Cara Menghemat Bahan Bakar dengan Gampang dan Tepat


Share :

Hai #SahabatRotary, baca artikel ini jika Anda memiliki kendaraan pribadi dan ingin tahu bagaimana cara menghemat bahan bakar dengan gampang dan tepat.

 

Di era seperti sekarang ini siapa yang tidak memiliki kendaraan pribadi?

Kendaraan pribadi seperti mobil ini memang saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya juga banyak keluarga yang memiliki memang banyak anggotanya. Tentu saja yang seperti kita ketahui, alasan utamanya agar bisa menghemat waktu untuk berangkat lebih awal, karena memang jika di bandingkan dengan kendaraan umum yang sangat tidak meghemat waktu kita. Selain itu, alasan lainnya yang juga sering kali menjadi alasan banyak orang mulai ingin memiliki kendaraan pribadi adalah, menghemat biaya, tidak desak- desakan, dan masih banyak lagi. Tapi, karena sering di gunakan untuk kegiatan sehari-hari, banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi juga mengeluh boros ya bahan bakar yang mereka alami.

Cara sederhana yang biasanya banyak orang lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan AC Mobil yang memang ada hubungannya dengan bahan bakar yang ada pada kendaraan anda. Namun, mesin kendaraan dan cara berkendara yang stabil juga sangat di butuhkan untuk bisa menghemat bahan bakar yang baik. Atau anda juga bisa mengikuti tips di bawah ini:

1. Berkendaralah  Secara Ekonomis

Setiap jenis mesin mobil memiliki rentang putaran mesin yang ideal. Karena itu, berkendara lah dengan lancar untuk bisa mendapatkan mobil hemat dan usahakan mempertahankan kecepatan yang stabil dan tetap. Gunakan gearbox secara masuk akal, dan ubah melalui gigi sesegera mungkin. Jangan lupa untuk melakukan pergantian gigi transmisi pada rentang waktu, setiap mobil yang memang berbeda-beda. Jika Anda mengendarai mobil otomatis, kendurkan pedal akselerator sedikit ketika mobil telah memperoleh kecepatan yang memadai. Hindari juga jam sibuk dan lalu lintas padat lainnya jika memungkinkan, karena ini juga yang akhirnya hanya akan membuat bahan bakar kendaraan anda akan jauh lebih termakan habis. Di jalan bebas hambatan, Anda akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar jika Anda:

  • Kurangi kecepatan – Anda dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebanyak 25% dengan mengambil 20 km / jam dari kecepatan Anda. Memang ini kelihatannya kurang tepat, karena kebanyakan orang senang dengan berkendara yang kecepatannya cepat dan jarang yang stabil. Namun, anda perlu tahu bahwa berkendara dengan kecepatan yang aman, inilah yang akan mempermudah anda untuk menghemat bahan bakar.
  • Usahakan untuk melaju pada kecepatan konstan dan dengan gigi tertinggi. Kadang ini justru di abaikan oleh banyak pengendara, karena banyak yang berpikir bahwa jika menggunakan gigi tertinggi, ini justru yang hanya akan membuat mereka mengendarai dengan lebih cepat. Namun, perlu di perhatikan bahwa jika anda bisa mengendarai dengan kecepatan yang tepat, anda tidak perlu takut untuk menjadi pengendara yang terlalu cepat.
  • Gunakan pendingin udara mobil Anda dengan hemat. Semakin tinggi nilai yang anda gunakan untuk pendingin udaranya, semakin lama juga anda akan berkendara dan justru akan memakan banyak bahan bakar anda.
  • Jaga agar jendela tetap tinggi dan gunakan sistem ventilasi saat bepergian lebih dari 50 km / jam, jika mobil Anda tidak memiliki AC

Tips ini juga bisa membantu anda, bukan hanya menghemat bahan bakar, tapi juga untuk menjaga kendaraan anda agar mesinnya bisa tetap stabil, juga mengurangi keausan ban yang bisa menyebabkan kerusakan. Jadi, sebelum memutuskan untuk Berpergian, sebaiknya anda bisa menakar dengan baik seberapa besar kendaraan anda akan melaju dengan baik.

