Punya Mobil Juga Harus Sering Dirawat, Perhatikan Jika Sparepart Mobil Mulai Bermasalah!

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan ketika berpergian, baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Banyak yang memilih untuk menggunakan mobil karena banyak alasan, misalnya saja karena faktor keamanan dan juga kenyamanan. Adanya AC mobil membuat kita semakin nyaman ketika berpergian menggunakan mobil karena suhunya yang terjaga tetap dingin sekalipun untuk jarak jauh. Tentunya kita juga perlu mengecek kondisi mobil terlebih dahulu ke bengkel mobil terdekat sebelum berpergian jarak jauh supaya perjalanan bisa berjalan lancar dan jauh dari berbagai masalah ketika berpergian. Berbagai sparepart mobil yang perlu dicek bukan hanya bagian mesin, namun juga pada bagian AC mobil. Meskipun AC mobil mampu membuat kita nyaman selama perjalanan, sparepart mobil satu ini juga rentan rusak sehingga kita perlu rutin membawanya ke bengkel AC mobil Serpong.

Ketika AC mobil bermasalah, perjalanan kita tidak hanya menjadi gerah namun juga bisa menyebabkan kerusakan pada sparepart lainnya. Kerusakan sparepart mobil yang menumpuk pun akan berujung pada mobil yang mogok. Tentu saja hal ini sangat fatal akibatnya. Mengecek kondisi mobil terlebih dulu sebelum berpergian memang sudah seharusnya kita lakukan. Karenanya, sudah menjadi tanggungjawab kita untuk melakukan service mobil dengan rutin agar mobil siap digunakan untuk berpergian kapan saja.

bengkel AC Mobil Serpong

Baca juga: Ternyata Cat Mobil Bisa Mudah Rusak Karena Faktor Ini!

Berencana Untuk Berpergian Jarak Jauh? Cek Dulu Kondisi Ban Mobil, Kenali Tanda Ban Mobil Bermasalah Ini!

Selain rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan service mobil, kita juga bisa mengecek kondisi mobil secara mandiri, lho! Kalau kita memang tidak mengerti tentang mesin mobil, seperti AC mobil, misalnya, sebaiknya memang kita serahkan ke teknisi berpengalaman agar mobil mendapatkan service yang memang dari ahlinya. Namun, masih ada sparepart mobil lainnya yang bisa dicek sendiri, contohnya, ban mobil.

Seperti yang kita tahu, ban mobil adalah salah satu sparepart yang juga berfungsi penting supaya mobil bisa melaju dengan lancar di jalan. Layaknya AC mobil yang perlu dicek dengan rutin ke bengkel AC mobil Serpong, kita juga perlu mengecek ban mobil dengan rutin terlebih jika mobil sudah menunjukkan ciri-ciri tidak nyaman untuk digunakan.

Memangnya apa saja, sih, permasalahan yang biasa terjadi pada ban mobil? Nah, daripada tambah penasaran, berikut adalah beberapa contoh beberapa permasalahan ban mobil yang bisa dialami oleh siapa saja:

  • Ban mobil yang sudah tidak elastis

Layaknya kulit kita, ban mobil juga bisa menjadi kurang elastis bahkan kehilangan keelastisannya sama sekali jika terlalu sering dipakai. Intensitas pemakaian mobil bukanlah satu-satunya penyebab keelastisan ban mobil menghilang, namun karena kita juga malas melakukan service mobil ke bengkel mobil terdekat. Sebuah ban mobil biasanya mulai berkurang tingkat keelastisannya ketika sudah mencapai usia 3 tahun dan kita perlu segera menggantinya. Beberapa tanda yang ditunjukkan oleh ban mobil yang sudah mengeras ini adalah mobil yang tidak nyaman untuk dikendarai.

  • Ban mulai gundul

Mobil yang sering dipakai bukan hanya menyebabkan ban mobil mengeras namun juga bisa menyebabkan ban mobil tersebut menjadi gundul. Siapa sangka jika ban mobil juga bisa menggundul layaknya pria yang menua? Kondisi ban yang menggundul ini biasanya disebabkan pemakaian ban yang terlalu lama, kurang lebih selama 3 tahun. letak kegundulan antara satu ban mobil dengan ban lainnya pun bisa berbeda-beda, misalnya saja ada ban mobil yang gundul di tengah, pinggir, dalam, atau bahkan luar ban. Ketika ban mobil sudah menggundul, maka kita perlu segera menggantinya sebelum perjalanan menjadi tidak nyaman dan bisa jadi mencelakakan pengemudi serta penumpang.

