fbpx

Bengkel Terbesar : Mobil Kena Banjir, Bisa Diklaim Ke Asuransi Ga?


Hai #SahabatRotary

Banjir udah usai, saatnya untuk bersih-bersih rumah dan perabotan. Eits! Jangan Cuma cek barang-barang kamu masih untuk atau nggak, kamu juga perlu untuk mengecek apakah kendaraan kamu yang ada di rumah baik-baik saja. Saat ini banjir udah jadi acara tahunan yang hampir setiap tahun ada. Tapi memang banjir yang ada di Jabodetabek kemarin cukup besar dan bikin repot warga sekampung.

Gimana engga, itu banjir lewat beberapa kota, padahal hujannya cuma semalem doang. Ya, diluar dari pada itu mimin dan keluarga kekitaan mengucapkan belasungkawa untuk seluruh korban banjir di Jabodetabek dan wilayah lainnya. But anyway, buat kamu yang masih memiliki harta benda berharga seperti mobil atau kendaraan motor lainnya udah klaim asuransinya/ belum? Atau kamu termasuk tim gercep yang mengklaim polis asuransi begitu banjir melanda?

Jangan-jangan ada yang masih bertanya-tanya; Mobil Kena Banjir, Bisa Diklaim Asuransi Ga? Nah diartikel kali ini, mimin and the team secara khusus akan membahas tentang apa aja langkah-langkah yang harus kamu ambil setelah banjir surut, dan melihat kendaraan kesayangan kamu rusak berat karena terjangan banjir.

Kalo kamu udah mengasuransikan kendaraan kamu, mungkin kamu bisa bernafas lega karena kerusakan mobil kamu akan diganti oleh asuransi. Sebelum menghubungi perusahaan asuransi, yuk simak langkah-langkah yang sebaiknya kamu lakukan setelah hujannya reda.

Jangan Buru-Buru Starter Mobil Kalo Banjir Selesai

bengkel terbesar

Setelah banjir surut dan melihat kendaraan kamu udah tergenang banjir selama beberapa hari, tentu hal pertama yang akan kamu lakukan adalah mengecek apakah mobil kamu masih bisa dipakai atau tidak. Ya mungkin salah satu caranya adalah dengan mencoba menyalakan mobil.

Tapi kalo begitu kamu hidupkan dan ternyata mobil kamu tidak bisa berfungsi, jangan coba-coba untuk terus men-start mobil kamu. Justru hal tersebut akan merusak mobil kamu. Langkah yang benar ketika mobil kamu terendam banjir berhari-hari dan mobil tidak bisa dihidupkan adalah segara hubungi mobil derek dan bawa ke bengkel terbesar. Biarkan ahlinya yang bekerja, kamu tinggal duduk manis dan menunggu mobil kesayangan kamu selesai diperbaiki oleh montir professional.

Jadi, ketika mobil kamu udah terendam banjir, jangan sekali-kali mencoba menghidupkannya dengan paksa ya. Segera panggil mobil derek dan antar ke bengkel terbesar langganan kamu.

Asuransi Kendaraan itu Penting Bukan Cuma Pas Banjir

bengkel terbesar

Pas udah banjir gini nih, mungkin kamu yang belum punya asuransi kendaraan akan menyesal. Kok kenapa gue nggak beli asuransi kendaraan dari kemaren–kemaren ya?

Itu dia gengs, buat kalian yang udah punya kendaraan pribadi jangan nanggung-nanggung untuk merawatnya. Karena mobil atau kendaraan lainnya merupakan aset berharga yang bisa kamu jual lagi dimasa yang akan datang.

Tapi nggak mau dong harganya turun dari total uang yang udah kamu keluarin. Selain itu, aset kendaraan pribadi juga memiliki risiko kecelakaan, pencurian sampai bencana alam. Asuransi berfungsi untuk ngejaga supaya risiko-risiko tersebut bisa diminimalisir atau bahkan diganti. Misalnya kamu beli motor, terus motornya dicuri, kalo kamu lapor polisi nggak ngejamin tuh motornya bisa balik lagi.

Kalo udah terdaftar diasuransi total loss only (TLO) misalnya, motor kamu yang udah dicuri akan diganti motor baru. Atau kamu baru banget beli motor, terus jalan lah bareng geng, eh di jalan motornya kegores sama orang lain, kan keki ya.

