fbpx

bengkel termurah : Embun di Kaca Mobil Saat Hujan, Bagaimana Cara Hilangkannya?


Hai #SahabatRotary

Apa kabar #SahabatRotary sekalian? Pastinya baik dong ya. Sudah awal tahun 2020 nih, udah masuk musim hujan, jadi #SahabatRotary kudu hati-hati pas berkendara. Mengemudi pas musim hujan emang harus ekstra konsentrasinya, khususnya nih buat kalian para pengendara mobil. “Lha emangnya kenapa, kan enak di dalem mobil ga kehujanan?”.

Eits… jangan seneng dulu Bambang, ada hal yang ngebuat kalian harus ekstra hati-hati pas nyetir mobil. Apaan tuh? Kaca berembun. Yes, kaca berembun. Sering ga sih kalian nyetir mobil pas hujan tiba-tiba kaca mobil kalian berembun? Pastinya kesel banget kan?

Kelihatanya sih sepele banget, tapi kaca berembun itu bisa ganggu jarak pandang kalian pas berkendara loh. Bersihin embunnya juga rada ribet. Embun yang nempel terus-terusan lama kelamaan bias jadi kerak. Kalau sudah begini kita perlu bantuan bengkel termurah yang kita kenal.

Buat pengendara yang pake motor mah gampang, kaca helmnya tinggal di usap pake tangan kelar, lha ini mobil loh #SahabatRotary. Kaca mobil tuh lebar, bayangin kalian sibuk nyetir trus lap-lap kaca, konsen kalian jadi terpecah antara nyetir atau ngelap kaca.

Kita juga kan ga mau ada kejadian hal-hal yang ga kita harapin. Nabrak lah, nyungsep lah, apalah, amit-amit deh. Hal yang sepele gini aja bisa jadi bahaya kalau ga ditangani dengan benar. Kan lebih baik mencegah dari pada nyungsep, ‘eh’ mengobati maksudnya.

Kalian mungkin ada yang nanya, “Itu embun di mobil datengnya dari mana dah?”. Ini penjelasannya, ada ilmu fisika umum yang terjadi di dalemnya. Tenang, ga sulit kok, ga ada hitung-hitungannya juga, hehehe.

Sedikit ilmu dari bengkel termurah nih…

Jadi intinya embun di dalem mobil bisa terjadi karena ada perbedaan suhu udara di dalem mobil sama suhu udara di luar, biasanya suhu udara yang di luar lebih dingin dari di dalem mobil makanya kaca dalem mobil bisa berembun. Gampangnya kalian bayangin aja air es dalem gelas, lama-lama kan gelas luarnya juga ngembun tuh, nah teori ini tuh mirip ama yang terjadi di kaca mobil kalian.

Oke, terus gimana nih caranya biar kita ga keterusan lap-lap kaca?

Tenang, ada kok cara mudah buat ngilangin embun di kaca mobil pas hujan, penasaran apa aja?

Berikut tips dari bengkel termurah, Ada 5 cara yang umumnya dipake buat ngilangin embun pada kaca mobil, penasaran? Kuy lanjutin bacanya sampe beres.

Lubang AC pada Mobil
  1. Nyalain AC mobil kalian

Lah, kok malah nyalain AC mobil?

Kalem #SahabatRotary, buat kalian yang mikir suhu dingin malah bikin cepet ngembun, kalian benar. Tapi saat hujan, biar kaca mobil ga ngembun jangan matiin AC kalian. Justru kalian harus nyalain AC mobil kalian.

Kenapa?

Biar ga engap di dalem mobil.

Kan bisa buka jendela mobil?

Sebenernya bisa juga sih pas hujan tinggal buka jendela biar kaca depan mobil ga terlalu ngembun, tapi kalian tentu ga mau kan air hujan masuk ke dalem mobil kalian?

Ya jadi basah semua dong nantinya. Udah ngembun basah-basahan pula. Kok tips dari bengkel termurah gini sih?

Tadi udah dijelasin kan kalo embun ada karena ada perbedaan suhu, jadi sebenernya solusinya simple banget, kalian tinggal atur suhu AC mobil kalian biar sama dengan suhu di luar. Caranya? Kalian semua pada punya smartphone kan?