  • Timbulnya benjolan di mobil

Siapa bilang jika hanya mahluk hidup yang bisa memiliki benjolan? Ternyata ban mobil juga bisa benjol apabila kitaΒ  malas melakukan service mobil, lho! benjolan pada mobil ini biasanya muncul karena anyaman benang ataupun kawat penguat ban yang putus. Kondisi ini tentunya menandakan jika ada yang tidak beres dengan ban mobil dan kita perlu segera menggantinya di bengkel mobil terdekat. Benjolan di mobil ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja karena tekannan angin pada ban yang kurang.

Ban Mobil Perlu Segera Diganti Ketika Sudah Bermasalah, Berikut Rekomendasi Ban Mobil Terbaik!

Setelah tahu masalah-masalah apa saja yang dapat menyerang ban mobil kita, harusnya sekarang ini kita sudah bisa lebih aware dengan kondisi roda-roda ini, yah!

So, layaknya AC mobil yang perlu segera dibawa ke bengkel AC mobil Serpong ketika menunjukkan berbagai gejala kerusakan, kita juga perlu segera ke bengkel mobil terdekat apabila ban mobil sudah menunjukkan gejala yang disebutkan barusan. Tapi, tidak perlu khawatir karena kita juga bisa mengganti ban mobil sendiri apabila punya beberapa peralatannya, seperti dongkrak. Kita juga perlu beli ban mobil yang berkualitas agar ban mobil tidak mudah rusak lagi di kemudian hari.

Bingung ban mobil apa yang bagus? Nih, berikut adalah beberapa rekomendasi ban mobil terbaik yang bisa didapatkan di toko ban ataupun bengkel mobil terdekat:

  • Bridgestone

Bagi kita yang sudah sering berburu ban mobil, pastilah sudah tidak asing lagi dengan nama Bridgestone. Brand yang satu ini merupakan salah satu brand ban terbaik di dunia yang terkenal akan kualitasnya dan dijamin kita tidak akan kecewa dengan kualitasnya. Berbagai jenis ban mobil pun ditawarkan oleh Bridgestone, misalnya saja ada Bridgestone New techno 155/80 R12, Bridgestone Ecopia EP150 165/80 R13, Bridgestone Turanza AR-20 T 195/70R14, dan lain-lain.

Bagaimana dengan harga ban mobil keluaran Bridgestone ini? Layaknya kita bisa memilih service AC mobil apa yang diinginkan dari bengkel AC mobil Serpong, harga ban mobil Bridgestone ini juga beragamΒ  dan bisa didapatkan mulai harga Rp 300.000,-

  • Dunlop

Dunlop adalah brand ban mobil yang dikenalakan kualitasnya, terlebih ban ini memang unggul pada kehalusan compound dan daya redamnya yang sempurna. Bukan hanya itu saja, ban mobil keluaran Dunlop ini juga dikenal akan daya cengkramnya yang baik sehingga akan membuat kita aman berkendara kapan saja. berbagai ban mobil Dunlop pun bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 300.000,-

  • GT Radial

GT Radial juga merupakan salah satu brand yang sudah dikenal baik di tanah air karena kualitasnya yang memuaskan konsumennya. Banyak orang yang memilih GT radial karena harganya yang jauh lebih murah daripada brand ban mobil lainnya. kualitas ban GT Radial yang memuaskan inilah yang membuat banyak pembalap sering menggunakannya untuk pertandingan, drifting, ataupun slalom.

Menarik, kan, ban mobil yang disebutkan barusan? Jangan lupa… Ketika beli ban mobil pun kita sebaiknya mempertimbangkan ban mobil mana yang memang sesuai dengan budget. Jangan sampai karena beli ban mobil, kita akan kehabisan budget untuk melakukan service mobil, atau service bagian mobil lainnya, seperti service AC mobil secara berkala.

Kalau mau service AC Mobil, tentunya kita bisa langsung cus ke bengkel AC mobil Serpong. Jangan anggap remeh service. Bukannya mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati? Yuk, rajin cek kondisi mobil kita!