fbpx

Perhatian! Panduan Sebelum Membeli, Biaya dan Cara Perawatan di Bengkel Chevrolet


Hai #SahabatRotary

Buat kalian para pecinta otomotif yang punya rencana untuk membeli mobil Chevrolet pasti ada bagusnya kalau kalian mengenal terlebih dahulu seperti apa mobil chevrolet ini sebenarnya. Bukan hanya tentang fisik, kelebihannya yang tangguh dalam jalan menanjak ataupun kondisi mesinnya, tetapi kita juga wajib tahu mengenai biaya dan cara perawatan si Chevrolet ini nantinya, jangan sampai sudah terlanjur beli, kita malah kewalahan karena biaya dan perawatannya. Apalagi jika kita membeli mobil chevrolet yang bekas dan usianya sudah lumayan tua, tentu memerlukan biaya dan perhatian yang lebih ekstra dalam penjagaannya.

Chevrolet sendiri memiliki banyak jenis. Berbeda jenis, berbeda pula cara perawataan dan uang yang harus dikeluarkan, nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas biaya dan cara perawatan di bengkel Chevrolet.

1.Chevrolet Captiva

Untuk perawatan rutin jenis Captiva ini dilakukan setiap 10.000 km. Perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk jenis ini sekitar Rp 1,5 juta. Tapi jika sudah harus diservis besar setiap kelipatan 30.000 km, budget yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 5 jutaan, karena akan cukup banyak yang harus diganti, seperti; oli matik, semua filter, oli mesin, semua cairan di mesin dan tune-up.  Untuk soal sparepart, cartiva ini terbilang aman. Kita gak perlu khawatir dengan ketersediaan spare part dari mobil ini, karena masih cukup banyak tersedia di berbagai toko onderdil dan bengkel sekitar Jabodetabek baik fast moving maupun slow moving. “Fast moving yang pasti banyak dicari, tapi meskipun begitu stok slow moving pun aman kok,” ujar Budi dari bengkel spesialis Chevrolet.  Soal harganya, kita harus merogoh kocek sesuai dengan jenis apa yang kita butuhkan. Harga untuk parts fast moving seperti filter oli Rp 615 ribu, (FL) Gen 1 Rp 730 ribuan, filter udara Rp 280 ribu, filter solar Rp 1,5 juta untuk 2 piece, kampas rem depan Rp 1,3 juta, bagian belakang Rp 850 ribu, dan tierod end Rp 630 ribu per piece.  Untuk soal harga bisa dibilang spare part dari Captiva diesel ini masih cenderung terjangkau dibandingkan jenis lainnya.

Untuk tune up yang mencakup pembersihan filter udara, injektor, busi, serta saringan bensin, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Untuk oli sendiri, kita dapat menggunakan SAE 5W-30 atau 5W-40 sesuai selera.

Nah Sebagai mobil EURO V, Loviess dari Dutama Diesel menyarankan agar mobil ini selalu diganti filter olinya setiap pergantian oli. Karena kebanyakan dari jenis ini biasanya suka bermasalah dengan jelaga yang menumpuk di ruang bakar.

    2. Chevrolet Trail Blazer 

Pada interval servis 10.000 Km sama dengan parts servis 30.000 dan 70.000 Km, yaitu oli mesin, filter oli, serta servis fuel system biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 1.565.092. Sedangkan  interval servis 20.000 Km item yang diservis, yakni oli mesin, filter oli, filter udara, filter BBM, dan pembersihan fuel system dengan total biaya Rp 2.241.973. Dan pada interval 40.000 Km item yang harus diservis, yaitu seperti oli mesin, filter oli, filter udara, filter BBM, filter AC, V-belt, timing belt, minyak rem, serta pembersihan fuel system dengan total biaya Rp 4.003.079.

Ya, bisa dibilang kalau jenis Trail Blazer ini lebih banyak memakan uang ya dalam biaya perawatannya dibandingkan dengan jenis Captiva diatas.

3. Chevrolet Spin  Diesel 

Perawatan mesin diesel kuncinya terletak pada kualitas bahan bakar. Kualitas bahan bakar yang ga bagus bisa merusak komponen mesin diesel, apalagi dengan teknologi-teknologi mesin seperti sekarang. Selain memperhatikan kualitas bahan bakar, perawatan rutin sesuai buku manual juga tentu sangat disarankan untuk menjaga komponen mesin diesel selalu prima dan optimal.

Nah, kalau sudah muncul suara kasar di mesin atau oli mesin berkurang secara tidak wajar, bisa jadi itu salah satu tanda terjadi overhaul atau turun mesin. Untuk biaya perbaikan turun mesin atau overhaul engine untuk tipe mesin diesel 1.300 cc bisa menghabiskan biaya sebesar Rp 29.797.144.