Lihat aja suhu cuaca pas jam segitu berapa celcius, tinggal cocokin deh suhu AC mobil kalian, rata-rata mobil jaman now udah ada tuh yang nunjukin suhu di dalem mobil kalian, jadi lebih gampang ngatur suhu di dalem mobilnya.

Kalo mobil kalian adalah mobil golongan jadoel atau mobil tipe lama yang pengaturan AC nya cuma puteran doang dan ga ada petunjuk suhunya, tenang kalian masih bisa pake fitur recirculation. Fitur ini tuh mayoritas ada di setiap mobil ber AC, biasanya gambarnya tuh gambar mobil dengan tanda panah dari luar masuk ke dalem mobil.

Kalian sering kan nemuin gambar ini di dashboard mobil kalian?

Nah fitur ini tuh adalah fitur untuk menstabilkan suhu di dalem mobil, yang dimana prosesnya ngalirin udara dari luar masuk ke dalem mobil kalian. Kalo AC biasa itu anginnya ngalir dari dalem mobil dan udah didinginin sebelumnya. Kalo kalian pakai fitur ini mobil kaliangak hanya akan tetap kejaga suhunya, tapi juga berkurang embunnya.

Defogger pada mobil
  1. Nyalain fitur Defogger

Fitur apa lagi ini?

Kalem #SahabatRotary, akan jelasin pelan-pelan. Jadi fitur ini kasarnya fitur buat ngangetin kaca mobil kalian #SahabatRotary. Beberapa mobil jaman now sudah ada fitur ini. Fitur ini memang dipasang pada mobil supaya bisa mengurangi embun pada kaca dalam mobil karena suhu dingin.

Di lapisan belakang kaca mobil depan kalian akan ada kawat tipis yang fungsinya buat ngehantarin panas dari aki mobil ke kaca mobil kalian. Gunanya ya tentu aja buat manasin kaca mobil biar embun tuh gak nempel di kaca depan mobil kalian. Tenang aja, panasnya juga ga lebay sampe bikin kalian gerah kok. Apalagi sampe bikin mobil kalian kebakar, 100% aman terkendali. Kalo ga aman ga mungkin juga dipasang di mobil kalian kan?

Kalo mobil kalian sudah ada fitur ini, cara ngaktifinnya gampang kok, tinggal mencet doang. Tombol fitur ini biasanya tuh gambarnya tiga garis vertical yang meliuk-liuk kaya uap air gitu trus dibawahnya kaya ada lingkarannya. Kalo kalian pernah nonton film Jepang, kadang ada tuh adegan di pemandian air panas dan di gordennya kadang ada kaya gambar uap panas gitu kan? Kurang lebih gambar logonya mirip kaya itu.

Tapi perlu diinget nih #SahabatRotary sekalian, jangan pakai fitur ini pas cuaca panas alias pakainya pas lagi butuh aja ya #SahabatRotary. Karna fitur ini kebanyakan belum punya fungsi untuk memutus panas secara otomatis, jadi kalo nyala ya bakal nyala terus ga mati-mati.

Dampaknya yang paling terasa ada pada aki mobil kalian yang cepet habis, ditambah lagi panas pada kaca mobil dalam waktu yang cukup lama malah bikin kaca mobil kalian retak. Udah terbebas dari embun, tapi malah ngabisin biaya buat ganti kaca mobil kan ga asyique. So, kalo abis pake fitur ini jangan lupa matiin lagi ya #SahabatRotary.

Seharusnya 2 tips dari bengkel termurah tadi sudah cukup ampuh sih. Tapi kalau pun belum berhasil. Silahkan coba 3 cara lainnya.

Shampo yang sering kita jumpai di mini market
  1. Olesin kaca mobil dengan Shampo Kepala

Selanjutnya tips dari bengkel termurah ini terlihat kok …

Tapi …

Shampo kepala ternyata juga bisa dipakai loh. Mengoleskan shampo kepala ke kaca mobil dapat mencegah terbentuknya embun pada lapisan kaca mobil kalian. Rambut yang abis keramas cenderung lebih kering, karena shampo menghambat kulit kepala dan rambut kalian berkeringat. Hal itu berlaku juga pada kaca mobil, karena formula pada shampo kepala dapat menjaga kelembaban kaca mobil kalian.

