fbpx

Bengkel Daihatsu : Cegah Corona Pastikan Sudah Melakukan Perawatan Ini ya

bengkel daihatsu

Hai #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu

Virus Covid-19 dapat menular melalui beberapa cara, di antara cara penularan, yaitu droplet dari batuk atau bersin orang yang sudah terinfeksi atau melalui sentuhan dengan benda yang terpapar virus.

Guna mencegah penularan, dianjurkan mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir atau cairan antiseptik, dan membersihkan benda-benda di sekitar. Mobil pun perlu dibersihkan secara rutin agar bebas dari paparan virus corona.

Melansir consumerreports.org, bagian mobil yang sering disentuh wajib dibersihkan buat mencegah penyebaran virus Covid-19. Berikut ini ulasan area mobil yang mesti dibersihkan secara rutin.

Kabin Mobil

Salah satu langkah untuk menangkal penyebaran virus Covid-19 atau corona yaitu menjaga kebersihan pada kabin mobil. Sebab, interior juga menjadi tempat berkumpulnya kuman.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, mengatakan, ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk membunuh virus atau bakteri dalam mobil, salah satunya adalah ozon. Kelvin menjelaskan, ozon memiliki efek sterilisasi paling efisien sehingga secara efektif digunakan untuk melawan bakteri dan virus. Selain itu, bisa menghilangkan bau yang tidak sedap di tempat yang tidak diinginkan secara permanen.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Kapan Waktunya Fogging Interior Mobil?

“Kalau fogging kan terlihat dan bisa dirasakan setelahnya, tetapi kalau ozon tidak ada asap atau apa pun yang bisa dilihat dengan kasatmata. Tapi, setelah ozon tentu ada perubahan pada kabin mobil,” ujar Kelvin kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, langkah antisipasi seperti itu juga telah diambil semua kalangan untuk mencegah penyebaran corona. Salah satunya bengkel CARfix, yang memberikan layanan gratis disinfektan.

Lihat Foto Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.(Kompas.com/Setyo Adi)

“Kami memiliki Anti Desinfektan Khusus untuk Mobil, dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 ini kami berikan gratis setiap pelanggan yang melakukan perawatan service berkala di seluruh outlet CARfix,” ucap Fadly Hasan, Marketing Director CARfix Indonesia, dalam siaran resmi, Sabtu (28/3/2020).

Fadly menjelaskan, selain itu, juga melakukan beberapa inisiatif khusus dalam pencegahan Covid 19 di CARfix, untuk mencegah penyebaran ke pelanggan dan karyawan. “Jadi saya mohon maaf bila ada yang kurang nyaman, tapi prinsipnya ini untuk kebaikan kita bersama,” kata dia.

Jok Mobil

Wabah virus corona yang semakin marak di Indonesia membuat hampir seluruh masyarakat khawatir. Guna mencegah penyebaran virus banyak masyarakat yang melakukan aksi bersih-bersih, dimulai dari rumah hingga kendaraan kesayangan.

Menjaga kebersihan interior mobil adalah salah satu tindakan preventif menghadapi virus dan bakteri yang bersemayam di dalam kendaraan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan jok mobil.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, memberikan tips bagaimana cara membersihkan jok dengan baik dan benar baik yang berbahan fabric maupun kulit.

“Membersihkan jok sebaiknya dilakukan satu minggu sekali. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu atau kotoran yang ada di sela-sela jok yang sulit dibersihkan,” ujar Christopher ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (19/03/2020).

Setelah itu, Christopher menyarankan sebaiknya jok dibersihkan dengan cairan khusus permbersih jok, agar jok terbebas dari kuman. “Jangan menggunakan kain kasar ketika memberishkan jok, dan hindari jok dari sinar matahari langsung ketika memarkir mobil. Gunakan cairan pembersih jok, baik yang berbentuk foam atau yang berbentuk cairan, yang terpenting cairan tersebut mengandung zat pembunuh kuman,” kata Christopher.

Hal tersebut memang bersifat untuk perawatan saja, bukan benar-benar untuk membersihkan. Namun, dengan melakukan perawatan, kebersihan jok akan tetap terjaga. Selain itu material jok mobil juga bisa bertahan lebih lama. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihkan komponen mobil lainnya, seperti ruang kabin, karpet, setir dan dasbor.

Handle pintu

Bagian tersebut sudah tentu disentuh baik oleh supir dan penumpang saat hendak masuk mobil. Karena terletak di luar, handle pintu rentan terpapar virus, bakteri, dan sebagainya. Sebaiknya, bersihkan handle pintu menggunakan air dan sabun saat mencuci mobil, atau supaya lebih aman semprotkan sedikit cairan disinfektan sebelum memegangnya.

Stir kemudi

Stir termasuk bagian yang paling lama dipegang selama mengemudi. Oleh sebab itu, bersihkan bagian tersebut dengan cairan disinfektan sebelum memegangnya. Selain itu, bersihkan juga tangan pengemudi untuk mencegah kemungkinan virus menempel di stir.