Lalu gimana biaya servis berkala Chevrolet Spin dengan mesin diesel ? nah berikut jawabannya.

Di interval 7.500 Km sama dengan  servis pada interval 22.500, 37.500, 52.500, dan 67.500 Km, yakni dilakukan pembersihan fuel system.  Hanya saja bedanya, pada interval 7.500, 22.500, dan 37.500 Km bebas biaya jasa servis sehingga totalnya Rp 236.500.  Sedangkan di interval 52.500 dan 67.500 Km akan  dikenakan biaya jasa servis dengan total Rp 786.500.

4. Chevrolet Orlando

Untuk Chevrolet jenis orlando ini servis rutin yang disarankan adalah tiap 10.000 km.untuk perawatan rutin adalah dengan melakukan pembersihan busi, filter udara, filter bensin, dan lainnya. Kalau ada part yang memang sudah harus diganti maka harus kita ganti untuk memperpanjang usia orlando ini.

Untuk biaya servis ringan, banyak bengkel yang mematok harga Rp 150 ribu, diluar ongkos part yang harus diganti. Banyak konsumen yang melakukan perawatan jenis ini hanya melalui buku panduan, padahal sebenarnya itu tidaklah efektif, dan sering terjadi kasus pengurangan oli secara drastis sampai kasus oli yang keluar dari mesin layaknya lumpur. Tentu saja kita gak ingin kan hal seperti itu terjadi pada mobil kesayangan kita? Maka sangat disarankan untuk langsung menyerahkan perawatan pada ahlinya yaitu bengkel Chevrolet untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk rincian biaya lainnya seperti berikut :

Jasa tune up: Rp 150 ribu

Jasa turun mesin: Rp 2 juta

Jasa kuras oli matic: Rp 200 ribu

Jasa servis rem (4 roda): Rp 200 ribu

Menurut saya, ini masih lumayan terjangkau, jadi gak ada ruginya kan untuk membawa servis Chevrolet Orlando kamu langsung ke bengkel dan tidak mencoba memperbaiki sendiri sesuai buku panduan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun begitu, ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala awal kerusakan yang terjadi pada Orlando ini, sehingga kita tidak terus memaksa orlando ini untuk beroperasi disaat ia mulai mengalami kerusakan, jika kita sudah mengetahui gejala-gejala kerusakan kecilnya maka kita bisa langsung membawa ke bengkel sehingga tidak terjadi kerusakan berat pada Orlando nantinya. berikut cara pengecekan sederhana yang bisa kita lakukan :

  • Selalu perhatikan secara rutin selang-selang cooling system, jika ada gejala air radiator yang cepat berkurang, maka secara otomatis temperaturnya akan menjadi tinggi sehingga akan mengalami kebocoran.  Jika sampai terjadi kebocoran maka kita harus segera membawa ke bengkel untuk mengganti cooling system satu paket, biaya yang biasa dikenakan untuk penggantian satu paket cooling system sekitar Rp 1,5 juta.
  • Lalu perhatikan secara rutin bagian kaki-kaki, terutama jika kita membeli orlando seken, maka kita juga harus memberikan perhatian yang lebih ekstra dalam perawatannya. Pada bagian kaki-kaki biasanya, jika  mulai terdengar bunyi  yang terjadi secara berulang-ulang, maka tandanya  terjadi kerusakan padaa shock breaker, bushing arm, tie rod, dan long tie rod.

Nah, Jadi jika gejala-gejala diatas terjadi pada orlando kamu, cepat-cepat periksakan ke bengkel untuk menghindari kerusakan berat, dan tentu saja untuk menghindari mahalnya biaya servis.

5. Chevrolet Trax

 Jenis ini memiliki mesin kecil dengan tenaga yang besar, kapasitas mesinnya hanya sebesar 1.364 cc. dilengkapi dengan turbo, output tenaganya bisa sebesar 138 dk dengan torsi 200 Nm. Tapi  embel-embel ‘Turbo’, kadang membuat para calon pembeli Chevrolet Trax ini khawatir  karena takut perawatan Trax akan memakan biaya yang besar.

Eits, tapi jangan langsung sedih dulu, berita bahagiannya buat kamu yang tertarik dengan jenis chevrolet yang satu ini, PT General Motors Indonesia akan memberikan keringanan biaya untuk servis rutin dengan syarat penyervisan dilakukan di bengkel resmi dan dengan interval servis tiap 10 ribu km. Secara keseluruhan pun, biayanya hampir sama dengan mesin. Sesuai panduan buku manual oli mesin yang digunakan adalah DEXOS 2 dengan SAE 0W-40, yang hanya butuh 4 liter karena kapasitas kecilnya. Sayangnya, oli filter seharga Rp 160 ribuan perlu diganti setiap oli mesin diganti.