Kalo kamu udah pake asuransi, kecelakaan kecil atau hingga yang besar bisa di klaim ke pihak asuransi untuk diganti rugi.  Seru nggak tuh? Bukan cuma karena kecurian atau kecelakaan  aja, beberapa produk asuransi kendaraan juga ada yang memberikan perluasan pada risiko-risiko seperti bencana alam, ya salah satunya banjir baru-baru ini. Sebagai bentuk komitmennya; kamu tinggal bayar premi per bulannya ke pihak asuransi dimana kamu mendaftar.

Mobil Kena Banjir Bisa Klaim Asuransi ga?

Udah mimin jelasin panjang lebar apa aja yang harus dilakuin kalo mobil kerendam banjir sama keuntungan kalo kamu udah beli asuransi kendaraan, sekarang muncul pertanyaan; “kalo mobil kena banjir bisa klaim asuransi nggak?”

Jawabannya, bisa banget mba sis dan mas bro, tapi ada syaratnya yaitu asuransi yang udah kita beli udah termasuk perluasan ke bencana alam seperti banjir.

Banyak nih para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil yang punya asuransi tapi nggak dilihat dulu kebutuhannya apa aja. Sedikit tips nih dari mimin, kalo kamu tinggal di daerah yang sering kena banjir, sebaiknya kamu membeli asuransi kendaraan dengan perluasan bencana alam seperti banjir. Tapi kalo kamu tinggal di daerah yang nggak sering-sering banget kena banjir atau bahkan nggak ada banjir sama sekali, mungkin perluasan ke bencana alamnya kamu bisa pilih tsunami, gempa atau bencana lainnya. Inget loh asuransi ini ngga gratis.

Jadi kalo kamu udah melakukan perluasan pada polis asuransi kendaraan yang dibeli, kamu juga harus nambah iurannya. Itulah kenapa kalo kamu beli asuransi harus sesuaikan dengan kebutuhan, mimin tahu kalo situ sultan tapi jangan semua asuransinya dibeli juga, bisa bobol nanti apalagi kalo mobilnya nggak satu. Bencana banjir yang melanda Jakarta baru-baru ini juga bikin penjualan asuransi kendaraan meningkat, plus klaimnya juga meningkat.

Kata salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, setiap harinya ada nasabah yang meng-klaim asuransi kendaraan dikarenakan bencana banjir. Tapi salah langkahnya kalo kamu beli polis asuransi kendaraan dengan perluasan ke bencana alam setelah bencana alamnya selesai, seperti sekarang dan buru-buru mengklaim. Sedikit informasi nih gan, karena ada beberapa nasabah yang coba nekat klaim setelah beberapa hari bikin perluasan.

Jadi jangan salahkan perusahaan asuransinya ya, karena mereka juga punya aturan ketika akan mengganti kerugian dari bencana alam ini. Tapi, tidak ada salahnya kamu melakukan perluasan sekarang, untuk mengantisipasi risiko banjir lainnya. Semoga sih, Jakarta dan sekitarnya juga Indonesia raya aman sejahtera sentosa dari bencana-bencana yang membuat ibu pertiwi bersusah hati ya gan.

Simak Cara Klaim Asuransi Kendaraan Karena Banjir

Setelah kamu tahu apa saja yang harus dilakukan pasca-banjir pada kendaraan kamu, sekarang mimin mau bagi-bagi informasi tentang gimana sih caranya klaim asuransi kendaraan. Hal yang wajib dan paling utama sih jelas bahwa kamu harus memiliki asuransi pada kendaraan kamu. Jangan ngaku-ngaku lo ya datang ke bengkel terbesar yang udah kerjasama dengan asuransi, atau menghubungi asuransi tapi kamu belum memiliki asuransi.

