Cara Membersihkan AC Mobil dari Bau Menyengat

bersih

Share :

Mobil merupakan kendaraan yang bisa merepresentasikan diri kita. Apakah si pemilik merupakan orang yang bersih dan peduli terhadap kendaraan. Jika kondisi mobil justru tidak terawat maka bisa dipastikan ia tidak begitu peduli akan kebersihan yang ada di sekitarnya. Mengetahui ada AC mobil yang mengeluarkan bau menyengat, saatnya anda untuk mengecek komponen di dalamnya.

Ada beberapa jenis kerusakan yang sering muncul pada mobil pribadi. Baik karena dari segi mesinnya atau juga karena dari segi komponen pendukung lain. Meski terkesan sederhana tetapi ac mobil tentu memberi andil dalam menciptakan kenyamanan berkendara. Jika komponen ini rusak, anda tentu bisa membayangkan betapa panasnya suhu di dalam mobil kita.

Cara Membersihkan AC Mobil dari Bau Menyengat

Biasanya bagi sebagian pengendara, mereka akan memasang wewangian untuk menambah hawa sejuk dan segar pada mobil. Tetapi tentu hal ini tidak begitu efektif dalam mengatasi bau tidak sedap pada AC. Apalagi jika bau yang dikeluarkan cukup mengganggu konsentrasi kita dalam berkendara.

Ada beberapa penyebab mengapa bau tidak sedap ini bisa muncul. Jika Anda memang tidak mengetahui komponennya dengan pasti, tak ada salahnya untuk membawa mobil ke bengkel AC mobil yang terpercaya. Cara ini lebih aman untuk kendaraan anda.

  1. Gunakan Vacum Cleaner

Cara mengatasi bau tidak sedap pada mobil anda yang pertama adalah dengan membersihkan semua bagian yang ada dalam mobil termasuk juga membersihkan AC. Anda bisa menggunakan vacum cleaner agar semakin mudah. Bersihkan bagian interior dari debu dan juga kotoran yang menempel. Sementara untuk membersihkannya, cukup semprotkan udara bersih bertekanan ke dalam AC.

Cara tersebut bisa menghilangkan debu dan kotoran yang ada. Hindari untuk menggunakan cairan karena bisa berpotensi merusakan mesin Ac. Lakukan cara ini dengan petunjuk yang benar agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya

Pastikan terlebih dahulu bahwa seluruh interior sudah bersih dari debu dan air. Periksa bagi AC dengan teliti apakah ada kebocoran yang membuatnya mengeluarkan bau tidak sedap. Kebocoran pada AC bisa menimbulkan adanya jamur dan udara menjadi lembab.

  1. Mengganti Udara Kotor

Cara kedua adalah mengganti udara yang kotor dan berbau yang ada dalam AC mobil. Caranya adalah dengan memarkirkan mobil tempat terbuka, buka pintu dan kaca, nyalakan AC dengan kecepatan yang maksimal. Cara ini untuk membuat udara kotor pada kabin bisa berganti dengan udara segar yang datang dari luar. Lakukan selama kurang lebih 10 menit.

  1. Mengganti Pengharum Mobil Secara Rutin

Ketiga, cara berikutnya adalah dengan mengganti pengharum mobil secara rutin. Ada banyak pengharum mobil yang dijual. Anda bisa memilih wangi kesukaan untuk diletakkan di dalam mobil. Belilah pengharum yang berkualitas tinggi meski harganya dirasa agak mahal.

Namun, sebelum Anda menggunakannya perhatikan produk penyerap kelembaban. Gunakan terlebih dahulu karena nantinya bisa menyerap sisa bau apek. Setelahnya ganti wewangian Anda dalam mobil.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok dalam Mobil

Ada cara lain yang masih bisa anda lakukan yakni dengan menghindari penggunaan pengharum ruangan yang abal-abal. Hindari juga merokok di dalam mobil. Asap rokok yang mengendap dalam filter AC bisa membuat bau tidak sedap semakin tajam. Hilangkan kebiasaan membuka jendela ketika berkendara agar kotoran dari luar tidak masuk ke dalam mobil.

Cara – cara membersihkan AC mobil bau menyengat ini akan membantu anda. Jika dirasa masih kesulitan tak ada salahnya untuk menggunakan jasa bengkel AC mobil. Periksa selalu bagaimana kondisi komponen di dalamnya. Tak lain untuk menghindarkan kita dari kerusakan yang lebih parah. Karena untuk mengatasinya kita harus mencari penyebab dari timbulnya bau apek tersebut.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?