Bengkel Porsche : Cuci Mobil #DirumahAja


Share :

Hai #SahabatRotary  pelanggan bengkel Porsche

Sekarang corona sedang marak dan mewabah, Anda harus selalu menjaga kebersihan. Tapi bukan cuma tubuh Anda saja, alangkah baiknya kalau Anda juga turut menjaga kebersihan kendaraan Anda.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Lebih Sering Cuci Mobil

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Konsep ini yang terus dikampanyekan pemerintah untuk memerangi pendemik virus corona atau covid 19 di Indonesia. Berbekal konsep yang sama, maka bicara menjaga kebersihan kendaraan sehari-hari, jadi mutlak dilakukan untuk langkah prefentif penyebaran virus corona. Ia kan pelanggan bengkel porsche?

Apalagi, saat ini lebih banyak warga yang beralih menggunakan kendaraan pribadi dan meninggalkan transportasi umum, demi menjaga risiko tertular. Maka dari itu, seiring dengan aktivitas sehari-hari maka tingkat kebersihan mobi juga kendaraan pribadi harus tetap dijaga.

Salah satu kegiatan standar yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kendaraan pribadi adalah, dengan rajin mencucinya.

Mencuci menggunakan sabun dipercaya bisa membunuh virus covid-19, sama seperti mencuci tangan. Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, kepada Kompas.com, Minggu (22/2/2020), mengatakan, sabun khusus tersebut adalah yang aman untuk digunakan pada kendaraan dengan kandungan PH yang rendah. “Cara mencuci mobil yang ampuh menghilangkan virus corona adalah dengan sabun, karena kandungan kimia pada sabun dapat menghancurkan virus. Gunakan sabun atau sampo khusus dengan PH yang rendah,” katanya.

Kondisi seperti ini mencuci mobil sebaiknya dilakukan lebih sering dari biasanya. Minimal satu Minggu sekali kendaraan roda empat harus dibersihkan baik bagian luarnya maupun bagian interiornya. “Kalau mobilnya digunakan setiap hari, disarankan dua hari sekali mobil dicuci karena saat ini sedang banyak virus. Tapi kalau mobil jarang digunakan bisa seminggu sekali,” ucapnya. Dengan melakukan pencucian pada bagian mobil, maka penyebaran virus corona bisa dicegah atau bahkan dihentikan.

Untuk bagian interior seperti bagian audio atau setir jangan menggunakan sabun seperti untuk bodi. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian interior.

Nah #SahabatRotary saat membersihkan mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan loh..

Rajin dalam membersihkan kendaraan pribadi yang sering digunakan, menjadi salah satu upaya perlindungan diri dari penyebaran virus corona atau covid-19. Tidak dipungkiri penyebaran virus mematikan itu bisa terjadi di mana saja, termasuk kendaraan roda empat milik pribadi. Untuk itu, kebersihan mobil harus tetap dijaga guna menghindari adanya virus yang bisa menempel pada bagian tersebut. Selain itu, bagian interior juga penting untuk dibersihkan. Bahkan, pada komponen tertentu yang sering disentuh atau dipegang wajib mendapatkan perhatian lebih.

Bagian yang sering dipegang harus dibersihkan. “Bagian interiornya juga harus dibersihkan, kemudian ornamen interior yang sering dipegang seperti bagian gagang pintu, setir atau kemudi, sabuk pengaman dan juga bagian persneling,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

Bagian yang sering disentuh juga memiliki potensi adanya kuman yang lebih tinggi dibandingkan bagian yang lainnya. Sehingga, untuk tingkat kebersihannya harus dijaga dengan rutin melakukan pembersihan. Tetapi, Christopher juga menegaskan bahwa untuk membersihkan bagian interior ini berbeda dengan saat mencuci bagian mobil. Hal ini salah satunya adalah karena jenis perawatan yang dilakukan juga berbeda.

“Untuk membersihkan bagian interior disarankan menggunakan sarung tangan. Janganlah menggunakan sabun untuk mencuci mobil, tetapi gunakan cairan khusus pembersih interior,” ucapnya. Selain itu, Christopher mengatakan, bagian interior yang berbahan kulit sebaiknya menggunakan cairan khusus.