Kedua adalah memastikan bahwa asuransi yang kamu pilih udah memiliki perluasan untuk bencana alam seperti banjir. Jika tidak, jangan harap perusahaan mau mengganti rugi kendaraan kamu yang rusak akibat bencana banjir ya. Terakhir adalah cek pilihan-pilihan metode yang disediakan perusahaan asuransi yang kamu ikuti. Sekedar info nih gan dan mba sis, kalo sekarang mau klaim asuransi kendaraan kamu nggak usah jauh-jauh datang ke kantor asuransinya. Karena rata-rata perusahaan asuransi udah menyediakan beberapa pilihan metode klaim seperti:

Aplikasi

Zaman modern seperti sekarang semuanya jadi serba mudah, apalagi kalo ada aplikasi. Perusahaan-perusahaan asuransi juga udah memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk membuka asuransi hingga melakukan klaim asuransi. Kamu tinggal mengisi data dan mengkonfirmasi kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu. Sehingga langkah selanjutnya tidak akan terlalu sulit untuk dilakukan, karena biasanya perusahaan asuransi akan mengirimkan Derek untuk memindahkan kendaraan kamu ke bengkel terbesar. Atau kamu bisa menggunakan Derek bukan dari asuransi untuk memindahkan mobil kamu.

Mimin nggak menyarankan setelah banjir surut dan kamu merasa mobil kamu baik-baik aja trus kamu bawa mobilnya. Mimin lebih menyarankan agar kamu pakai jasa Derek supaya lebih aman. Nggak kebayang kan kalo sampai mogok ditengah jalan, capek dua kali nantinya gan.

Telepon

Pilihan kedua adalah menelepon pihak asuransi terkait kerusakan mobil kamu dan permohonan klaim asuransi. Menurut mimin menelepon langsung pihak asuransi lebih mudah dan praktis, selain itu kamu bisa menjelaskan lebih detail kepada pihak asuransi mengenai kerusakan yang terjadi pada mobil kamu. Kalo udah menghubungi pihak asuransi, tinggal tunggu saja langkah selanjutnya ya gan.

E-Form

Selain menggunakan asuransi, kamu juga bisa mengklaim asuransi kendaraan dengan mengisi formulir secara online. Metodenya sedikit mirip dengan aplikasi, tapi menggunakan e-form lebih ke internet base. Jadi kamu nggak perlu download aplikasi dari perusahaan asuransinya. Kamu cukup melakukan log-in ke akun asuransi secara online dan mengisi seluruh data yang dibutuhkan. Tunggu beberapa saat dan pihak asuransi akan segera mengkonfirmasi data yang udah kamu input, serta memberikan instruksi untuk langkah selanjutnya.

Datang ke Kantor

bengkel terbesar

Ketika melakukan klaim asuransi menggunakan metode yang udah mimin sebutkan sebelumnya, terkadang akan terjadi kesalahan. Sehingga suka tidak suka, kamu harus datang ke kantor asuransinya langsung, apalagi sedang ramai klaim asuransi seperti sekarang ini. Tapi jangan khawatir, karena perusahaan-perusahaan asuransi akan tetap melayani kebutuhan klaim asuransi kendaran bermotor ketika kamu datang langsung ke kantornya.

Kapan Waktu Tepat Beli Asuransi Kendaraan?

bengkel terbesar

Kalo udah banjir begini, baru deh kepikiran untuk beli asuransi kendaraan bermotor. Jadi nyesel kenapa nggak dari kemarin aja ya cepet-cepet beli asuransi kendaraan bermotor. Mungkin sebagian dari agan dan mba sis yang lagi baca nih sama-sama menyesal kenapa nggak segera beli asuransi kendaraan bermotor.

Kalo kata pepatah sih sedia payung sebelum hujan, jangan udah kena banjir baru deh kepikiran untuk cepet-cepet beli asuransi kendaraan bermotor. Tapi, tidak ada yang terlambat ya gan! Semoga hujan dan banjir yang dialami kali ini bisa jadi pelajaran bagi kita untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Balik lagi ke pertanyaan sebelumnya, kapan waktu tepat untuk beli asuransi kendaraan.

Yang pasti nih gan, kalo kamu udah punya kendaraan bermotor, udah tepat banget tuh waktunya untuk beli asuransi kendaraan. Tapi secara spesifik ada dua kondisi dimana kamu bisa segera membeli asuransi kendaraan. Lagian kalau mau beli asuransi apa aja sekarang itu mudah banget gengs.

Mungkin udah semua perusahaan asuransi, baik yang dalam negeri ataupun yang internasional ngasih kemudahan dengan daftar secara online. Atau kamu bisa datang langsung ke kantor cabang dan mengajukan permohonan untuk menjadi nasabah asuransi. Mudah banget kan?

