Bengkel Waralaba : Cara Memilih Waralaba Otomotif yang Menguntungkan

Share :

Hai #SahabatRotary, tertarik untuk memulai bengkel waralaba?

Waralaba atau wholesale biasa disebut dengan Franchise dan Franchaising yaitu suatu hak untuk menjual produk atau jasa atau layanan. Secara definisi waralaba  yaitu sebuah hubungan kerja sama yang biasanya memiliki kontrak yang dilakukan antara pemilik dari waralaba atau usaha (franchisor) dan penerima waralaba (franchise).

Jadi, waralaba atau wholesale merupakan suatu hubungan kerjasama bisnis yang dilakuan antara dua pihak, yakni pemilik franchisor dengan penerima atau franchisee, di pihak penerima waralaba akan beri izin utnuk menggunakan berbagai sarana pada bisnis agar bisa mendapatkan keuntungan usaha sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama. Tidak hanya mendapatkan royalti dari pihak penerima waralaba, pihak pemilik waralaba (franchisor) juga akan mendapatkan jaringan bisnis yang lebih luas tentu saja ini akan menguntunkan untuk jangka panjang. Sementara itu, pihak penerima franchisee akan mendapatkan keuntungan karena mereka dapat membangun bisnis usaha dengan lebih mudah juga mereka bisa memasarkan produk yang telah dikenal dan diterma oleh masyarakat. Mudah kan memahami wholesale atau waralaba ini.

Bisnis waralaba ini dilakukannya pertukaran uang dengan menandatangan kontrak yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua pihak betujuan agar bisnis dan usaha dapat dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan sesuai kesepakatan bersama. Ketika waralaba ini hendak dijalankan maka pemilik waralaba mempunyai tugas dalam penjualan produk atau jasa sesuai dengan ketentuan dari franchisor, kemudian pemiliki waralaba dapat mengambangkan bisnis yang dimilikinya.

Macam-Macam Waralaba yang Menurut Kriteria

  • Waralaba produkwaralaba otomotif

Jenis waralaba atau wholesale produk ini biasanya lebih akan disukai oleh masyarakat, waralaba produk ini memiliki sistem yang berlaku dan lebih jelas, merek perusahaan sudah diterima oleh kalahangan masyarakat di seluruh dunia, waralaba ini lebih bergengsi.

  • Waralaba jasa

Waralaba atau whole jasa merupakan jenis waralaba yang akan memberikan produk berbentuk jasa dan layanan. Sebagai contoh adalah di bidang studio photo atau jasa sewa video, dibidang pendidik, jasa travel.

  • Waralaba gabungan

Pada jenis ini biasanya akan menawarkan dalam bentuk barang maupun jasa, gabungan dari keduanya.

WARALABA MENURUT ASALNYA

  • Waralaba Luar Negeri

Waralaba atau wholesale luar negeri mencakup wilayah diseluruh dunia, pdosuk atau jasa yang ditawarkan biasanya sudah banyak diminati oleh pangsa pasar dan juga dapat diterima diberbagai negara lain. Artinya merek-merek dari waralaba luar negeri ini sudah ternama sebagai contoh KFC, MCDonals dan sebagainya.

  • Waralaba Dalam Negeri

Waralaba atau wholesale ini mencangkup daerah yang hanya ada di dalam negeri saja, fokus dari waralaba ini adalah pasar dalam negeri. Waralaba jenis ini merupakan salah solusi untuk orang-orang yang berkeinginan untuk memiliki investasi dengan menggunakan modal yang tidak  tinggi tetapi keuntungan yang didapatkan akan cepat didapatkan hasilnya. Pada saat ini telah banyak waralaba yang hadir di dalam negeri. Sebagai contohnya yang sudah ada adalah Minimarket Indomaret & Alfamart, dan lain sebagainya.

TIPE TIPE WARALABA

  • Trade name franchising

Trade name franchising adalah jenis tipe usaha atau waralaba yang diberikan hak untuk dapat melakukan produksi misalnya PT. Great River yang mempunyai hak untuk memproduksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi yang berasal dari Jerman.

  • Product distribution franchising

Product distribution franchising merupakan jenis waralaba yang mendapatkan hak dalam melakukan distribusi pada wilayah-wilayah yang sudah di tentukan, contohnya adalah soft drink dan kosmetik.

  • Pure franchising

Pure Franchising adalah jenis waralaba yang memiliki jenis untuk mendapatkan hak sepenuhnya untuk pihak penerima, mulai dari trademark hingga ke bagian pengendalian kualitas produk, misialnya restaurant.

