berkala

Karet penyangga adalah sparepart mobil lainnya yang perlu diperhatikan sebelum berpergian. Ketika karet penyangga bermasalah maka mesin mobil pun akan terkena dampaknya. Bahkan bisa jadi air hujan akan mudah masuk ke dalam mobil dan menyebabkan sparepart mobil lainnya mudah berkarat dan berarti harus segera menggantinya dengan yang baru. Untuk mengetahui karet penyangga bermasalah pun cukup mudah, yaitu mesin mobil yang mulai berdesing atau tersendat yang berarti perjalanan kita pun menjadi tidak nyaman.

  • Mengganti oli dengan rutin

Oli merupakan salah satu komponen mobil yang mempengaruhi kinerja mesin dan apabila suatu mobil kekurangan oli maka mobil akan sering macet. Sebaiknya kita mengganti oli mobil tiap 2,500 kilometer sekali untuk meringankan beban kinerja mesin mobil dan mengurangi tingkat emisi mesinnya. Selain  itu, sebaiknya menggunakan oli dengan kekentalan SAE 10-40W atau 15-40W untuk menjaga kondisi mesin.

Nah, bagaimana? Merawat kondisi mesin antik bukanlah hal yang susah kan? Selain merawat mobil antik dengan cara di atas, kita perlu rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cibubur agar mendapatkan service mobil berkualitas. Yuk, lebih rutin merawat mobil mulai dari sekarang!

Share :

No comment

Leave a Reply