Membeli Kendaraan Bermotor Secara Kredit

Kalo kamu membeli kendaraan bermotor secara kredit biasanya perusahaan pemberi kredit udah melengkapi cicilan kamu dengan asuransi. Tapi asuransi yang ditawarkan adalah TLO. Kalo kamu mau aman ketika banjir kamu harus meminta perluasan untuk bencana alam, bukan hanya ketika kehilangan saja.

Sedikit berbagi nih gan, pernah beberapa tahun lalu tetangga mimin beli motor baru. Eh belom juga seminggu, motornya ada yang nyuri. Untungnya dia pake metode kredit, dan keesokan harinya tetangga mimin ini langsung urus surat kehilangan serta berkas-berkas lainnya untuk mengklaim. Dan tidak perlu waktu lama, dalam dua hari motor yang hilang itu udah diganti dengan motor yang baru.

Tinggal di Daerah dengan Risiko Tinggi

Beberapa risiko yang diproteksi oleh asuransi adalah TLO, kerusakan dan bencana alam. Tapi bencana alam termasuk ke dalam perluasan asuransi. Biasanya asuransi yang ditawarkan adalah TLO atau TLO plus kerusakan. Kalo kamu mau menambah dengan bencana alam seperti gempa, Tsunami, atau banjir, kamu harus mengajukan perluasan. Karena permintaan perluasan akan berpengaruh ke jumlah premi yang akan dibayarkan nantinya. Tingkat proteksi yang lebih tinggi ketika kamu memilih perluasan, tentu premi yang harus dibayarkan akan lebih tinggi.

Bencana alam yang diproteksi oleh asuransi umumnya mencakup gempa, Tsunami, dan banjir. Jika kamu berada di daerah-daerah yang udah rutin terkena banjir, daerah rawan gempa, atau pantai yang entah siapa yang tahu bisa saja terjadi Tsunami, sebaiknya kamu udah memiliki polis asuransi perluasan.

Tips Agar Kendaraan Kamu Aman Sebelum Musim Banjir Datang Lagi

Di bagian awal sampai akhir artikel ini mimin udah berbagi informasi yang relatif relevan ketika banjir melanda, agar kendaraan kamu aman dan selamat dari kerugian akibat banjir. Sekarang buat kamu yang belum punya kendaraan dan berencana segara beli kendaraan, apa saja sih yang harus dipersiapkan supaya kendaraan kita siap menghadapi berbagai risiko?

Cek Perjanjian

Langkah pertama adalah lihat perjanjian pembelian kendaraan. Seperti yang udah mimin bahas di atas, kalo kendaraan kamu dibeli dengan metode kredit bisa dipastikan kalo pemberi kredit akan melengkapi kendaraan kamu dengan asuransi. Tugas kamu adalah memastikan kalo polis asuransinya udah dilengkapi dengan perluasan. Kalo kamu udah memastikan polis asuransi dilengkapi dengan perluasan you’re save bro!

Perusahaan Terbaik untuk Kendaraan Kesayangan

Yang kedua nih buat kamu yang udah punya mobil tapi belum punya polis asuransi, buru-buru deh tu cari perusahaan yang cocok buat kamu. Jangan sampe kendaraan kesayangan kamu tanpa proteksi. Apalagi ditengah kondisi alam yang makin nggak menentu. Jangan lupa pelebaran jalan atau pembangunan-pembangunan yang ada di berbagai daerah sekarang juga bisa jadi penyebab kerusakan kendaraan. Mulai dari risiko kecelakaan yang semakin meningkat, atau performa kendaraan yang menurun gara-gara cara menggunakannya yang nggak semulus dulu akibat pembangunan.

Dari artikel ini kamu jadi tahu kan gimana caranya memberikan proteksi pada kendaraan kesayangan kamu?

Tidak hanya sebatas perawatan dengan pergi ke bengkel terbesar yang kita tahu. Sama mungkin nggak sih kendaraan kesayangan kamu untuk klaim asuransi karena bencana alam hujan seperti kemarin. Nggak lupa mimin juga kasih beberapa tips untuk kamu. Well, itu dia beberapa informasi yang bisa mimin bagi untuk kamu. Semoga informasi yang mimin bagi ini bisa bermanfaat buat kamu ya. Jangan lewatin informasi-informasi lainnya di artikel-artikel selanjutnya.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

asuransibanjirbengkel mobilbengkel terbesarmobil kena banjirmusim hujan

Leave a Reply