Tuas lampu dan wiper

Selama berkendara, pengemudi akan sering menyentuh tuas lampu untuk menyalakan sein atau lampu utama ketika malam hari. Pun begitu dengan tuas wiper yang dioperasikan saat turun hujan. Meskipun hanya menyentuh tuas tersebut dengan ujung jari, bersihkan bagian tersebut secara berkala. Sebab, virus bisa saja menempel di jari dan terhirup lewat hidung dan mulut ketika pengemudi memegang wajah.

Tuas perseneling

Baik di mobil bertransmisi manual maupun otomatis, pengemudi pasti harus menyentuh tuas perseneling. Oleh sebab itu, bagian tersebut juga perlu dibersihkan dan disemprot disinfektan bila perlu.

Head unit

Head unit touchscreen, seperti yang terpasang pada Wuling Confero S ACT maupun Wuling Almaz sering disentuh oleh pengemudi maupun penumpang selama perjalanan. Karena itu, layar sentuh head unit mesti dibersihkan. Tapi jangan disiram air ya, cukup gunakan lap bersih dengan sedikit campuran disinfektan.

Menjaga mobil tetap bersih merupakan cara terbaik agar bisa berkendara aman dari risiko virus Covid-19. Berkendara akan semakin menyenangkan dengan mobil nyaman bertabur fitur modern, seperti Wuling Confero S ACT dan Wuling Almaz.

Confero S Act menggunakan kopling otomatis, sehingga tidak perlu menginjak pedal kopling untuk memindahkan gear percepatan. Fitur keselamatan dan kenyamanannya mumpuni, antara lain ABS, EBD, seat adjuster, head unit 8 inch touchscreen terintegrasi dengan steering switch. Informasi lebih lengkap mengenai Wuling Confero S ACT dapat dilihat di sini.

Sementara itu, Wuling Almaz punya sederet fitur pendukung kenyamana SUV medium. Untuk keselamatan, terdapat ABS, EBD, BA, serta Electronic Stability Control (ESC). Fitur multimedianya terpusat pada head unit dengan multi information home screen, dilengkapi pula dengan teknologi Wuling Indonesian Command untuk memberikan perintah kepada sistem elektronik lewat suara. Cari tahu lebih lanjut mengenai Wuling Almaz di sini.

Di tengah situasi pandemi corona yang mendesak masyarakat untuk melakukan physycal distancing, Wuling Indonesia memberikan layanan Home Service dan home Test Drive untuk melakukan perawatan mobil dan test drive mobil Wuling di rumah.


Tetapi ngomong-ngomong …

Cegah Virus Corona, Bersihkan Interior Mobil Bisa Pakai Cairan Alkohol?

Di tengah semakin merebaknya virus corona, pemilik mobil akhir-akhir ini harus lebih sering memperhatikan kebersihan interior kendaraannya. Apalagi untuk mobil yang digunakan untuk rental dan taksi online.
Ini karena ada bagian di kabin mobil yang kotor karena seperti jok penumpang, tuas persneling, setir kemudi, hingga pedal gas dan kopling. Sisa-sisa kotoran akibat sentuhan tangan hingga sisa makanan menyebabkan kabin jadi sarang bakteri dan virus.
Nah, salah satu bahan kimia yang cukup efektif membasmi kuman yaitu cairan alkohol. Untuk kebutuhan sehari-hari, cairan ini juga jadi campuran pembersih tangan, agar terhindar dari virus corona.
Lantas, apakah cairan alkohol cocok untuk digunakan pada interior mobil, supaya bersih dan jauh dari virus?
Melansir dari autoindustriya, cairan alkohol–baik alkohol isopropil dan ethanol– ternyata bisa merusak beberapa material di dalam interior mobil, seperti lapisan vinyl. Paparan alkohol terus-menerus dapat menyebabkan lapisan tersebut retak.
Kerusakan ini juga berlaku untuk lapisan pewarna kulit asli dan sintetis pada jok. Hal ini menyebabkan lapisan cat lebih cepat pudar jika dilap terlalu kuat, meski dengan kain microfiber.
Selain itu, untuk lapisan trim plastik, alkohol dapat meninggalkan noda di permukaannya. Bahkan untuk trim kayu–jika kayu asli–alkohol dapat merusak lapisan pernis dan membuat retak. Namun, pada trim efek kayu, bisa menghilangkan motifnya.
Gunakan Sabun dan Air
Jadi, cairan alkohol tidak sepenuhnya ideal digunakan untuk membersihkan kabin mobil secara terus-menerus. Solusinya terbaik bisa menggunakan sabun dan air secukupnya.
Siapkan sabun antiseptik, air, botol semprot, dan handuk mikrofiber untuk mengelap bagian yang banyak mengandung bakteri tanpa merusak lapisannya. Jangan lupa gunakan vacum cleaner untuk menjangkau sela-sela kabin dan jok kain.
Sebagai catatan, jangan menyemprotkan terlalu banyak sabun karena bercaknya bisa membuat lengket interior. Pada bagian jok kulit tetap oleskan sabun dan gosok dengan perlahan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia, memperingatkan masyarakat untuk tidak menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh karena berisiko pada kesehatan. Cairan berbahan alkohol ini juga tak boleh dioles pada dashboard mobil.

