Bengkel BMW : Ternyata Servicenya Ga Susah Saat Corona

Bengkel Perbaikan : Mobil Bekas Bebas Corona

Share :

Hai #SahabatRotary pelanggan bengkel BMW

Di tengah pandemi corona atau Covid-19, bengkel mobil mengalami penurunan jumlah konsumen sampai berkurangnya omzet. Agar tidak terlalu anjlok, sejumlah bengkel MBW putar otak untuk mengatasinya.

Bengkel BMW tetap buka melayani pelanggan, namun dengan penambahan ketentuan seperti yang disyaratkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  Penambahan ketentuan tersebut yaitu dengan penambahan SOP (Standar Operasional Prosedur). Seperti penyemprotan disinfektan pada mobil sebelum dan sesudah servis, cek suhu pelanggan, dan penyemprotan disinfektan di area yang sering kontak dengan pelanggan, serta semua tim wajib memakai masker.

Jumlah konsumen yang melakukan servis di bengkel BMW telah mengalami penurunan sejak April 2020. Untuk mensiasati hal tersebut, layanan servis ke tempat konsumen turut disediakan.

Layanan mobile / home service, saat ini cukup banyak peminatnya. Tetapi apabila dibandingkan dengan servis di bengkel, jumlahnya masih sekitar 10 persen. Ketentuan layanan mobile / home service ini yaitu jarak maksimal 10 km dari bengkel BMW terdekat . Selain itu, kalau servis dengan biaya di atas Rp 600.000,00 gratis biaya mobile service. Apabila kurang dari Rp 600.000,00 ada charge berdasarkan jarak mobile service ke bengkel. Selain layanan servis di rumah, ada juga pemilik mobil yang melakukan perawatan dengan cara menitipkan kendaraan di bengkel.

Biasanya ada beberapa pemilik yang meninggalkan mobilnya, dan diambil kalau sudah selesai, termasuk nanti disemprotkan disinfektan.

Untuk menambah pemasukan, Rasim juga berjualan onderdil mobil secara online. Terlebih bengkel tersebut merupakan salah satu rujukan beberapa komunitas Chevrolet di Jakarta. Banyak orang yang mencari ke sini, tapi sekarang orang agak males karena pandemi corona ini, jadi kami kirim lewat paket.

Itu dia penjelasan keadaan saat ini dari bengkel mobil di Jakarta umum.


Menghadapi keadaaan saat ini bengkel mobil di Jakarta BMW melakukan banyak inovasi …

Pertama …

Hadapi Corona, BMW Berikan Layanan Home Service Hingga Sanitasi Gratis

BMW Group Indonesia melakukan sejumlah inovasi pelayanan terhadap konsumen untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia, BMW Group Indonesia Jodie O’Tania mengatakan sejumlah inovasi itu di antaranya adalah layanan home service dan penjemputan kendaraan BMW dan MINI.

“Layanan ini termasuk home-service dan penjemputan kendaraan BMW & MINI, Online Technical Update,” kata Jodie kepada Bisnis Rabu (1/4/2020).

Selain itu BMW juga memberikan layanan sanitasi gratis untuk setiap unit kendaraan baru saat dilakukan pengiriman, unit test-drive, dan setiap kendaraan yang melakukan servis di bengkel resmi.

Jodie juga mengatakan bahwa prosedur operasi standar baru tersebut dibuat untuk memastikan timnya, juga pelanggan bisa menikmati BMW maupun MINI mereka dengan nyaman serta di kondisi terbaik yang tak lupa ekosistem layanan yang terstruktur.

Sebelumnya, Vice President Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan pihaknya sudah menganalisa dari jauh-jauh hari soal dampak virus corona. Hasilnya dampak dari virus yang sudah memakan ribuan korban di dunia itu bisa diantisipasi.

“Sehingga antisipasi hasilnya bagus ketika Januari dan Februari malah justru tumbuh dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Kendati begitu, Jodie tetap meyakini bahwa virus corona dapat tetap berdampak terhadap penjualan BMW. Namun, menurutnya dampak tersebut belum banyak dirasakan oleh konsumen BMW.

