Cara Mempertahankan Udara AC Mobil Agar Tetap Segar dan Nyaman


Share :
#SahabatRotary,
Menjaga kesegaran udara yang dihasilkan oleh AC mobil memang menjadi keharusan bagi sang pemilik mobil. Sebenarnya tidak sulit kok untuk mewujudkan hal tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin sesuai dengan standar bengkel resmi Denso.
Anda bisa menemukan Bengkel Resmi Denso di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Bekasi ataupun Tangerang. Mengingat sulitnya mencari bengkel resmi service AC mobil, akhirnya Rotary Bintaro hadir di tengah – tengah anda untuk menjawab segala kebutuhan anda yang berhubungan dengan AC mobil.
Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak penjelasan di bawa ini :
  1. LakukanPerawatan Secara Rutin
Perawatan rutin yang terkadang dianggap sebagai hal yang sepele ternyata ikut andil dalam mempertahankan kesegaran udara AC mobil anda. Udara AC mobil yang sudah tidak segar, bisa mengundang bibit penyakit untuk tumbuh dan berkembang di dalam mobil anda. Seperti sekilas info yang sudah kami beritahukan di atas, anda bisa mempercayakan perawatan rutin AC mobil anda kepada kami, Rotary Bintaro sebagai bengkel resmi specialist AC mobil yang bisa menangani berbagai macam merk mobil mulai dari mobil jepang seperti Toyota, Daihatsu, Nissan, Mitsubishi, Honda, maupun mobil-mobil Eropa, Amerika, Korea dan China seperti Wuling.
2.Membudayakan Kebiasaan Baik
Kebiasaan yang setiap hari anda lakukan saat menggunakan AC mobil ternyata ikut menyumbang kualitas udara yang dihasilkan. Coba saja anda buktikan sendiri jika tidak percaya. Perlakukan kasar vs perlakukan lembut pasti akan ada bedanya pada kualitas udara yang dihasilkan oleh AC mobil anda. Banyak orang yang secara sengaja atau pun tidak sengaja memberi perlakuan kasar pada AC mobil. Misalnya saja saat mengatur tombol AC. Pada dasarnya melakukan pengaturan tombol AC adalah perkara mudah, tapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan mempengaruhi kinerja dari AC mobil anda.
3. Menjaga Kebersihan Interior Mobil
Penting! tidak hanya eksterior mobil saja yang membutuhkan perawatan agar tetap bersih dan kinclong. Bagian interior mobil anda pun juga wajib dijaga kebersihannya. Semakin banyak debu yang ada di dalam mobil, maka akan semakin beresiko AC mobil anda menjadi tidak segar. Bagaimana, pasti anda pernah merasakan kondisi tersebut bukan? Kondisi dimana udara AC terasa pengap dan tidak nyaman karena interior anda jarang sekali dibersihkan. Menjaga kebersihan disini termasuk rutin membuang sampah yang sudah ada di tempat sampah mobil juga ya. Karena menyimpan sampah terlalu lama di dalam mobil juga bisa memicu kurangnya kesegaran udara AC mobil.
4.Tidak Menggunakan Pewangi Mobil Berlebihan
Bukannya anda merasa lebih fresh ini justru akan membuat mood anda menjadi tidak baik. Menggunakan pewangi mobil sesuai dengan kebutuhan dirasa sah–sah saja. Namun jika penggunaan pewangi mobil berlebihan, pasti akan sangat mengganggu. Selain itu, pewangi mobil yang berlebihan juga bisa menyebabkan komponen AC mobil seperti evaporator jamuran dan berlendir. Tidak semua orang tahan terhadap pewangi mobil yang berlebihan. Jadi untuk mempertahankan kesegaran udara yang dihasilkan oleh AC mobil, sebaiknya anda menggunakan pewangi AC mobil secukupnya saja.