Sehingga, saat melakukan pembersihan tidak merusak bagian tersebut. “Untuk interior yang terbuat dari kulit disarankan menggunakan cairan yang mengandung pelembab.

Cara mencuci mobil dengan benar itu ada 4 tahapan di dalamnya. #SahabatRotary khususnya pelanggan bengkel porsche pasti sudah tahu! Seperti mencuci mobil bagian luar, bagian dalam, Bbn ataupun mesin. Jika keseluruhan proses ini dapat dilakukan dengan benar maka mobil anda semakin melesat di Jalanan. Mobil adalah suatu benda yang terbuat dari beberapa bahan seperti plastik, karet, dan besi. Komponen yang paling banyak yaitu menggunakan bahan cat. Seperti kita tahu cat adalah bahan kimia yang sangat sensitif. Untuk cara mencuci mobil yang benar tentunya diperlukan cara-cara khusus di setiap bagian mobil sehingga pembersihan menjadi lebih maksimal. Kesalahan dalam membersihkan mobil sedikit saja dapat merusak mobil atau pencucian menjadi tidak seperti yang kita harapkan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak tips mencuci mobil dengan benar:

Baca Juga :  Aki Sudah Soak Meskipun Mobil Jarang Digunakan?

1. Cara Mencuci Mobil Bagian Luar

Anda harus menyemprotkan air terlebih dahulu dari selang selama 15 detik, untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi merusak cat. Tutuplah dahulu jendela dan pintu mobil dengan rapat
Anda dapat mulai mencuci mobil dengan menyemprotkan air dari selang ke badan mobil untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat pada body mobil. Menyemprotkan itu penting, karena jika kita langsung menggosok body mobil dikhawatirkan debu dan pasir tersebut dapat menggores cat.

Beli pembersih khusus untuk mobil. janganlah gunakan deterjen asal-asalan karena dapat merusak cat mobil anda! Deterjen dan wax dapat digunakan untuk mencuci mobil. Wax dapat membuat cat mobil lebih bersinar.
Lalu gunakanlah spon bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan spon diawali dengan bagian atapnya terlebih dahulu.

Anda harus menghindari mencuci mobil pada sinar matahari langsung atau mobil terkena cahaya matahari langsung, karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat.
Cuci sampai bersih, jangan ada sabun tertinggal pada cat, karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak cat bengkel porsche. Kemudian keringkan mobil menggunakan lap khusus yang bersih serta tidak berbulu. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang menempel pada lap karena akan berpotensi merusak cat.

2. Cara mencuci Mobil Bagian Dalam

Untuk cara mencuci mobil bagian dalam, Anda tidak membutuhkan air yang banyak, Anda hanya perlu sedikit air sabun untuk membilas interior mobil menggunakan spon/lap. Interior mobil itu kotor biasanya disebabkan oleh noda yang tertinggal oleh telapak tangan, sepatu, makanan, dan minuman atau bisa karena berbagai hal.
Jangan menggunakan pemutih untuk membersihkan mobil bagian dalam atau interior.
Biarkan pintu mobil tetap terbuka agar proses penguapan yang terjadi dapat lebih lancar.

3. Cara mencuci Mobil Bagian Mesin

Kita memasuki bagian paling sensitif dari mobil yaitu mesin mobil. Untuk mencuci mobil dengan benar pada bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati.

  • Di dalamnya ada bagian mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor.
  • Pastikan anda membersihkan bagian mesin dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena jika air masuk ke bagian busi maka akan menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan atau macet.
  • Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang menempel pada mesin, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring ataupun bisa menggunakan minyak tanah.

4. Cara Mencuci Ban Mobil

Ban mobil sangat mudah sekali terkena kotoran, karena ban adalah komponen bengkel porsche yang langsung menyentuh permukaan tanah. Kotoran mudah sekali melekat pada ban mobil.
Untuk membersihkan rim ban gunakanlah sabun yang cocok untuk ban. Rim yang berwarna perlu dicuci dengan sabun khusus, sedangkan untuk rim berlogam gunakanlah sabun biasa.
Jika ada noda atau kotoran yang sulit untuk dibersihkan, maka gunakanlah sikat yang bersabut.