2. Jaga RPM Mesin

Ketika mengoper gigi, kita jarang bisa melihat atau mengetahui dengan jelas maksud dari menjaga agar RPM mobil kita bisa tetap stabil. Namun justru untuk bisa mendapatkan mobil hemat yang bisa bertahan lama, kita juga perlu mengetahui dengan lebih baik RPM mobil kita. Ini ada hubungannya dengan saat anda mengganti gigi. Untuk mobil pada umumnya, kita harus tahu bahwa kita bisa mengganti gigi saat berada di RPM 1.500 – 2.200. Ini yang bisa membuat bahan bakar di mesin mobil kita jadi lebih hemat.

Memang, kita tidak bisa selalu melihat RPM yang ada di monitor mobil kita, namun yang bisa membuat kita jadi tahu bahwa memang sudah waktu yang cocok untuk kita mengganti gigi adalah, jangan tunggu sampai mesin kendaraan kita sampai berdengung keras baru kita mengganti gigi. Usahakan sampai kita bisa merasakan sendiri bahwa mesin memang sudah tidak enak, langsung kita ganti gigi. RPM memiliki hubungan yang erat dengan bahan bakar yang hemat. Karena ketepatan RPM lah yang menentukan seberapa banyak bahan bakar yang anda gunakan untuk berkendara. Karena itu, jika RPM yang anda gunakan selalu stabil, inilah yang membuat bahan bakar kendaraan anda jadi lebih hemat.

  1. Ban yang cukup udara

Periksa tekanan ban Anda seminggu sekali, terutama ketika ban dingin. Jangan lupa juga untuk memeriksa rekomendasi pabrik yang ada hubungannya dengan tekanan ban yang tepat. Ini sangat bermanfaat, karena bisa membantu dalam penghematan bahan bakar yang tepat. Mengatur tekanan ban sedikit lebih tinggi akan membantu penghematan bahan bakar dan penanganan yang lebih aman. Memang kelihatannya, ban dengan bahan bakar yang tepat tidak ada hubungannya dalam hal khususnya penghematan. Namun, kita jadi tahu dari sini bahwa, ban yang tepat ukurannya adalah pengaturan yang tepat juga untuk bahan bakar. Semakin rendah tekanan ban, ini lah yang membuat bahan bakar pada kendaraan anda akan cenderung cepat berkurang. Namun, jika ukurannya stabil inilah yang akan membuat anda jadi lebih mudah untuk penghematan bahan bakarnya.

  1. Gunakan bahan bakar yang tepat

Jenis bahan bakar yang cocok, adalah hal yang memang sederhana namun sebenarnya sangat mempengaruhi mesin mobil yang kita gunakan agar bisa berjalan dengan lancar, sampai bisa menghemat bahan bakar dengan lebih baik lagi. Meskipun bahan bakar bisa menjadi lebih irit jika kita juga menggunakan AC Mobil dengan lebih hemat, namun bahan bakar yang nilai oktan nya memang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan anda, jauh lebih bermanfaat daripada harus memilih bahan bakar yang murah. Karena bahan bakar yang murah, justru hanya akan memberikan kerusakan pada mesin, yang akhirnya hanya akan justru bisa merugikan kita. Jadi tips nya yang paling penting itu adalah, anda menggunakan bahan bakar yang memang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan anda, bukan yang seharusnya sesuai dengan budget yang anda miliki. Karena inilah yang akan mempengaruhi ketahanan mesin kendaraan anda nantinya.

  1. Periksa beban Anda

Jangan membawa beban yang bisa melebihi kapasitas yang memang di rekomendasikan. Biasanya, pabrik memiliki batas beban yang memang seharusnya di taati oleh setiap pengendara yang ingin menaruh beban untuk kendaraan mereka. Tujuannya, agar saat berkendara di jalanan, ini bisa lebih aman. Dan jika memang saat itu anda harus membawa barang yang banyak, sebaiknya gunakan kecepatan yang rendah yang memang bisa membuat bahan bakar di mesin anda bisa jauh lebih hemat.

