Biaya Service Mobil : Berapa Biaya Service Mobil Turun Mesin Avanza?

ac mobil rusak

Share :

Hai #SahabatRotary

Sebagai pemilik mobil, wajib bagi Anda untuk menyiapkan biaya service mobil turun mesin. Istilah turun mesin akan terasa familiar bagi Anda seorang pemilik mobil. Anda yang memiliki kendaraan roda empat ini mungkin akan mengalami yang namanya turun mesin pada kendaraan Anda karena setiap komponen yang ada pada mobil pasti memiliki penurunan nilai pakai.

Biasanya, kendaraan akan mulai rewel saat sudah masuk ke usia penggunaan 5 (lima) tahun. Yang paling sering mengharuskan pemilik mengeluarkan biaya service mobil turun mesin mobil avanza adalah kerusakan pada onderdil berupa matinya motor fan AC . Selain bisa bikin AC mobil terganggu, saat motor fan mati mesin juga bisa menjadi overheat dan apabila dipaksakan akan menyebabkan turun mesin.

Cara pemakaian dan perawatan  onderdil akan sangat berpengaruh pada tingkat keawetan mobil Anda. Sangat penting bagi Anda melakukan pengecekan motor fan AC mobil di bengkel AC mobil terpercaya jika tidak ingin mobil avanza anda harus turun mesin.

Bengkel AC mobil Rotary Bintaro bisa menjadi rujukan Anda untuk melakukan perawatan dan pengecekan AC mobil kesayangan Anda. Anda bisa temukan cabang kami di beberapa daerah di Jabodetabek seperti, Bekasi, Tangerang, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur. Di Jakarta utara dan Jakarta Pusat, Anda bisa mencari bengkel resmi Denso terdekat ya. Bengkel kami sudah cukup berkembang sehingga bisa memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan kami.

Untuk segi perawatan yang kami tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Namun, kami tetap memfokuskan perawatan pada AC mobil karena sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun pada bidang tersebut.

Berikut ini akan kami sajikan info perihal turun mesin.

  1. Apa Itu Turun Mesin?

Turun mesin atau yang lebih dikenal sebagai overhoul adalah proses pembongkaran dan juga pelepasan mesin dari kendaraan. Hal itu yang bikin sebagian pemilik mobil khawatir sebab biaya turun mesin yang diperlukan cukup tinggi mengingat proses penurunan mesin dari kendaraan bukanlah hal yang mudah.

  1. Faktor Apa Saja  Penyebab Turun Mesin?

Banyak loh, faktor yang menyebabkan mobil harus dilakukan turun mesin, salah satunya karena matinya salah satu komponen mobil seperti motor fan AC. Ada lagi yaitu, kurangnya perawatan mobil seperti halnya ganti oli juga bisa menyebabkan terjadinya gesekan – gesekan antar komponen pada mesin kendaraan Anda yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Proses pengerjaan turun mesin memakan waktu yang cukup lama sebab menurunkan dari ruang mesin mobil harus dilakukan oleh tenaga profesional, bukan orang sembarangan. Akan dilakukan penguraian mesin, mulai dari kepala silinder hingga ke blok mesin setelah proses itu. Setiap komponen diperiksa secara detail kemudian dilakukan penggantian secara keseluruhan.

Jumlah biaya service mobil yang dikeluarkan serta lama pengerjaan tergantung pada kerusakan mesin. Contohnya saja seperti mobil Toyota Avanza produksi tahun 2012 yang tentu saja akan diperhatikan secara detail apa saja kerusakan dari mesin mobil tersebut baru dilakukan penggantian.

  1. Estimasi Biaya Turun Mesin Toyota Avanza 2012
  • Untuk harga packing full set maka dibandrol dengan harga senilai Rp. 1.560.000
  • Untuk harga piston dibandrol harga senilai Rp.1.860.000
  • Untuk harga setang piston dibandrol harga senilai Rp.325.000
  • Untuk harga ring piston dibandrol harga senilai Rp. 450.000
  • Untuk pres setang dibandrol harga senilai Rp.150.000
  • Untuk ganti engine mounting kiri dan kanan dibandrol harga senilai Rp. 630.000

Ada juga biaya lain yang diperlukan seperti lem silicon, oli mesin, filter oli, oli perseneling, dan gardan yang jika ditotal dapat mencapai Rp. 690.000.

Semua komponen yang terdapat di kepala silinder atau blok mesin itu berpotensi rusak. Jumlah yang harus diperbaiki atau diganti bergantung dengan jumlah komponen yang dideteksi bermasalah. Masing-masing bengkel menerapkan tarif jasa dan harga spare part yang banyak ragamnya. Melakukan proses tersebut di tempat bengkel resmi terpercaya agar hasilnya tidak mengecewakan adalah saran terbaik yang dapat kami berikan.

Lantas mending mana, service atau ganti?

  1. Service atau Ganti?

Begini, keputusan untuk melakukan service atau ganti dapat ditetapkan sesuai kondisi kerusakan mesin. Jika terjadi kerusakan parah pada komponen mesin Anda dan komponen tersebut tidak mungkin diperbaiki maka harus diganti.

Namun, jika kerusakan pada komponen tersebut tidak terlalu parah, komponen tersebut dapat di service saja sehingga meminimalisir biaya yang dikeluarkan. metal, cylinder, line (boring) , ring piston, klep (valve), adalah onderdil yang kerap diganti dengan harga yang cukup mahal.

Estimasi biaya turun mesin tersebut berkisar pada 5 hingga 10 juta rupiah, ini sudah termasuk harga barang dan juga jasa pemasangan. Begitu penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan dan juga perawatan terhadap semua onderdil mobil untuk menghindari resiko ini mengingat nominal biaya turun mesin yang dikeluarkan tidak sedikit.

Nah, setelah Anda mengetahui estimasi biaya turun mesin, cukup membuat shock, bukan? Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada mesin mobil kesayangan Anda? Uang sebesar itu terlalu berharga kalau hanya dihabiskan untuk proses turun mesin. Dana itu bisa dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting, loh.

Usut punya usut nih, pemilik mobil yang rajin melakukan pengecekan dan perawatan pada mobilnya banyak fakta yang membuktikan bahwa mobil nya masih nyaman digunakan hingga berusia 5 sampai 10 tahun, wow. Contoh kebiasaan bagus yang patut ditiru nih.

Penjelasan di atas, kami harapkan bisa memberi motivasi serta referensi tambahan bagi Anda agar tidak malas melakukan pengecekan dan perawatan demi kebaikan mobil kesayangan Anda. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro adalah solusi tepat untuk Anda menimalkan resiko mobil harus turun mesin yang disebabkan rusaknya salah satu komponen pada AC. Jangan pernah khawatir untuk sharing dan konsultasi demi mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi masalah yang ada.

Yang paling penting nih, jangan cuma memikirkan harganya yang murah tapi pertimbangkan juga komponen-komponen lainnya yang bisa saja akan merugikan Anda di kemudian hari.  Anda harus bisa jadi salah satu konsumen yang cerdas.

Seneng berbagi.
Pasti bermanfaat.

Temukan tips service mobil lainnya di sini.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?