MACAM-MACAM USAHA WARALABA DI BIDANG OTOMOTIF

Baca Juga :  Kalau AC Mobil Getar Apa Dampaknya Untuk Pengguna Mobil?

daftar waralabaUsaha waralaba atau wholesale ini memang tidak dapat kita duga atau perkirakan, hanya saja yang kita tahu bahwa didalam jenis usaha waralaba yang ingin kita dalami adalah jenis waralaba yang telah populer, misalnya di bidang makanan, minuman dan dibiang lainnya yang sudah diketahui oleh masyarakan luas. Jenis usaha waralaba pun tidak hanya di bidang makanan dan pakaian, di zaman sekarang pun banyak waralaba atau wholesale yang dikembangkan khususnya dibidang otomotif, hal ini karena pengguna kendaraan baik kendaraan beroda dua ataupun beroda empat sudah banyak digunakan dan perkembangannya sangatlah pesat. Berikut ini beberapa daftar dan penjelasan dari kehadiran waralaba otomatif di sekitar #SahabatRotary pelanggan bengkel waralaba:

  • Autocare Center

Auto care center adalah salah satu jenis usaha yang tujuannya menyediakan solusi yang dbutuhkan untuk pemeliharaan pada produk otomotif. Salah satu jenis usaha yang sudah terkenal ini berdiri sejak tahun 2003; didapatkan adalah sebesar Rp 1.000.000.

  • Pertamini

Pertamini adalah paket waralaba yang ditawarkan untuk produk pengisian bensin yang inovatif. Pertamini ini awal berdirinya pada tahun 2009 oleh perusahaan sebuah perusahaan yang berama “Pelangi Seimbang Selaras”. Modal yang dibutuhkan sekitar Rp.6.900.000.

  • HD car care

Waralaba atau wholesale high definition car care atau HD  car care ini penawarkan perawatan pada kendaraan. Produk yang dipakai berasal dari Amerika. Mempunyai produk yang lengkap dan juga tentunya berkualitas. Waralaba ini menjadikan brand HD Car Care memiliki pasarnya sendiri didalam industri yang sudah menyebar di seluruh dunia. Nama perusahaannya adalah PT Aristoli.  Pake waralaba ini sudah dipasarkan pada tahun 2014. Modal awal yang #SahabatRotary pelanggan bengkel waralaba butuhkan adalah sekitar Rp 250 juta.

  • King auto interior

Untuk yang suka dengan desain interior untuk otomotif dan juga ingin berbisis dibidang ini maka paket warlaba ini sangatlah cocok dan menarik. Usaha waralaba King Auto & Home Interior Indonesia ini menawarkan Cover Seat & Interior Maker dan Home Interior dan di resmikan pada tahun 2006. Modal awal yang diperlukan untuk waralaba ini sekitar Rp. 120 juta dan bayaran untuk franchise sebesar 100 juta per 5 tahun.

  • Valo waterless car care

Paket wholesale yang ditawarkan pada valo waterless car care ini adalah bisnis yang dilakukan di bidang jasa perawatan untuk otomotif, khususnya untuk mencuci mobil dengan memakai konsep untuk menhemat air. Merek utama yang digunakan adalah produk “Valo” dan aman dipakai untuk cat kendaraan, spengaplikasian yang dipakai menggunakan lap yang disebut dengan lap microfiber tidak akan mengakbatkan goresan pada kendaraan. Modal awal yang dibutuhkan minimal 75 juta rupiah dan juga ada biaya royalti sebesar 5 juta rupiah per tahunnya.

  • Sparepart factory
Baca Juga :  7 Keuntungan Service Ac Mobil Terdekat Rumah

Sparepat factory merupakan warlaba yang menyediakan sparepart dan bagian mobil lainnya untuk dipasarkan. Keuntugan dalam melakukan usaha waralaba ini adalah resiko kegagalan lebih sedikit, mendapatkan bantuan dan konsulasi bisnis, dapat memasarkan brand yang sudah dikenal masyarakat luas. Adapun kekurangan dari usaha waralaba antara lain selalu mengikuti konsep dan keinginan dari pemilik waralaba, biaya yang ditawarkan lebih mahal, reputasi yang sama akan didapatkan oleh penerima waralaba. 

Tips Sukses Bisnis Waralaba Secara Umum
Bisnis waralaba memang menawarkan tingkat keberhasilan tinggi.

Tetapi …

… bukan berarti usaha waralaba tidak bisa mengalami kegagalan.

Jadi kita perlu sejak awal belajar tips sukses bisnis waralaba untuk membaca pasar serta target pelanggan Anda.

Mari kita mulai

1. Ayokk Ambil Peluang

Jika dibandingkan sama negara lain, angka pertumbuhan pebisnis di Indonesia masih tergolong rendah. Sementara peluangnya sangat terbuka lebar. Gunakan kesempatan ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lihat tren terbaru yang sedang terjadi dalam dunia pewaralabaan, lalu cari celah yang bisa dijadikan sumber penghasilan dengan membuat analisis bisnis Anda yang komprehensif.

Jika perlu, kumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang bisnis waralaba serupa yang ingin Anda buka. Misalnya, jika Anda ingin membuka waralaba KFC, maka Anda juga harus mempertimbangkan bisnis waralaba restoran cepat saji lain seperti McDonald’s, A&W, atau Flip Burger. Pertimbangan ini memberikan hasil analisis yang lebih mendalam dan alasan yang kuat untuk Anda membuka bisnis waralaba restoran cepat saji yang kuat.

