Cara Mengganti Filter AC Mobil Kotor Sendiri

#SahabatRotary,

Kondisi dimana filter AC mobil kotor memang banyak orang yang tak menghiraukannya. Padahal dampak bagi kesehatan cukup serius karena kotornya udara yang dihasilkan oleh AC mobil. Anda tidak tahu bukan seberapa banyak bakteri yang bersarang di filter AC mobil anda yang kotor tersebut? Nah untuk menghindari berbagai macam penyakit yang timbul akibat filter AC mobil yang kotor, sebaiknya anda mulai rutin untuk menggantinya.

Layaknya AC di dalam ruangan yang setiap 3 bulan sekali perlu dibersihkan, AC mobil pun juga wajib mendapatkan perawatan rutin yang sama. Jika memang anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan perawatan sendiri, anda bisa mempercayakannya pada bengkel Rotary Bintaro specialist AC mobil atau bengkel resmi denso. Kami adalah dokter AC mobil yang ahli dalam menangani berbagai macam masalah termasuk perawatan rutin. Anda bisa menemukan Rotary Bintaro dokterAC mobil di berbagai wilayah jabodetabek meliputi Tangerang, Bekasi, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang bisa menangani perawatan AC mobil untuk berbagai merk mobil. Bagi anda yang berada di daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, tunggu kabar baiknya ya, kami akan segera membuka cabang di daerah tersebut.

Bagaimana merawat filter AC mobil yang baik dan benar agar tetap awet?

Menjaga kebersihan filter AC mobil memang sangat dianjurkan, namun masih banyak orang yang belum bisa dan bahkan malah belum tahu bagaimana cara mengganti filter AC mobil. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasan di bawah ini :

1.Temukan Dimana Letak AC Mobil Anda Terlebih Dahulu

Biasanya filter AC mobil bisa anda temukan pada bagian dashboard depan area supir di sebelah kiri. Nah bagian dimana terdapat ventilasi garis – garis seperti jendela adalah letak dari filter AC mobil anda. Hal ini kami bahas terlebih dahulu karena tidak semua orang mengetahui letak AC mobilnya.

2.Bukalah Laci di Bagian Dashboard

Anda bisa membuka laci pada bagian dashboard terlebih dahulu untuk memudahkan proses pembongkarannya. Bagian laci di desain sangat dekat dengan AC mobil, jadi anda harus hati – hati saat menggunakannya dan disarankan memilah – milah terlebih dahulu barang yang tepat untuk disimpan pada laci di bagian dashboard tersebut. Di dalam laci mobil biasanya terdapat pentolan kecil yang mempunyai fungsi untuk mengaitkan laci agar tidak mudah lepas (pengunci). Jika anda sudah menemukannya pada bagian kanan dan bagian kiri, silahkan langsung menariknya saja. Ingat saat anda menarik pentolan tersebut, sebaiknya dengan cara yang lembut agar tidak rusak. Setelah berhasil ditarik dengan baik, maka pentolan kecil tersebut secara otomatis akan terlepas dari bagian pengaitnya.

3.Kondisi Laci Sudah Terlepas

Saat langkap pada poin 2 berhasil anda lakukan, laci pun juga akan ikut terlepas bersamaan engan pengait yang sudah terlepas sebelumnya. Sekarang anda bisa mengambil laci tersebut dan menyimpannya terlebih dahulu. Sebaiknya mumpung laci dalam keadaan terlepas, anda bisa membersihkannya terlebih dahulu.

Setelah laci terlepas, coba anda perhatikan baik – baik pada setiap bagian dalamnya. Disana anda bisa menemukan bagian dimana tempat pentup filter AC mobil diletakkan. Pada bagian penutup filter AC mobil kebanyakan terdapat tulisan UP. Anda bisa langsung membukanya. Caranya cukup mudah kok, anda tekan saja dan geser bagian locknya ke sebelah kanan, secara otomatis akan terbuka. Tahukah anda fungsi dari tulisan UP yang terdapat pada penutup bagian filter AC mobil? Tulisan ini dicantumkan pasti ada alasannya. Dengan mencantumkan tulisan UP yang artinya bagian atas, maka saat proses pemasangan kembali penutup tersebut, resiko terbalik saat menjadi bisa dihindari. Tips tambahan, kumpulkan peralatan yang sudah anda lepas pada satu tempat yang aman. Tujuannya agar saat proses pemasangan kembali akan dilakukan, anda tidak kebingungan mencari satu persatu dimana peralatan yang sudah dilepas tadi diletakkan. Karena pada umumnya kelalaian semacam ini seringkali dilakukan.

