fbpx

Hal-hal yang Harus Dilakukan Supaya Mobil Matic Berumur Panjang

Bengkel AC mobil palangkaraya karya tim meyer

Hai #SahabatRotary

Dunia otomotif selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya, seperti yang terjadi pada mobil. Di tahun 2019 ini mobil dengan transmisi otomatis lebih banyak digemari daripada mobil dengan transmisi manual. Tidak peduli di ibukota ataupun di daerah termasuk palangkaraya. Nah karena itu buat awal kita perlu garis bawahi mau mobil matic ataupun manual perlu dikasih perhatian sama AC mobilnya. Nah buat yang tadi disebut di palangkaraya, segera merapat ke bengkel AC mobil Palangkaraya.

Mobil dengan transmisi otomatis atau lebih dikenal dengan mobil matic lebih digemari karena mobil jenis ini lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan mobil dengan transmisi titik utamanya untuk para pemula yang baru bisa mengemudikan kendaraan roda empat. Seiring dengan berkembangnya produksi city car, populasi mobil matic di jalanan dapat kita jumpai dengan mudah.

Sebagai pemilik mobil matic, Kita harus mengerti tentang bagaimana cara merawatnya serta kerusakan kerusakan apa saja yang biasanya terjadi pada mobil jenis ini. Terdapat banyak perbedaan antara mobil matic dengan mobil transmisi manual. Masalah pada mobil matic pun sangat beragam. Apa saja sih masalah yang sering terjadi pada mobil matic?

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mengenal permasalahan umum yang terjadi pada mobil matic

Perlu kita ketahui bahwa dalam beberapa jenis gigi. Yang pertama dilambangkan dengan huruf d. Ini digunakan untuk berkendara secara umum, dan dapat mencapai kecepatan atau transmisi tertinggi saat berkendara. Jadi ke 2 pada mobil matic dilambangkan dengan huruf p. Biasanya gigi ini digunakan untuk menghentikan mobil ketika dalam kondisi terparkir. Gigi ketiga yang selalu ada pada tuas mobil matic yang dilambangkan dengan huruf r digunakan untuk berjalan mundur. Terdapat pula dua buah angka yaitu angka 1 dan angka 2. kedua angka tersebut menunjukkan bahwa transmisi hanya bisa mencapai pada tingkat pertama dan tingkat kedua saat diaktifkan.

  • Terasa hentakan saat berpindah gigi

permasalahan pertama yang biasanya terjadi pada mobil otomatis adalah perpindahan gigi terasa menghentak atau tidak sehalus biasanya. tindakan yang terjadi ini biasanya terasa ketika kita menginjak pedal gas dengan dalam. Masalah ini umum terjadi pada mobil otomatis, namun yang harus diwaspadai adalah ketika kita merasakan tendangan seperti ada yang mendorong mobil dari arah belakang. Jika sudah seperti ini, hal yang sebaiknya dilakukan adalah membawa mobil tersebut ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan dari ahlinya. Terlebih saat perpindahan tuas gigi masih terasa halus.

  • Getaran yang aneh saat berkendara

Umumnya mobil akan terasa halus saat sedang berjalan, apalagi untuk mobil yang masih baru. Mobil terasa lebih prima saat sedang dikendarai. Ketika mesin sedang bekerja, umumnya mobil memang mengalami getaran halus. Namun, jika getaran yang dirasakan sudah tidak wajar dan seperti mobil mengalami tremor, kita wajib curigai ada yang tidak beres pada mobil matic yang kita miliki titik kerusakan umum yang mengakibatkan getaran yang tidak wajar pada mobil matic yaitu hausnya kampas kopling.

Bengkel AC mobil palangkaraya karya tim meyer

  • Tuas gigi sulit dipindahkan

Masalah pada mobil matic yang ketiga yaitu sulitnya memindahkan tuas gigi dari mode 1 ke mode lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh pedal rem tidak dapat menyentuh switch pada rem. untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan pengaturan kembali pada jarak antara pedal dengan switch supaya tidak terlalu jauh. Sulitnya memindahkan tuas gigi juga bisa disebabkan oleh tersangkutnya tuas tersebut. 

ketika kita sudah mengalami hal ini berulang kali dan merasa terganggu, sebaiknya kita membawa mobil kita ke bengkel untuk mendapatkan perawatan dan service yang seharusnya. Hal ini juga perlu dilakukan agar kerusakan mobil tidak begitu parah yang nantinya dapat mengakibatkan pembengkakan biaya servis atau biaya perbaikan.