Pengamat otomotif dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, memoles dashboard mobil menggunakan alkohol dapat merusak lapisan komponen pada kabin.

“Jangan membersihkan area interior mobil menggunakan pembersih berbahan alkohol terutama dashboard plastik karena dapat merusak lapisannya,” kata Jusri saat dihubungi iNews.id, beberapa waktu lalu.

Jusri menyarankan kepada pemilik mobil untuk mendisinfeksi interior mobil dengan menggunakan sabun cair, air, botol semprot, dan lap microfiber.

“Tidak perlu cairan pembersih lain yang bukan peruntukannya karena justru dikhawatirkan bisa merusak atau menimbulkan noda pada bagian-bagian interior mobil tersebut. Pakai saja bahan-bahan yang ada di sekitar kita,” ujarnya.

Jika tak ingin repot, pemilik cukup membawa mobilnya ke salon mobil terpercaya. “Bawa saja ke salon mobil yang lebih paham urusan membersihkan interior kendaraan,” katanya.


Keadaan sekarang berpengaruh sekali sama ekonomi, jadi kita perlu melakukan penghematan dalam berbagai hal …

Tahukah Anda?

Biaya perawatan mobil bisa lebih hemat jika #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu melakukan hal-hal ini sebelum ke bengkel Daihatsu:

  • Memilih bahan bakar yang cocok                                                                                                   

Pastikah bahan bakar yang Anda gunakan cocok dengan mobil Daihatsu Anda. Sebagian orang menggunakan Pertalite karena bahan bakar tersebut membuat mesin mobil Anda bersih dan mobil Anda kuat, sementara sebagian orang menggunakan Pertamax.

  • Memanaskan mobil di saat ingin berpergian

Mengapa penting untuk selalu memanaskan mobil minimal 15-20 menit setiap Anda akan pergi, atau minimal setiap hari? Ini bertujuan agar mobil bisa bekerja dengan baik. Selain itu, cobalah untuk melihat kondisi ban, atau mesin dari mobil seperti busi: apakah mesin mobil Anda kotor atau perlu dirawat, untuk memastikan mobil Anda tidak cepat rusak.

  • Mengganti Oli Mobil dan Oli Filter

Apakah #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu rajin mengganti oli atau oli filter?

Jika ya, kemungkinan besar #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Karena, oli bisa berfungsi sebagai pelumas kondisi mesin Anda dan membuat mobil Anda tetap terjaga kestabilannya. Sedangkan oli filter membantu menyaring kotoran yang masuk pada bagian mesin kendaraan. Filter oli ini membantu kondisi mobil Anda agar tidak terkena kotoran.

Bayangkan saja jika ada kotoran atau serpihan metal yang kecil yang lolos, yang tentunya bisa membahayakan mobil Anda lantaran hal tersebut bisa membuat komponen mesin yang lainnya saling bergesekan dan mengakibatkan mobil rusak.

Maka sangat dibutuhkan untuk mengganti filter oli mobil dengan filter oli baru secara rutin. Biasanya, filter oli mobil diganti setiap mobil Anda telah menempuh 10.000 km atau setiap 6 bulan.

  • Memastikan Kanvas Rem Berfungsi dengan Baik
    Apa sih fungsinya mengecek kanvas rem?
    Walau banyak pemilik mobil yang seringkali mengabaikan kondisi pengereman dalam mobil. Jika #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu berada di daerah yang rawan macet, Anda perlu memerhatikan kampas rem mobil Anda karena rem mobil yang tidak bekerja dengan lancar bisa membayahakan diri Anda. Pergantian kanvas rem bisa Anda sesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin mobil Anda, atau setiap mobil Anda telah menempuh 20.000 km.
  • Memeriksa Kanvas Kopling
    Apa fungsi dari kanvas kopling? Kanvas kopling membantu mengirimkan tenaga mesin roda, dan komponen mobil ini juga bisa cepat haus karena kondisi pemakaian mobil atau padatnya kondisi jalan. Kapan Anda harus mengganti kanvas kopling? Ketika mobil Anda memasuki 10.000 atau 50.000 km, segera cek kanvas kopling Anda di bengkel Daihatsu terdekat.
  • Memeriksa Aki
    Aki adalah komponen yang sangat penting dalam mobil, karena pasokan listrik dari aki mampu membuat mobil #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu bekerja dengan normal. Jika aki Anda sudah lama dipakai, biasanya 2 atau 3 tahun, mobil Anda bisa mulai bermasalah karena listrik yang disuplai aki tidak sebagus aki baru. Jadi, cek aki mobil Anda di bengkel Daihatsu dan pastikan mobil Anda selalu memiliki aki yang bagus.
  • Mengganti Lampu
    Lampu mobil adalah bagian yang paling harus sering diganti, karena lampu mobil yang rusak dapat menyebabkan masalah pada kelistrikan mobil. Lampu mobil #SahabatRotary pelanggan bengkel daihatsu bisa bermasalah karena pemasangan yang tidak benar dan tidak pernah diganti, karena rata-rata pemakaian lampu mobil adalah 1,5 tahun. Lebih dari ini, Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu dan menggantinya.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

bengkel daihatsu

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?