4.Ambil Bagian Filter AC Mobil Agar Bisa Diganti

Setelah anda mengikuti langkah pada poin sebelumnya dengan baik, sekarang anda bisa memperhatikan dimana letak filter AC berada. Filter AC mobil umummmya berbentuk kotak tipis terbuat dari bahan fiber yang fungsinya memang sebagai penyaring udara. Jika anda sudah menemukannya, ambilah filter AC mobil tersebut secara perlahan agar tidak rusak. Karena bahannya yang terbuat dari serat fiber yang mirip kertas atau tisu tetapi lebih tebal dan kaku, filter AC mobil ini tidak dapat dibersihkan, melainkan harus diganti setelah 3-6 bulan pemakaian. Mengapa tidak disarankan untuk membersihkan filter AC mobil? Bahkan menyemprotnya dengan kompresor angin? Karena nantinya serat-serat fiber yang berfungsi menyaring debu-debu halus dan kotoran justru akan rusak. Percuma dong ya, dipasangi filter AC mobil tetapi tidak berfungsi. Yang ada malah menambah kotor AC mobil anda.

5. Lakukan Pengelapan Secara Menyeluruh

Untuk memaksimalkan debu atau kotoran terangkat, setelah anda melakukan pembersihan dengan menggunakan kuas atau pun kompresor, ada baiknya anda melakukan pengelapan menggunakan kanebo yang lembab tapi jangan terlalu basah. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa – sisa debu yang mungkin menempel kembali di permukaan filter AC mobil pada saat penggantian dilakukan. Akhirnya dengan melakukan pengelapan menggunakan kain lap kering agar kelembaban akibat pengelapan menggunakan kanebo pada permukaan filter AC bisa dihilangkan.

6. Proses Pemasangan Kembali

Proses penggantian kini sudah selesai, sekarang saatnya melakukan proses pemasangan kembali filter AC mobil anda. Pastikan proses pemasangan kembali anda lakukan dengan baik seperti sedia kala, agar kerusakan pada komponen AC mobil bisa diminimalisir dan fungsi maksimal bisa didapatkan.

7. Lakukan Perawatan Rutin Secara Mandiri

Anda bisa mengulangi langkah – langkah seperti yang dijelaskan di atas secara rutin dalam jangka waktu setidaknya sebulan sekali demi meningkatkan kenyamanan anda saat berkendara dan tentu tujuan utamanya adalah melakukan perawatan AC mobil secara mandiri agar peformanya tetap baik. Dengan tetap menjaga sirkulasi udara di dalam mobil tetap bersih, kenyamanan pun akan anda dapatkan saat sedang berkendara. Tidak hanya itu saja, keluarga anda juga menjadi lebih sehat karena menghirup udara AC yang segar dan bersih.

Sebagai informasi tambahan buat anda semua, selain harus menjaga kebersihan dari filter AC mobil, anda juga wajib memperhatikaan kebersihan komponen pendukung kinerja AC mobil lainnya serta memastikan kondisi cabin dalam keadaan bersih sepanjang hari. Biasakan untuk menjaga kebersihan dan membawa sampah makanan atau minuman usai berkendara. Dengan menerapkan kebiasan sepele tersebut, tingkat keawetan AC mobil pun bisa terjaga dan tentu saja bisa anda nikmati dalam jangka waktu yang panjang. Jika dirasa kinerja AC mobil masih tidak maksimal setelah anda mengganti filter AC mobil, maka anda bisa datang langsung untuk konsultasi lebih lanjut dengan Rotary Bintaro dokter AC mobil agar bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Nah dengan adanya penjelasan di atas, anda akan lebih paham bagaimana memberikan penanganan pada filter AC mobil sehari – hari. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua ya.

booking service

Tinggalkan komentar