2. Sesuaikan Sama Keahlian / Mulai Sesuatu yang Anda Sukai

Siapapun bebas memilih usaha yang akan dijalankan.

Tetapi …

… lebih baik kalau usaha tersebut adalah keahlian #SahabatRotary. Paling tidak pastikan apa yang Anda jadikan usaha adalah sesuatu yang Anda sukai.

Sebagai contoh, Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, Anda dapat memilih usaha kuliner. Jika Anda seorang pecinta kopi, pilih usaha minuman kopi alih-alih makanan.

Menjalankan sesuatu yang Anda sukai atau kuasai akan meningkatkan potensi keberhasilan. Selain itu, Anda akan lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah sekalipun menghadapi kendala Tahukah di tengah jalan. Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi Anda untuk tidak cepat kecewa atau menyerah jika ada masalah yang rasanya sulit untuk dipecahkan.

3. Jangan Salah Pilih Waralaba
Di pasaran terdapat banyak sekali usaha waralaba yang dapat Anda pilih. Harga paketnya pun bervariasi, mulai dari satu jutaan hingga puluhan juta. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Pilih waralaba yang telah mengantongi izin usaha untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Jika produk yang ditawarkan adalah makanan atau minuman, lakukan pengecekan terkait kehalalan dan izin dari Dinas Kesehatan.

Ini juga membuat kredibilitas bisnis waralaba Anda lebih bisa dipercaya dan punya nilai lebih ketika orang bertanya tentang produk Anda atau membanding-bandingkan bisnis Anda dengan bisnis serupa lainnya.

4. Pilih Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi merupakan salah satu tips sukses bisnis franchise yang paling penting. Pasalnya, hal ini berkaitan erat dengan penghasilan yang akan #SahabatRotary pelanggan bengkel waralaba raih nantinya. Agar mendapat hasil maksimal, pilih tempat usaha yang berada di tengah keramaian.

Baca Juga :  Apa Itu Mesin Endoskopi?

Coba bandingkan, usaha minuman dingin yang berlokasi di pusat perbelanjaan dan area perumahan. Meskipun menjual satu produk dan produk yang sama, tetapi omzet keduanya berbeda. Penjualan di pusat perbelanjaan lebih tinggi daripada di area perumahan. Terlepas dari seberapa laku atau laris produk Anda di area perumahan, nilainya tidak akan sama tinggi dengan produk lain yang tidak terlalu laris di pusat perbelanjaan.

Memilih lokasi yang strategis bukan hanya memudahkan pelanggan untuk menemukan tempat usaha Anda, melainkan juga meningkatkan potensi keuntungan. Cara ini pun efektif dalam menjaring lebih banyak konsumen dan memperluas cakupan bisnis Anda. Tentu, bukankah mimpi semua pelaku usaha adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya?

5. Ambil Tanggung Jawab
Meskipun bisnis waralaba dapat dijalankan oleh orang lain, akan lebih baik jika Anda tetap terlibat secara langsung. Ambil tanggung jawab penuh, setidaknya sampai bisnis Anda menghasilkan omzet yang stabil. Anda tak perlu berada di lokasi setiap saat, cukup lakukan kunjungan secara berkala setiap hari.

6. Beri Pelayanan yang Baik
Produk berkualitas tidak ada artinya jika pelayanan pada konsumen buruk. Ingat, pembeli adalah raja. Kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Oleh karena itu Anda wajib untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Sapa pelanggan dengan senyum. Jadilah pribadi yang ramah dan sopan. Meskipun tampak sepele, tetapi tindakan tersebut membuat konsumen merasa lebih dihargai. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

7. Lakukan Pemasaran
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai rahasia sukses pebisnis handal? Jawabannya adalah pemasaran. Sebuah usaha tidak akan dapat berkembang tanpa pemasaran yang baik. Sebagus atau selezat apa pun produk yang Anda tawarkan, hasilnya tidak akan maksimal tanpa trik-trik pemasaran yang cerdik dan tepat guna.

Salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda adalah dengan memberi kejutan diskon pada pelanggan. Misalnya, untuk pembelian 5 item, pembeli akan mendapatkan potongan harga Rp10.000,00. Bisa juga dengan promo buy 3 get 1 free atau undian berhadiah. Selain bertujuan meningkatkan omzet, cara ini akan membuat pelanggan senang.

Dengan mengikuti sejumlah tips sukses bisnis franchise di atas, Anda tidak akan mengalami kesulitan menjalankan usaha waralaba. Ternyata berbisnis waralaba tidak sesulit yang dibayangkan. Yuk, mulai bisnis Anda sekarang!

Cara Memilih Bengkel Waralaba yang Menguntungkan

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti atau memilih waralaba atau wholesale adalah sebagai berikut:

  1. Memilih usaha waralaba pada bidang yang sesuai dengan keinginan Anda dan membuat Anda nyaman.
  2. Mencermati potensi pada bidang usaha waralaba yang ada di wilayah tempat tinggal Anda.
  3. Perhatikan bagaimana penyebaran mitra usaha yang sudah dikenal di wilayah tempat tinggal Anda.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?