  • Perpindahan gigi tidak mengikuti perpindahan tuas

masalah mobil matic ini masih ada kaitannya dengan masalah sebelumnya yaitu tuas gigi sulit untuk dipindahkan. Perbedaannya adalah pada kasus ini tuas gigi dapat dipindahkan, namun fungsi gigi yang seharusnya tidak dapat bekerja dengan baik. Penyebab utamanya yaitu terletak pada gearbox, bisa saja terjadi kabel yang putus atau mengelupas. Untuk melakukan perbaikan sebaiknya dilakukan oleh profesional.

  • Mobil sulit dipindahkan ke gigi mundur

Masih berkaitan dengan perpindahan gigi pada mobil matic masalah yang berikut ini adalah mobil matic sulit untuk dipindahkan ke gigi mundur. namun fungsi gigi yang lain seperti berjalan normal dan Gigi parkir masih bisa digunakan. Penyebab yang umum terjadi pada kasus seperti ini adalah akibat dari kerusakan sistem mekanik transmisi. 

  • Mobil berdengung

kita harus mengenali mobil kita sendiri saat prima supaya ketika terjadi hal-hal yang tidak wajar kita dapat segera menyadarinya. begitu pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh mobil kita ketika masih sehat tentu saja berbeda dengan suara mobil ketika mengalami kerusakan atau ada bagian yang tidak beres. Salah satu ciri permasalahan mesin pada mobil matic yaitu mengeluarkan suara dengungan ketika dikendarai.

dengungan pada mobil matic biasanya diakibatkan oleh kurangnya pelumas pada komponen-komponen di dalam mesin sehingga menyebabkan komponen tersebut saling bergesekan satu sama lain dan menyebabkan bunyi. jika dibiarkan suara yang timbul akan semakin keras serta komponen dalam mesin menjadi aus. Hal ini berbahaya bagi mobil dan juga pengendaranya.

  • Jangan melakukan ini supaya mobil matic tidak mudah rusak

untuk mencegah kerusakan atau masalah pada mobil matic sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya dihindari atau tidak dilakukan pada mobil matic.

Ketika menuruni Jalan hindari memindahkan transmisi pada posisi netral. Sebagian orang berpendapat bahwa melakukan hal ini dapat mengurangi pembakaran bahan bakar pada mesin. alih-alih mengirit bahan bakar melakukan perpindahan transmisi ke posisi netral ketika jalanan menurun justru membuat mobil matic menjadi mudah rusak. sebab perpindahan dari netral menuju posisi gigi D atau berjalan normal harus dilakukan ketika mobil berjalan. Hal inilah yang rawan menyebabkan kerusakan atau masalah pada mobil matic terutama bagian transmisi.

  • Memindahkan Gigi saat berjalan

telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa memindahkan Gigi saat mobil dalam keadaan berjalan dapat mengakibatkan kerusakan pada transmisi. sebaiknya kita melakukan pengereman dan memastikan mobil berhenti sebelum kita berpindah transmisi misalnya dari D menuju netral atau dari D menuju gigi R untuk mundur.

  • Memindahkan transmisi ke posisi p saat mobil masih berjalan

kerusakan yang umum terjadi pada mobil matic biasanya seputar transmisi atau Gigi. Sebenarnya, hal ini bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan baik saat berkendara. Kita harus memastikan bawa mobil benar-benar berhenti sebelum kita memindahkan transmisi dari posisi d ke posisi p untuk parkir. 

Merawat mobil memang ada seninya, terutama untuk masalah pada mobil matic. Mobil matic sangat nyaman dikendarai karena kita tidak perlu memindahkan secara manual. kita harus memastikan bahwa kita menggunakan mobil dengan cara yang baik dan tidak memaksanya bekerja lebih keras dengan kebiasaan buruk kita dalam berkendara. pastikan juga bahwa kita selalu melakukan perbaikan dan servis di bengkel bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan yang terbaik dari ahlinya.

Setelah semua urusan matic itu kembali lagi kita ingatkan. Perhatikan perawatan AC mobil nya ya khusus yang di Palangkaraya, merapat ke Bengkel AC mobil palangkaraya terdekat. Iya bener, Bengkel AC mobil palangkaraya Anda tidak salah baca.

Senang bisa berbagi.

Pastri bermanfaat.

Blog

Bengkel AC mobil banjarmasinBengkel AC mobil palangkarayaBengkel AC mobil pangkalpinangBengkel AC mobil samarindaBengkel AC mobil tanjungselor

Leave a Reply