Tidak ada yang suka sama yang berisik termasuk AC mobil yang berisik. Fungsi utamanya AC mobil memang bukan untuk tidak berisik. AC mobil justru untuk menciptakan udara yang segar dan dingin di dalam mobil. Sehingga, kita akan merasakan kenyamanan saat berkendara. Namun, seringkali kita menemukan berbagai masalah terhadap AC mobil. Masalah AC yang sering dialami oleh sebagian besar pengguna mobil adalah AC mobil berisik.

Jika kita mengalami masalah AC yang berisik, tentu hal ini tidak boleh disepelekan. Jika tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan kerusakan pada AC.

Namun, bagaimana sih cara memperbaiki AC mobil yang berisik ini ?

Berikut adalah ulasan tentang cara memperbaiki AC mobil yang berisik. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Cara Memperbaiki Ac Mobil Berisik

Cara Memperbaiki AC Mobil Berisik

  1. Bersihkan Filter Kabin Terlebih Dahulu

Penyebab pertama “berisik” ini ada pada filter kabin. Bagian ini harus menjadi bagian pertama yang diperiksa. AC mobil berisik bisa disebabkan karena filter kabin yang berdebu. Debu yang terlalu menumpuk dapat menghambat kinerja AC. Sehingga AC pun akan menjadi berisik karena tertutup oleh debu-debu yang menumpuk. Bersihkan filter kabin menggunakan vacum cleaner agar debu-debu tersedot secara keseluruhan.

  1. Melakukan Flushing AC mobil

Bagian AC mobil yang harus diperiksa adalah Flushing AC. Flushing AC mobil adalah proses mengganti oli kompresor AC dengan oli kompresor yang baru. Tidak hanya itu, Flushing AC juga merupakan proses mengganti freon lama dengan freon baru. Dengan melakukan flushing AC komponen AC pun akan lebih baru. Sehingga bisa meningkatkan kinerja AC dan membuat AC tidak berisik lagi.

  1. Membersihkan Komponen Kompresor

Jika AC mobil mengeluarkan bunyi yang sangat berisik. Bagian ketiga yang perlu diperiksa sama teknisi bengkel adalah komponen dari kompresor. AC mobil bisa berisik bisa jadi komponen kompresor AC yang kotor bisa menjadi masalahnya. Kompesor AC yang kotor akan menghambat kinerja AC. Cara mengatasinya, adalah dengan membersihkan kompesor. Bersihkan kompesor dengan antikarat, setelah komponen kompresor benar-benar sudah bersih maka isi dengan oli sebagai pelumasnya.

  1. Perhatikan Rembesan Oli

Rembesan oli ini juga sangat wajib diperhatikan. Ini bagian keempat yang tidak bisa kita biarkan. Rembesan oli yang bocor akan menyebabkan suara AC yang berisik. Dengan memperhatikan rembesan oli, kita bisa mengetahui apakah AC mobil mengalami kebocoran ataupun tidak. Jika mengalami kebocoran, tentu kita harus mengeluarkan tindakan lebih lanjut.

  1. Membawa Ke Bengkel AC Mobil

Nah bagian kelima yang masuk dalam daftar periksa dan sekaligus bagian terakhir adalah kasih kercayaan sama teknisi bengkel. Cara 1-4 diatas bisa kita lakukan sendiri kalau sudah mengerti kotak-katik mobil. Tetapi kalau kita ragu. Lebih baik kasih ke bengkel resmi saja.

Jika sudah melakukan berbagai cara namun AC masih mengeluarkan bunyi yang sangat berisik, maka langkah terakhir adalah membawa mobil kita ke bengkel AC mobil. Di bengkel AC mobil AC mobil kita akan ditangani teknisi yang tepat. Biasanya teknisi bengkel AC mobil akan melepaskan bower yang terletak dibawah dashboard. Lalu kipas blower tersebut dibersihkan supaya debu-debu yang melengket dengan menyikatnya. Jika sudah disikat, maka teknisi bengkel AC mobil akan membersihkan gulungan kawat pada dynamo blower. Sehingga debu yang susah dihilangkan akan keluar semua.

Itulah cara memperbaiki AC mobil berisik. Tentu kita tidak boleh menyepelekan jika terdapat gangguan pada AC mobil. Karena terlalu menyepelekan kerusakan AC bisa berakibat sangat fatal.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.