Baca Juga :  Prosedur Pengecekan AC Mobil di Rotary Bintaro

Itulah beberapa cara mencuci mobil yang benar. Jika anda betul-betul memperhatikan tips di atas dalam mencuci mobil Anda, Maka mobil Anda akan menjadi bersih tanpa noda. Selain itu, komponen mobil anda seperti cat dan mesin tetap terjaga dan tentunya lebih tahan lama. Itulah cara mencuci mobil yang dapat disarankan! Semoga tips mencuci mobil ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Sekarang ini ada banyak tempat cuci mobil di sekitar rumah atau area kerja. Ketika akhir pekan tiba, selain memperhatikan faktor mesin, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan body mobil. Terutama, ketika body mobil kotor dan kusam. Anda dapat memanfaatkan akhir pekan jika ingin membersihkan body mobil. Namun, Anda harus tau bagaimana cara membersihkannya dengan tepat!

Nah, itu teknis untuk membersihkan mobil secara menyeluruh. Tapi tentu saja untuk membersihkan mobil tidak boleh sembarangan. Berikut ini ada beberapa mekanisme dalam hal cuci mobil yang aman untuk menjaga cat mobil tetap kinclong dan awet.

1. Gunakan alat yang khusus

Untuk mencuci mobil tentu Anda harus menggunakan perlengkapan pencuci mobil, gunakan peralatan khusus untuk mencuci mobil! Misalnya, seperti serat mikro, sarung tangan untuk mencuci dan handuk berbulu untuk mengeringkan body mobil. Sebaiknya Anda jangan menggunakan kanebo dan spons dengan busa biasa! Kanebo dan spons biasa sebetulnya kurang efektif untuk membersihkan mobil.

2. Sebelum benar-benar mencuci mobil, bersihkan seluruh area mobil

Utamakan membersihkan bagian bawah mobil (seperti kolong, roda dan termasuk velg) ketimbang body mobil dulu menggunakan air tanpa sampo. Perlu diperhatikan ketika Anda mencuci bagian bawah mobil. Hindari memercikkan air ke body mobil karena, percikan air bisa menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik air atau biasa disebut jamur.

Terlebih, jika mencucinya di bawah sinar matahari langsung, maka air akan cepat mengering kemudian jadi jamur. Jamur pada bengkel porsche cukup nakal untuk membuat body mobil jadi kusam, lho.

Setelah bagian bawah mobil dibersihkan, bersihkanlah bagian atas atau bodi mobil. Anda dapat menggunakan air tanpa sampo seperti membersihkan bagian bawah mobil. Namun buanglah kotoran dan debu terlebih dahulu menggunakan serat mikro / micro fiber atau vakum khusus.

3. Semprotkan air dengan benar

Ketika Anda menggunakan air yang bertekanan tinggi, maka miringkanlah semprotan air ke arah samping kanan atau kiri. Hindarilah menyemprotkan air secara horizontal (semprotan langsung diarahkan ke depan tanpa dimiringkan). Lebih baik, arahkan dari atas ke bawah. Metode ini bertujuan untuk membuat kotoran langsung jatuh.

4. Gunakan sampo khusus dan dengan kemampuan pH balance

Setelah semua area mobil basah, gunakan sampo khusus untuk mencuci seluruh bodi mobil. Ada beberapa produk sampo memberikan bau yang harum atau deterjen dengan campuran khusus. Namun yang perlu dihindari adalah jangan menggunakan bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi seperti untuk mencuci piring, karena bodi mobil dengan lapisan cat dan perlindungannya cukup berbeda dengan piring.

Dari semua produk pembersih mobil, pilihlah shampo yang mampu menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dari air yang digunakan. Kita tidak tahu atau kurang tahu berapa banyak zat besi dalam air yang bisa menyebabkan karat di bodi mobil. Dengan menggunakan sampo yang tepat bisa menyeimbangkan zat korosif air menjadi pH yang seimbang.