  1. Pengereman dengan engine Break

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk bisa menghemat bahan bakar juga adalah dengan menggunakan Engine Break. Ingatlah selalu, bahwa rem bukanlah satu-satu nya cara yang bisa anda gunakan untuk membuat laju kendaraan anda bisa berhenti. Anda bisa mengurangi kecepatan untuk bisa lebih memaksimalkan bahan bakar pada mesin anda juga. Memang, jika anda anda menggunakan Engine Break ini bisa lebih memaksimalkan penggunaan rem. Namun, ini juga bukan menjadi cara satu-satunya yang paling efektif. Karena sebaiknya, jika anda memang harus rem dengan tiba-tiba, sebaiknya berkendara lah dengan standar yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika anda terlalu banyak menggunakan engine Break, ini hanya akan membuat mengurangi ampas rem yang justru hanya akan membuat boros bahan bakar yang banyak. Untuk itu, sebaiknya anda berkendara dengan standar yang tidak terlalu tinggi. Dan jika memang harus menggunakan kecepatan di atas rata-rata, sebaiknya anda tetap menstabilkan penggunaan rem yang bisa membantu anda berkendara dengan sangat aman.

  1. Waspada terhadap perangkat hemat bahan bakar

Ada banyak perangkat di pasaran yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja mobil Anda dan menghemat banyak bahan bakar. Sangat sedikit yang terbukti berhasil dengan tes ilmiah berulang. Dan kadang cara ini tidak bisa terbukti untuk membuat kendaraan kita menjadi mobil hemat yang memang bisa kita gunakan selamanya. Karena biasanya, banyak perusahaan yang mencoba untuk membuat barang yang mereka buat atau nantinya akan di pasarkan kelihatan sangat menarik, dan kelihatannya bisa membantu banyak permasalahan yang ada pada pemilik pengendara mobil atau kendaraan pribadi anda. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli barang tersebut:

  • Jika Anda mempertimbangkan perangkat tersebut, lakukan penelitian dengan cermat. Jangan terburu-buru untuk tergiur dan langsung membelinya tanpa mengetahui kejelasan dari alat tersebut.
  • Hanya pertimbangkan produk yang dibuktikan oleh otoritas pengujian lokal yang terakreditasi dengan benar menggunakan protokol uji Australian Standard 4430.2.
  • Standar Australia 4430.2 adalah tes yang diakui secara internasional yang dirancang khusus untuk menguji produk yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi bahan bakar.
  • Juga pertimbangkan pengeluaran untuk memasang perangkat itu sendiri, dan timbang berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengganti biaya pemasangan dengan penghematan bahan bakar di masa depan. Karena ini juga bisa menjadi faktor yang membuat kita mengeluarkan banyak uang untuk itu.
  • Dan selalu ingat, alat yang tidak tepat yang di taruh di kendaraan anda, hanya akan memperparah mesin dan bahan bakar yang nantinya hanya akan menjadi rusak. Untuk itu, berhati-hati lah dalam hal ini.
  1. Gunakan mobil Anda lebih sedikit

Salah satu cara terbaik untuk menghemat biaya bahan bakar adalah berhenti menggunakan mobil Anda begitu banyak! Jika waktu dan kesempatannya cocok, coba gunakan cara untuk bisa menggunakan transportasi yang lain yang bisa menghemat. Jika Anda harus menggunakan mobil, cobalah untuk menggabungkan beberapa perjalanan kecil menjadi satu. Mesin dingin kurang efisien bahan bakar dan mengeluarkan lebih banyak polutan daripada mesin hangat, sehingga beberapa perjalanan yang lebih singkat akan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada satu perjalanan yang lebih lama. Perjalanan kurang dari 5 kilometer umumnya belum membuat mesin mencapai suhu operasi puncaknya.