Untuk jenis shampo yang dipakai bisa pakai merk apa aja, soalnya shampo kebanyakan fungsi dan komposisinya hampir mirip-mirip. Saran aja mending pake shampo sachet yang murah, toh ga dipake ke kepala kita juga. Kaca mobil kalian juga ga mungkin gampang rusak gara-gara shampo murahan.

Cara pakainya juga gampang, tinggal olesin secara merata shampo kepala ke kaca mobil bagian dalem sebelum kalian berkendara, ngolesinnya pakai kain lap sintetis yang kering ya, jangan pakai lap basah ntar malah berbusa. Cara ngolesnya tipis merata dan searah ya biar kaca mobil kalian ga burem gara-gara kebanyakan shampo. Setelah itu langsung deh dipakai berkendara seharian.

Tambahan, jangan lupa kaca mobilnya dibersikan ya kalo sudah ga dipakai. Lapisan shampo yang mengering dan tidak dibersihkan lama kelamaan juga bisa jadi kerak. Kerak yang nempel terlalu lama di kaca mobil kalian bakalan tambah susah dibersihin. Cara bersihinnya juga gampang, lap pakai kain yang rada basah, terus keringin pakai lap kering. Kalo mau berkendara lagi, tinggal di kasih shampo lagi, simple kan?

Tembakau rokok
  1. Pakai tembakau rokok

Nah, tips dari bengkel termurah selanjutnya lebih mencengangkan lagi nih.

Selain kandungan shampo kepala, kalian juga bisa pakai tembakau. Ya kalian ga salah baca kok. Tembakau yang biasa ada di rokok itu tuh. Tembakau ini dipercaya dapat menyerap uap air dan mencegah kaca mobil kalian berembun pas dingin atau hujan.

Cara pakainya juga gampang kok, tinggal taruh tembakau rokok di kain lap yang sedikit lembab (tapi ga basah) lalu usapin secara halus dan merata pada kaca mobil bagian dalam lalu tunggu sampai kering. Pada proses ini #SahabatRotary harus hati-hati ya, soalnya cegkeh yang jadi bahan campuran tembakau rokok bisa bikin kaca mobil kalian tergores.

Pakai cara ini akan memberikan aroma cengkeh yang samar-samar pada mobil kalian, katanya sih aroma cengkeh bisa memberikan reaksi relaksasi gitu. Tapicara satu ini gak disarankan deh, soalnya sapa juga gitu yang mau buang duitnya buat beli rokok cuman demi ngelap kaca mobilnya??

Kan rokok harganya ga murah juga gitu loh. Mungkin ada sih yang jual tembakau eceran, tapi kan ga semua tempat ada dan yang jual juga jarang banget. Beda dengan shampo kepala yang hampir di setiap toko kelontong pasti jual, sampo sachets erebuan yang lebih murah meriah.

Semprotan Defogger
  1. Cairan Anti Kabut (Defogger)

Untuk #SahabatRotary yang ga mau repot dalam mengatasi kaca mobil  berembun  bisa beli aja yang namanya cairan Defogger ditoko otomotif. Fungsinya sama kok dengan ke empat bahan di atas tadi.

“Yaelah Ferguso… kenapa ga bilang langsung aja sih kalo dari tadi ada solusi yang lebih simple. Ga usah panjang-panjang bacanya.” Tenang #SahabatRotary, jangan ngegas dulu gitu dong, itung-itung bisa nambah wawasan buat #SahabatRotary sekalian kan? Oke ayo kita bahas tentang cairan istimewa yang satu ini.

Cairan Defogger ini adalah cairan yang berfungsi untuk menghambat  pembentukan butiran embun di dalam mobil pada saat suhu dingin. Cara pakainya sangat mudah, tinggal semprotkan cairan ini ke kaca mobil bagian dalam, terus lap pakai lap sintetis secara merata. Diamkan beberapa saat biar agak kering, beres deh mobil siap digunakan.