Ada lagi yang harus diperhatikan, yakni ketika ada kotoran atau jamur yang tidak hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Karena, bisa menghilangkan lapisan varnish cat bengkel porsche.

Baca Juga :  Seberapa Penting Ac Mobil Saat Menghadapi Macet dan Panasnya Kota Jakarta ?

5. Hilangkan kotoran yang membandel dengan trik berikut ini

Kotoran yang sulit dibersihkan bisa disebabkan oleh bahan aspal yang menempel pada bodi mobil atau bahkan serangga yang menempel pada bagian-bagian mobil. Jika demikian, maka Anda membutuhkan sedikit tahapan khusus ketika mencuci mobil. Tahapan khusus itu dengan menggunakan claying. Jika Anda menggunakan claying, semua noda yang terlihat ataupun tidak, pasti akan hilang.

Namun, gunakanlah bahan tersebut dengan bijak, maksudnya sesuai kadar kotoran yang ada pada bodi mobil dan jangan terlalu sering. Karena, meskipun bahannya lembut, bahan tersebut sangat abrasif dalam mengangkat kotoran dan akan mengikis lapisan pernis mobil. Tipsnya adalah dengan menggunakannya secara berkala, 3 atau 6 bulan sekali.

6. Lap yang digunakan gak boleh sembarangan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin satu, ketika akan mengeringkan mobil setelah dicuci, pastikan menggunakan handuk berbulu. Sebaiknya jangan menggunakan Kanebo, karena bisa menyebabkan goresan. Hal itu karena kanebo memiliki bahan yang kasar.

Selain dari poin-poin tersebut diatas, beberapa hal berikut bisa menjadi perhatian kita saat membersihkan mobil porche kita, 5 tips membersihkan mobil pada saat pademi corona:

1. Gunakan sabun

Penggunaan sabun khusus untuk mobil sangatlah efektif untuk membersihkan sejumlah bagian luar dan dalam mobil dari kuman atau virus. Apabila Anda ragu pada sabun pembersih yang digunakan, maka ujilah terlebih dahulu pada permukaan yang tidak mudah dilihat terlebih dahulu.

2. Pakai tisu disinfektan

Pastikan untuk membersihkan benda-benda yang berada di kabin mobil. Terutama benda yang kerap tersentuh tangan, termasuk setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio maupun power, kaca spion dan lainnya. Mengutip dari laman The Newswheel, supaya tidak memicu kerusakan pada permukaan atau sistem elektronik di interior, pembersihan dapat menggunakan tisu disinfektan. Selain itu, janganlah Anda menggunakan produk pembersih berbasis amoniak pada layar sentuh karena dapat menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

3. Pakai pembersih yang tepat

Saat mencuci mobil, jangan lupa membersihkan karpet, kursi dan headliner hingga bagian belakang jok, terutama kursi baris pertama dan kedua. Namun, untuk membersikannya harus memakai cairan atau produk pembersih yang tepat juga. Misalnya menggunakan pembersih bahan kulit atau sampo khusus jok. Tisu disinfektan yang bebas pemutih juga bisa digunakan. Gunakan tisu penghapus makeup untuk membersihkan interior berkulit seperti karpet, kursi dan headliner. Sebaiknya jangan memakai pembersih yang mengandung pemutih, aseton, alkohol tinggi dan minyak tanah karena berisko merusak sejumlah permukaan interior yang sensitif.

4. Gunakan sarung tangan sekali pakai

Penggunaan sarung tangan sekali pakai dapat mencegah paparan virus saat Anda mencuci mobil. Dengan memakai sarung tangan, Anda juga bisa dengan aman memungut sampah atau tisu bekas yang biasa tertinggal di dalam mobil. Setelah pembersihan, buang sarung tangan itu.

5. Lap cairan pembersih dengan cepat

Setelah menyemprotkan sabun atau bahan pembersih lainnya . Segeralah lap untuk mengeringkannya dengan cepat. Jangan membiarkan bahan kimia terlalu lama di permukaan.

6. Cuci tangan

Setelah membersihkan mobil, segera cuci tangan dengan sabun. Guna menjaga kebersihan kabin mobil, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah Anda berkendara. Perlu diingat. mencuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan yang penting dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?