Cara yang satu ini, memang bisa di bilang yang paling dasar yang bisa kita ketahui untuk mendapatkan mobil hemat yang juga menghemat bahan bakar kendaraan kita juga. Intinya, jika anda hanya akan melakukan perjalanan dengan rute yang pendek, sebaiknya anda tidak menggunakan mobil anda. Karena jika anda lebih memilih untuk menggabungkan beberapa rute dengan sekaligus, inilah yang justru akan jauh lebih menghemat bahan bakar kendaraan anda nantinya.

  1. Pilih gas oktan yang tepat untuk mobil Anda

Periksa manual pemilik untuk mengetahui oktan apa yang dibutuhkan mesin Anda. Peringkat oktan mengukur kemampuan bensin untuk menahan ketukan mesin. Inilah yang membantu dalam penghematan bahan bakar. Tapi semakin tinggi oktan, semakin tinggi harganya. Hanya sekitar 6 persen mobil yang dijual membutuhkan gas premium. Namun, gas premium menyumbang sekitar 10 persen dari semua gas yang terjual. Jadi bisa di bilang, inilah yang paling bisa bermanfaat untuk kendaraan yang anda jaga. Tahan keinginan untuk membeli gas oktan lebih tinggi untuk kinerja “premium”.

  1. Lakukan pemeriksaan mesin secara teratur

Sejak munculnya injeksi bahan bakar yang dikendalikan oleh komputer, tidak ada lagi yang disebut “tune-up” kuno. Cara ini sebenarnya gunanya untuk bisa mengoptimalkan pemakaian bahan bakar. Jadi, ini bisa di bilang dapat memudahkan anda untuk mendapatkan mobil hemat yang bertahan lama, karena jika tepat waktu di periksa mesin kendaraan anda, ini akan memperlancar putaran mesin sehingga tenaga yang di gunakan akan semakin besar dan yang pastinya hemat pemakaian. Selain itu, konsep injeksi juga sangat mempermudah banyak pengendara mobil ataupu motor yang memang sangat ingin hemat dalam menggunakan kendaraan pribadi mereka. Karena itu, pemeriksaan yang tepat juga masih di butuhkan untuk bisa melihat sebelumnya kerusakan yang memang akan di sebabkan oleh mesin kendaraan anda nantinya.

  1. Mengemudi di gigi yang tinggi

Mengemudi pada 60 km / jam, kendaraan akan menggunakan bahan bakar 25 persen lebih banyak di gigi ketiga daripada di kelima. Bepergian dengan kecepatan tinggi di gigi rendah dapat mengkonsumsi bahan bakar hingga 45 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jadi, jika anda berkendara dengan kecepatan yang akurat juga ketetapan waktu yang juga tepat, ini juga bisa menjaga bahan bakar yang ada di kendaraan anda jadi lebih stabil dan hemat. Jika Anda memiliki komputer perjalanan onboard, Anda mungkin memiliki pengaturan “Penghematan bahan bakar instan”. Perhatikan pengukur ini dan jaga liter per 100 kilometer serendah mungkin. Kelihatannya ini membagi sedikit sulit untuk di lakukan, namun ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan mesin dan bahan bakar anda yang bisa membantu anda dalam penghematan bahan bakarnya.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa anda lakukan, untuk menghemat bahan bakar mobil anda dengan sangat mudah. Memang kunci utama yang bisa anda ingat adalah, anda perlu tahu cara menggunakan kendaraan anda dengan baik, dan tidak melebihi dari prosedur yang memang sudah di tetapkan oleh pabrik. Dan jangan lupa juga untuk selalu menjaga mesin kendaraan dengan tepat dan baik. Merawatnya jauh lebih baik, daripada anda harus sering memperbaiki setiap komponen yang ada di mesin kendaraan anda. Untuk itu, sebaiknya anda menjaganya dari awal.

Senang berbagi. Pasti bermanfaat.

 

Temukan informasi lain tentang tips perawatan mobil di sini.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?