Pada filter bahan bakar, penggantian sebaiknya dilakukan setiap 40 ribu km sekali, tentu dengan syarat mengikuti anjuran GM untuk menggunakan bahan bakar RON 95. Yang lumayan sering adalah pergantian filter udara, yaitu setiap 30 ribu km sekali. Hanya tersedia dengan transmisi otomatis 6-percepatan, interval penggantian oli juga tergolong sangat cepat, yaitu 30 ribu km sekali. Di antara part yang lain, bagian yang jadi beban terberat karena setiap 6 liter oli DEXRON –VI membutuhkan biaya sekitar Rp 1,5 jutaan.

Untuk bagian slow moving parts seperti kampas rem dan sistem suspensi, baru dicek setiap 20 ribu km. Kalau  diperlukan pergantian, sepasang sokbreker depan dibanderol Rp 1,7 jutaan dan yang belakang Rp 1,3 jutaan. Nah kalau dihitung-hitung total biaya perawatan, setelah 100 ribu km atau 5 tahun, setiap pemilik Chevrolet Trax bermesin turbo ini perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 18 jutaan. Nah, tidak semahal itu kan untuk ukuran mobil yang memiliki banyak kelebihan terutama dilengkapi turbo.

Berikut rincian harga untuk kalian yang tertarik dengan Chevrolet Trax ini :

  • Oli Mesin DEXOS 2        Rp 182.691 / liter
  •  Filter Oli                         Rp 160.783
  • Engine Coolant                Rp 183.150
  •  Busi                                Rp 200.900 / buah
  • Filter untuk Bahan Bakar Rp 320.250
  •  Filter Udara                     Rp 213.500
  • Minyak Power Steering    Rp 149.600
  •  Minyak Rem                   Rp 46.750
  • Oli Transmisi A/T             Rp 256.137 / liter
  • Engine Mounting              Rp 1.491.900
  • Tensioner Drive Belt         Rp 1.251.600
  • Sokbreker Depan              Rp 1.758.300
  • Brake Pad Depan              Rp 1.417.605
  • Sokbreker Belakang          Rp 1.323.900
  • Brake Pad Belakang          Rp 1.513.155
  •  Lampu Depan                   Rp 4.037.500
  • Lampu Belakang                Rp 1.834.300

6. Chevrolet Spark

Untuk jenis Chevrolet yang satu ini kita bisa melakukan pemeriksaan kendaraan pada kelipatan 7.500 km/jam. Untuk Service pertama, saat kendaraan mencapai interval 7.500km/jam atau 6 bulan dan 15.000 km/jam atau pemakaian 1 tahun kendaraan. Disini kita akan mendapatkan oli mesin, filter oli dan jasa secara gratis. Dan sebagai konsumen kita juga akan mendapatkan pemeriksaan mesin dan cek komputer.

Nah, untuk service selanjutnya saat Chevrolet Spark telah memakan jarak 22.500 km/jam. Para konsumen Spark akan terkena biaya sebesar Rp 500 ribu, dengan mendapatkan oli mesin, oli filter, filter udara, oli transmisi dan pemeriksaan keseluruhan.

Pada servis ketiga atau saat kendaraan telah menempuh jarak hingga 30 ribu km/jam konsumen harus merogoh kocek sebesar Rp 750 ribu. Jarak 40 ribu km/jam terkena biaya, Rp 450 ribu, jarak 50 ribu km/jam kita akan dibebani budget sekitar Rp 1 juta.   Selanjutnya saat Chevrolet Spark sudah menempuh jarak 60 ribu km/jam akan dikenakan biaya Rp 1,3 juta. Dan untuk Spark berjarak 70 ribu akan dibebani biaya Rp 550 ribu. Untuk jarak 80 ribu km/jam akan dikenakan biaya Rp 750 ribu.

Selanjutnya, untuk Spark yang telah memakan jarak 90 ribu km/jam kita akan dikenakan biaya sekitar Rp 1 juta.

Dan ketika Chevrolet Spark telah memakan jarak 100 ribu km/jam, kita akan dikenakan biaya 1,3 juta. dan setiap kendaraan Chevrolet Spark ini wajib mendapatkan penanganan sistem pengontrol mesin, Pemeriksaan sasis dan body, Kelistrikan, dan pekerjaan khusus seperti test jalan.