“Kalau itu masih belum terlalu terdampak tapi pasti ada yang terdampak, karena memang pasti sekarang pelanggan BMW yang harus invest. Karena banyak perubahan di ekonomi. Kami masih belum melihat (dampak serius) karena bahwa pertumbuhan dari BMW masih tetap baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bengkel Avanza : Biaya yang Anda Butuhkan Untuk Service AC?

Selain itu …

Kedua …

BMW Astra Gratiskan Bahan Bakar Selama Pembelian April 2020

BMW Astra akan memberi bahan bakar senilai Rp20 juta secara gratis dan perpanjangan garansi untuk pembelian mobil BMW sepanjang April 2020.

Teguh Widodo, Operation Manager BMW Astra, mengatakan promo tersebut merupakan salah satu langkah BMW Astra untuk mendukung kampanye #DiRumahAja sesuai dengan imbauan pemerintah.

“Pada kondisi saat ini tentu kami prihatin dan meminta masyarakat untuk tetap di rumah supaya kita bersama dapat secepat mungkin melewati kondisi ini,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (6/4/2020).

Namun, lanjutnya, bagi sebagian masyarakat yang ingin membeli mobil baru atau merawat mobilnya, BMW Astra akan menyediakan layanan ke rumah pelanggan.

Teguh mengatakan bahwa BMW Astra memberikan bahan bakar gratis yang nilainya sampai Rp 20 juta dan bagi pembelian unit BMW mendapat extended warranty sampai 2 tahun selama April 2020.

Dia mengatakan bagi pelanggan yang ingin berkonsultasi, uji kendara, atau melihat unit di rumah, dapat menghubungi nomor Whatsapp BMW Astra, di 0815-5490-4960. Konsumen juga dapat mengakses BMW Astra melalui situs web.

Teguh menyampaikan bahwa saat ini BMW Astra menyediakan Mobile Service serta pembersihan sirkulasi udara secara gratis untuk BMW dan MINI hingga 20 Mei 2020. Ia juga menambahkan, untuk penjadwalan bisa dihubungi ke nomor 1-500-898 tekan 4.

Untuk setiap pembelian unit BMW Astra, konsumen mendapat garansi 3 tahun, 5 tahun gratis biaya perawatan yang termasuk suku cadang, perlindungan ban selama 2 tahun, dan keanggotaan Astra World selama 5 tahun dengan bantuan darurat 24 jam.

Ketiga …

Cegah Corona, Servis Gratis Saluran Udara BMW Astra Diperpanjang

BMW Astra memperpanjang program pembersihan sirkulasi udara mobil BMW hingga 20 Mei 2020 untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. Program ini tanpa dipungut biaya alias gratis ini semula direncanakan pada 9-31 Maret 2020. 

Dalam keterangan tertulis Tempo pada 21 Maret 2020, Fredy Handjaja selaku CEO BMW Astra mengucapkan terima kasih atas antusiasme positif yang diberikan pelanggan BMW Astra untuk bersama menjaga kesehatan dengan pembersihan saluran udara mobil di BMW Astra. Ia juga senang karena seluruh pelanggan BMW Astra memiliki rasa peduli yang tinggi dalam menjaga kebersihan juga kesehatan.

Hingga saat ini ada 526 mobil BMW dan MINI telah mendapat layanan pembersihan saluran udara secara gratis dari BMW Astra yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tambahnya.  BMW Astra, lanjut dia, ingin memberikan pengguna BMW dan MINI lain mendapatkan rasa aman dan nyaman yang sama.

Fredy juga menyampaikan kabar gembira bahwa program gratis pembersihan saluran udara BMW dan MINI diperpanjang sampai dengan 20 Mei 2020.

Layanan gratis pembersihan sirkulasi udara mobil ini bisa dilakukan dengan penjadwalan melalui 1-500-898 tekan 4.

Keempat …

Servis Mobil BMW Bisa Dilakukan Langsung di Rumah

Isuzu MU-X

Sebagai salah satu layanan untuk pemilik mobil premium, Astra BMW meluncurkan program Mobile Service untuk para pemilik BMW. Sebagai salah satu fasilitas yang disiapkan BMW Astra, BMW Astra Mobile Service ini memberikan kemudahan dan menjawab kebutuhan pelayanan atau juga merawat mobil pelanggan di rumah.