5.Hindari Menutup Ventilasi AC Saat Sedang Menyala
Kebiasaan menutup ventilasi AC saat sedang menyala memang seringkali terjadi di sekitar kita, atau mungkin anda sendiri yang mempunyai kebiasaan seperti itu. Alasannya sih sepele karena terlalu dingin, tapi jika dimatikan udara di dalam mobil terasa panas. Jadi dilema kan jadinya, solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan mengurangi volume AC ke posisi sedang, kemudian arahkan ventilasinya ke bagian yang tidak berinteraksi langsung dengan anda. Pasalnya jika anda keseringan menggunakan AC pada posisi rendah, justru malah membuat AC anda mempunyai peforma buruk. Karena tidak terbiasa dengan volume sedang atau tinggi. Oleh karena itu kami menyarankan untuk menggunakannya ke posisi sedang.
6.Tutup Kaca Mobil Anda Saat Kondisi AC Mobil Menyala
Tidak semua orang tahan dengan AC mobil, alhasil sering salah kaprah dalam memperlakukan AC mobilnya. Akhirnya keputusan untuk menyalakan AC mobil bersamaan dengan kaca mobil dibuka dilakukan. Wah sayang sekali jika hal ini sampai anda lakukan. Udara luar yang kotor dan banyak mengandung bakteri, akan terserap oleh AC mobil anda dan hal tersebut faktanya memang bisa membuat AC mobil anda menjadi tidak segar lagi.
7.Gantilah Freon Sesuai Masa Berlakunya
Sebagai pemilik mobil sudah sewajarnya anda mengetahui berapa lama sih batas masa tenggang freon AC mobil. Anda wajib tahu kapan waktu paling tepat untuk mengganti freon AC mobil. Untuk informasi lebih lanjut sebaiknya anda datang langsung ke bengkel resmi Rotary Bintaro. Service advisor kami selalu siap memberikan penjelasan secara lengkap dan mendetail mengenai perawatan AC mobil anda.
8. Jangan Gunakan AC mobil Berlebihan
Saat perjalanan jauh, pasti anda lebih senang menyalakan AC non stop tanpa henti. Mulailah untuk tidak melakukan hal ini mulai dari sekarang. Saat perjalanan jauh yang membutuhkan waktu berjam – jam, sebaiknya anda mengistirahatkan AC mobil anda beberapa saat. Anda pun juga bisa rehat sejenak memarkirkan mobil sembari mengumpulkan tenaga di rest area. Kesejukan AC mobil akan menjadi hilang jika anda tetap memaksakan kebiasan buruk tersebut.
9. Hindari Merokok di Dalam Mobil
Kebiasaan harian yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah merokok di dalam mobil. Hal ini memang sepele dan selalu tidak diindahkan oleh para pengendara, namun dampaknya terhadap kesegaran AC cukup besar. Asap rokok yang sudah menyebar ke ruangan mobil akan mengendap di permukaan jok mobil dan permukaan lainnya. Selanjutnya dalam jangka waktu yang panjang udara yang dikeluarkan oleh AC akan terkontaminasi asap rokok tersebut dan lama kelamaan bisa menurunkan kesegaran udara AC mobil tersebut.
10.Hindari Penggunaan Vacum Cleaner Pada Ventilasi AC Berlebihan
Penggunaan vacum cleaner untuk membersihkan interior mobil memang cukup efektif untuk dilakukan. Namun penggunaannya yang berlebihan justru akan merusakan beberapa komponen interior mobil. Misalnya saja saat anda membersihkan ventilasi AC, jika anda melakukannya secara berlebihan maka kesegaran dari udara AC mobil sendiri akan lebih cepat hilang. Terlebih lagi proses pembersihan menggunakan vacum cleaner tersebut saat AC mobil dalam kondisi menyala.
Dari beberapa penjelasan mengenai cara mempertahankan udara AC mobil agar tetap segar dan nyaman di atas, sebagian besar adalah berhubungan langsung dengan kebiasaan dan aktivitas yang tidak tepat sehari–harinya. Untuk itu kami sangat menyarankan kepada anda agar lebih memperhatikan tindakan–tindakan yang nantinya akan membawa dampak besar bagi kesegaran AC mobil anda sendiri. Tidak lupa, kami ingatkan kembali kepada anda semua bahwasannya perawatan rutin wajib dilakukan dan harus ditangani oleh ahlinya.
Untuk mendapatkan informasi – informasi menarik lainnya seputar AC mobil, jangan lupa untuk mampir lagi di website kami di lain kesempatan. Kami dengan senang hati menyajikan artikel – artikel menarik untuk anda.
Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?