fbpx

Bengkel Bus : 10 Daftar Kerusakan Parah Sebelum Kecelakaan dan Cara Merawatnya

Hai #SahabatRotary, Tulisan ini khusus dibuat untuk #SahabatRotary untuk mencari bengkel bus

Sebentar musim mudik tiba #SahabatRotary sudah punya persiapan apa saja nih untuk mudik? khususnya untuk pemilik perusahaan otobus jangan lupa cek kondisi busnya di bengkel bus terdekat yaah.

Semua orang yang berkendara pasti berharap perjalanan lancar, aman dan bisa selamat sampai tujuan. Namun, banyakan sekali kendala yang dapat kita temui di jalan salah satunya adalah kondisi kendaraan. Maka dari itu kita harus rajin merawat dan service kendaran kita secara berkala agar kondisinya selalu prima.

Bagi perusahaan otobus tentu keselamatan penumpang yang paling utama, memastikan kendaraan dapat beroperasi dengan aman dan nyaman pasti menjadi prioritas perusahaan. Maka dari itu mengecek kondisi bus secara berkala di bengkel bus terdekat menjadi solusi menghindari masalah yang akan dihadapi.

Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas berikut beberapa kerusakan parah yang  dapat ditemukan sebelum kecelakaan dan cara merawatnya :

1. Rem Tidak Berfungsi

Biasanya banyak pengemudi yang tidak tahu apakah remnya berfungsi atau tidak. Mengecek kondisi rem menjadi hal yang penting sebelum melakukan perjalanan. Salah satu penyebab rem tidak berfungsi adalah air yang masuk kedalam karet rem. Oleh karena itu pengemudi bus harus menghindari genangan air atau banjir. Jika rem mengalami kebocoran atau tidak berfungsi, maka sentral rem harus diganti.

Ciri – ciri rem tidak berfungsi dengan baik adalah pedal rem terasa keras saat diinjak dan tidak pakem.

2. Knalpot Bocor

Knalpot yang rusak dan tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan kerusakan lain pada kendaraan. Ada banyak penyebab knalpot rusak diantaranya usia kendaraan, kebocoran pada titik sambungan las dan knalpot yang terkena lontaran batu saat kendaraan melaju kencang dijalan.

Ciri – ciri dari knalpot rusak yaitu suara knalpot yang menjadi berisik, tenaga mesin yang menjadi boros dan bau yang menyengat yang terkadang masuk kedalam kabin kendaraan. Begitu #SahabatRotary menemukan ciri – ciri tersebut segera bawa bus ke bengkel bus terdekat.

3. Roda Gila Kendur

Roda gila adalah roda yang digunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran mesin ke transmisi. Jika roda gila ini kendur perpindahan transmisi bus menjadi keras menyebabkan bunyi “gemeretak” saat gigi transmisi dipindahkan.

Cara merawat roda gila diantaranya selalu gunakan gigi 1 saat start awal kendaraan, karena jika tidak kopling akan dibebani secara berlebihan dan akan menyebabkan cepatnya keausan.

4. Gir Transmisi Persneling Rusak

Persneling mobil bus yang sulit masuk ini pasti sering bikin #SahabatRotary kesal. Selain membuat tidak nyaman, persneling yang susah masuk juga bisa menyebabkan kecelakaan. Ada beberapa penyebab persneling susah masuk kabel tuas persneling yang macet, bushing tuas persneling rusak dan kabek kopling yang keras. Kalo #SahabatRotary sudah kesulitan memasukan persneling mobil bus harus cepat cepat dibawa ke bengkel bus.

5. Rem Angin Tidak Berfungsi

Berbeda fungsi dengan rem yang biasa digunakan untuk menghentikan laju kendaraan, fungsi rem angin ini adalah untuk memberlambat laju kendaraan. Jika rem ini tidak berfungsi pengereman menjadi tidak maksimal dan dibutuhkan waktu yang lama untuk berhenti.

Berikut cara untuk merawat rem angin yang harus diketahui #SahabatRotary

  • Pastikan tekanan minimun untuk kendaraan tidak kurang
  • Periksa supply udara pada air compressor
  • Dengarkan apakah ada kebocoran udara pada saluran pipa dengan cara menginjak pedal gas

6. Packing Mesin Bocor

Packing mobil bus yang bocor menyebabkan air merembes masuk kedalam dan membuat oli menjadi tercampur dengan air. Jika kondisi kendaraan #SahabatRotary sudah begini segera bawa bus ke bengkel bus untuk mengecek yang lebih mendetail. Satu – satunya cara untuk memperbaikinya jika sudah begini adalah mengganti packing tersebut. Jangan sampai diabaikan karena akan menyebabkan kerusakan pada mesin lain yang memperparah kondisi bus anda.

7. Dampler Pulley Tidak Ada

 

8. Mekanik Spelleng Booster Rusak

 

9. Rem Tangan Rusak

 

10. Tidak Ada Pelindung Kapiler Rem

 

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?bengkel bus
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Blog

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?