Layanan ini merupakan suatu bentuk penyempurnaan sebagai upaya mendampingi para pemilik mobil untuk memberikan rasa peace of mind. Selain itu, di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia, adanya layanan servis di rumah (home service) tentu dinilai penting oleh banyak pemilik mobil BMW. Seperti diketahui, kini masyarakat memang di himbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah sebagai salah satu upaya yang dapat mengurangi risiko tertular virus penyakit Covid-19.

Baca Juga :  Ulasan, Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan All New Honda BR-V

“Kita meluncurkan mobile service, untuk memberikan kemudahan pelanggan merawat kendaraan. Mereka butuh kehadiran kami di dalam setiap proses mereka. Kami membantu segala kebutuhan dan memberikan peace of mind,” ucap CEO BMW Astra Fredy Handjaja.

Lebih lanjut, Freddy menuturkan BMW Astra melakukan revitalisasi agar lebih update, lebih kuat, dan lebih siap. Dan juga kendaraan penunjang untuk layanan Mobile Service baru. Untuk menunjang layanan Mobile Service, Astra BMW memiliki enam unit mobil Isuzu MU-X yang sudah didukung peralatan canggih sebagai bengkel berjalan.

“Kami memilih mobil yang tinggi agar bisa lebih menjangkau konsumen. Kami belajar dari banjir, saat itu customer butuh kehadiran kami. Kalau mobil ada nyala indikator, bisa kita diagnosa dan servis mobilnya di rumah,” tutur Freddy.

Kelima …

Pemesanan Layanan Servis Mobil BMW di Rumah

Jangkauan dari BMW Astra Mobile Service ini begitu luas yang meliputi wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan. Cara penggunaan layanan BMW Astra Mobile Service untuk para pemilik BMW dan MINI cukup mudah, hanya menghubungi 1-500-898 press 4 untuk melakukan penjadwalan. Apabila mobil tidak bisa diperbaiki di rumah, proses perbaikan akan dilanjutkan di workshop BMW Astra.

“Kami berusaha untuk selalu hadir di sisi pelanggan BMW dan siap membantu segala kebutuhannya. Pada saat banjir beberapa waktu lalu, kami siap dari pagi hingga malam hari. Kami membantu pemilik BMW dan MINI mengevakuasi mobilnya di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Surabaya,” pungkas Freddy.


Itu semua inovasi yang dilakukan bengkel BMW untuk langkah pencegahan dan perbaikan atas keadaan sekarang.

Selain itu …

Bila Terpaksa Berkendara Saat Wabah Corona, Perhatikan Hal Ini

Virus corona (Covid-19) dinyatakan masuk ke Indonesia sejak awal Maret 2020. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona terus bertambah sampai sekarang.

Pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan imbauan kepada setiap orang supaya melakukan pembatasan fisik sosial dengan orang lain. Selain itu pemerintah juga mendorong masyarakat agar berdiam diri di rumah dan tidak berpergian jauh apalagi sampai mudik ke kampung halaman.

Selama diimbau selalu berada di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan keluar rumah. Jika itu terpaksa harus dilakukan ada beberapa hal yang patut diperhatikan khususnya bagi Anda yang akan berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil.

Ada 7 tips sehat berkendara dan aman saat wabah corona ala Goodyear Indonesia:

  1. Sebelum keluar rumah pastikan Anda menggunakan masker, membawa hand sanitizer, tisu basah dan kering, serta lap mobil bersih. Kantung belanja atau kantong plastik juga perlu disiapkan untuk meletakkan barang belanjaan atau barang bawaan.
  2. Jika terpaksa harus menekan tombol atau mendorong pintu ditempat umum, sebaiknya gunakan siku atau alat bantu. Bisa juga dengan membungkus jari Anda menggunakan tisu bila perlu. Usai digunakan tisu langsung buang ke tempat sampah. Ini sangat penting supaya bakteri atau virus yang menempel di tisu tidak hinggap di tubuh Anda.
  3. Lakukan aktivitas Anda sesegera mungkin dan kembali ke rumah. Kalau Anda tidak sempat mencuci tangan selama di luar rumah disarankan jangan menyentuh hidung dan wajah. Ketika sampai di rumah langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang tadi dikenakan.
  4. Perhatikan dan lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Batasi jumlah penumpang dalam satu kendaraan. Pastikan sopir Anda juga menggunakan masker. Dianjurkan untuk mengosongkan bangku samping pengemudi, kemudian jendela pintu dari pengemudi dibuka sedikit. Penumpang diharuskan duduk di bangku baris kedua dan ketiga.
  5. Ketika Anda sudah tiba di rumah. semprotkan disinfektan pada kain lap baru lalu diusapkan ke area luar dan dalam mobil yang kemungkinan di sentuh orang lain seperti pegangan pintu mobil, jok mobil dan dasbor.
  6. Bila Anda harus bekerja dari rumah, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan siap digunakan ketika kondisi darurat. Biasakan untuk memanaskan mesin setiap hari, lalu buka seluruh kaca, dan hidupkan AC selama 15 menit.
  7. Selain memanaskan mesin tidak ada salahnya Anda memeriksa oli dan aki mobil. Pastikan keduanya masih aman untuk digunakan. Disarankan pula mencabut aki apabila mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini untuk menghindari aki soak atau rusak ketika hendak digunakan kembali.
Baca Juga :  Ingin Menambah Performa Mobil? Lakukan 7 Hal Berikut Ini

Informasi diatas sangat penting mengingat faktanya saat ini …

10 Hari Penerapan PSBB di Jakarta, Masih Banyak Pengendara Tidak Memakai Masker

Jadi pengendara mobil sebaiknya berjaga-jaga …

Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 12.606 pengendara melanggar aturan selama 10 hari penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta. Pelanggaran paling tinggi adalah banyaknya pengendara tidak memakai masker.

Dilansir dari laman resmi NTMC Polri, Senin (20/4/2020), Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo selaku Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa total pengendara yang tidak menggunakan masker sebanyak 7.631 kasus.

Di peringkat kedua, pengendara yang melebihi kapasitas sebanyak 7.607 kasus. Kemudian, pengendara motor yang berboncengan, namun tidak satu alamat sebanyak 896 kasus.

“722 kasus pengendara yang tidak menggunakan sarung tangan saat berkendara dan 140 kasus pelanggaran teguran bagi ojol (ojek online) yang berpenumpang,” jelas Sambodo.

Terdapat 8 aturan PSBB bagi pengendara. Yaitu, ojek online atau ojol berpenumpang, pengendara tidak menggunakan sarung tangan dan tidak menggunakan masker, suhu tubuh tinggi, motor berbocengan tidak satu KTP. Serta, jumlah penumpang mobil harus 50 persen, jam operasional kendaraan umum, dan jarak penumpang.

Sambodo mengimbau pada para masyarakat untuk senantiasa mematuhi aturan PSBB yang sudah ditetapkan. Pihaknya percaya bahwa aturan tersebut dapat memutus rantai penularan virus ‘Covid-19’.

Penumpang Motor Beda Alamat Akan Disuruh Naik Angkutan Umum

Seperti diketahui, pengendara motor dilarang membawa penumpang beda alamat selama penerapan PSBB di Jakarta. Bagi yang melanggar aturan, penumpang motor akan diminta untuk turun dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum.

Aiptu Tarwono selaku Kepala Tim Pos Cek Poin Kalimalang mengatakan bahwa selama kebijakan PSBB ini berlangsung, polisi masih menemukan pengendara motor yang tidak patuh dan membawa penumpang beda alamat.

“Sepeda motor yang tidak satu alamat masih kita temukan. Terpaksa, kita turunkan yang dibonceng, lalu kita suruh naik angkutan umum,” jelas Aiptu Tarwono di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Sebelumnya, pihaknya memberikan teguran lisan kepada pengendara motor yang melanggar, lalu meminta penumpangnya untuk turun. Polisi juga menyetop angkutan umum  berpenumpang kurang dari 50 persen.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat? Bengkel mobil di jakarta
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?