Dan jika konsumen terpaksa harus menurunkan mesin kendaraannya maka kita harus mengeluarkan budget sebesar  Rp 4 juta hingga Rp 6 juta. Dan untuk setiap Chevrolet Spark ini akan mendapatkan penggantian sparepart dan total penggantian spare partl yang akan dikeluarkan pengguna Spark ini seperti jumlah rupiah diatas. Namun semua itu masih tergantung seberapa banyak spare part yang diganti para pengguna Chevrolet Spark.

Nah, itu dia biaya-biaya yang harus dikeluarkan jika kita berminat meminang si lincah Chevrolet. Sekedar tips untuk kamu yang sangat ingin membeli Chevrolet namun sedikit khawatir tentang biaya perawatan dan servisnya, maka solusinya kamu harus melakukan perbaikan dan perawatan pada bengkel resmi Chevrolet dibawah naungan GM. Tidak perlu risau, karena dealer-dealer Chevrolet dan service outlet resmi ada dihampir seluruh Indonesia. Berikut daftar dealer dam service outlet resmi di Jakarta dan Pulau Jawa. Untuk daerah lain kamu bisa berkonsultasi saat hendak meminang mobil Chevrolet ini.

Jakarta:

  • Andalan Motor Samanhudi
  • Andalan Motor Pondok Indah
  • Sun Motor Kebon Jeruk
  • Prima Autoworld Serpong
  • Putera Auto Kencana Bintaro

Pulau Jawa

  • Cakra Adi Mandiri Bogor
  • Andalan Motor Soekarno Hatta Bandung
  • Sun Motor Surabaya

GM memberikan layanan perawatan untuk pelanggannya dengan menghadirkan paket quick service. Yaitu program perawatan mobil Chevrolet yang mencakup Pengecekan dan perawatan instan. Waktu kita juga tidak akan terbuang lama untuk menunggu perbaikan berkala. Semua akan terasa cepat dan efektif dengan layanan Quick Service. Program Quick Service ini adalah program bebas biaya servis Chevrolet yang diberikan untuk semua jenis Chevrolet dalam masa garansi 3 tahun atau sampai dengan 100.000 km. Yang perlu kamu ingat kalau pengecekan dan perawatan secara berkala ini harus dilakukan dengan menjadwalkan janji sebelumnya pada dealer-dealer ya.

Bengkel Chevrolet

Pelayanan Complete Care untuk Perawatan Chevrolet

Complete Care adalah salah satu program perawatan mobil Chevrolet. Tidak ada biaya servis Chevrolet kalau kamu memilih menggunakan program ini.  Layanan ini dirancang untuk menjamin keamanan dan kenyamanan yang berkaitan dengan pemeliharaan kendaraan. Staf profesional yang berpengalaman juga dilatih langsung oleh pihak Chevrolet untuk menjamin kualitas terbaik untuk setiap pekerjaan.

Program ini juga menyediakan informasi lengkap mulai dari perawatan sampai suku cadang yang dijual outlet resmi Chevrolet di Indonesia. Tersedia juga fasilitas servis gratis bagi pemilik Chevrolet. Fasilitas ini dapat berbeda pada masing-masing model mobil Chevrolet.

  • Chevrolet trailblazer: Gratis biaya servis selama 3 tahun/60.000 KM, sudah termasuk suku cadang, oli dan jasa teknisi bersertifikat.
  • Chevrolet trax: Gratis jasa servis sebanyak 6 kali/50.000 KM dari jasa teknisi bersertifikat.
  • Chevrolet spark: Gratis jasa servis sebanyak 6 kali/50.000 KM dari jasa teknisi bersertifikat.
  • Chevrolet orado: Gratis biaya jasa servis sebanyak 6 kali/50.000 KM dari jasa teknisi bersertifikat.

Nah, maka pilihan untuk melakukan perawatan dan perbaikan Chevrolet di dealer dan bengkel resmi Chevrolet ini, sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin meminang Chevrolet. Selain untuk meminimalisasi biaya, Chevrolet kamu juga akan ditangani oleh teknisi bersertifikat. Hanya saja letak kelemahahnnya ada pada kesulitan menemukan bengkel resmi Chevrolet yang belum banyak tersedia di setiap daerah. Maka solusinya mau tidak mau harus ke bengkel dan dealer non resmi atau rekanan. Nah, itu dia panduan sebelum membeli Chevrolet.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

bengkel chevroletChevrolet CaptivaChevrolet oradoChevrolet sparkChevrolet Spin DieselChevrolet Trail BlazerChevrolet trailblazerChevrolet trax

Leave a Reply