Untuk merk dan harga cairan ini tentu sangat bervariasi, tergantung toko otomotif langgangan kalian jualnya yang mana, kualitas tiap merk juga bervariasi tentunya. Intinya semua disesuaikan dengan kebutuhan kalian sendiri.

Itu dia 5 tips dari bengkel termurah untuk atasi mobil kalian yang berembun.

Sedikit intermezo aja nih buat #SahabatRotary, apa kalian tau kalo kaca mobil yang berembun selain terjadi di musim hujan, ternyata juga bisa kejadian di suhu panas terik! Nah loh, di musim panas juga bisa ternyata. Tapi memang ga separah pas musim hujan sih. Kalian penasaran ga apa aja yang bisa bikin kaca mobil berembun pas musim panas dan cara ngatasinnya? Kuy kita bahas satu per satu.

  1. Parkir di tempat panas

Kalo kalian parkir outdoor, pastikan kalian parkir di tempat yang teduh, setidaknya di bawah pohon rindang. Kenapa? Karena panas yang terlalu terik membuat partikel air yang ada di dalem mobil kalian berubah menjadi uap air. Uap air ini kalo gak bisa keluar dari mobil kalian kan jadinya ketahan di dalem terus tuh, itu nanti yang bisa jadi bulir-bulir air alias embun di dalem mobil kalian.

  1. Buka Jendela sedikit saat parkir di tempat terik

Tips lain saat parkir di tempat terik adalah dengan membuka semua jendela mobil kalian beberapa menit sebelum kalian parkir dan meninggalkan mobil kalian. Cara ini sebenarnya bertujuan agar mobil kalian suhunya sesuai dengan suku di sekitarnya. Bayangin saat kalian berkendara pakai AC yang dingin, tiba-tiba parkir di tempat yang panas, kan beda suhunya jauh banget tuh.

Terus kalo kalian pas buru-buru banget nih, kalian bisa buka jendela mobil kalian sedikit aja bagian atasnya. Kadang kan ada nih orang yang parkir mobil tapi jendelanya sedikit terbuka, tapi tangan orang juga ga muat buat masuk kalo misal mau ngambil barang berharga, nah kira-kira segitu gambarannya. Tujuannya sama, biar udara di dalem mobil bisa keluar secara perlahan.

  1. Jangan menggunakan Lap Basah

Benar sekali #SahabatRotary sekalian, jangan menggunakan lap yang basah saat membersihkan kaca mobil bagian dalam mobil. Alesannya jelas sekali, karena ada partikel air yang tersisa di kaca mobil pas kalian membersihkan kaca mobil kalian. Kalo pun memang harus pake lap basah, keringkan kaca tersebut pake lap yang kering sampai bener-bener kering. Biar lebih yakin lagi kalo kering. Setelah dibersihin buka semua pintu mobil kalian biar angin bisa masuk, istilahnya di angin-anginin sebentar gitu.

  1. Jemur karpet alas mobil

Jaman sekarang alas kaki di mobil sudah menggunakan bahan karet atau bahan kain sintetis. Bahan-bahan yang dipakai ini bisa saja membawa partikel-partikel air di dalamnya setelah dicuci atau pas musim hujan kaya gini kan. Langkah yang dapat diambil adalah dengan cara menjemurnya atau diangin-anginkan.

Sebagian orang mungkin berpikir seberapa besar sih pengaruhnya? Ya mungkin saja pengaruhnya ga besar-besar amat, bahkan mungkin ga kerasa sama sekali pengaruhnya. Tapi apa salahnya juga kan membersihkan karpet alas mobil kita sendiri, hitung hitung biar bersih aja gitu.

Itu dia 5 penyebab dan tips paling mudah yang #SahabatRotary dapat lakukan biar kaca mobil kalian tidak berembun saat musim hujan dan 4 penyebab dan tip sbiar mobil kalian tidak berembun di musim panas. Semoga tulisan saya ini bermanfaat buat #SahabatRotary sekalian (ya bermanfaat lah… masa enggak…). Sekian dari kami, Trimakasih.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

bengkel ac densobengkel termurah

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?