rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Catat Dan Pahami! Ini Dia Fungsi Ball Joint Mobil Dan Dampaknya Bila Mengalami Kerusakan!

Dari seluruh pembahasan tentang kaki kaki mobil sebelumnya, kita telah pahami bersama betapa pentingnya peran kaki kaki dalam sebuah mobil, khususnya dalam memastikan kenyamanan dan stabilitas ketika berkendara. Kita juga telah memahami bagaimana rangkaian kaki kaki mobil terdiri dari beragam komponen yang saling terhubung satu sama lainnya.

Maka dari itu, demi memaksimalkan fungsi nya, maka perawatan dan service seluruh komponen kaki kaki mobil tersebut haruslah secara rutin dilakukan di bengkel kaki kaki mobil terdekat yang Anda percaya. Nah, salah satu komponen kaki kaki mobil yang sangat penting perannya adalah ball joint.

Pertanyaannya adalah mengapa ball joint menjadi komponen yang penting untuk dirawat? apa fungsi ball joint mobil? lalu bagaimana akibatnya bila fungsi ball joint mobil tersebut terganggu akibat kerusakan? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Simak sampai tuntas ya!

Pertanyaan Seputar Fungsi Ball Joint Mobil

Perawatan ball joint melibatkan pemeriksaan rutin selama servis kendaraan. Pengecekan meliputi melihat tanda-tanda keausan, kebocoran pelumas, dan memastikan tidak ada kerusakan struktural
Dalam kondisi normal, ball joint mobil harus diganti setelah 100.000 km jarak tempuh atau setelah 5 tahun pemakaian. Tetapi perlu dicatat, pergantian ball joint dapat lebih cepat dari waktu yang disebutkan tergantung bagaimana kondisinya.
Ball joint rusak dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah beban berlebih, kondisi jalan yang tidak rata, kurangnya pelumasan, usia pakai yang telah lewat hingga buruknya kualitas produk.
Tanda-tanda bahwa ball joint perlu diganti termasuk bunyi berdecit atau berderit saat berbelok, getaran yang tidak normal, dan ketidakstabilan roda atau kemudi. Pengecekan visual selama servis berkala juga penting.

Fungsi Ball Joint Mobil

Fungsi Ball Joint Mobil

Sekedar informasi untuk yang mungkin belum memahaminya, ball joint merupakan suatu komponen dalam kaki kaki mobil, lebih tepatnya bagian suspensi. Bentuknya seperti bola dan terletak dibagian bawah lengan suspensi yang juga terhubung langsung dengan steering knuckle.

Lalu, pertanyaan penting nya adalah apa fungsi ball joint mobil? Ada beberapa fungsi ball joint mobil yang menjadikannya sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah rangkaian kaki kaki mobil. Fungsi penting tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Menjaga Roda Mobil Tetap Stabil Dan Seimbang

Pernakah Anda berpikir bagaimana roda dalam sebuah mobil dapat memiliki pergerakan yang fleksibel sekaligus stabil? Ball joint adalah aktor utamanya. Disinilah kita bisa melihat salah satu fungsi ball joint mobil yang utama, yakni untuk membuat roda mobil lebih terjaga kestabilan dan keseimbangan nya.

Bagaimana bisa? Ini dapat terjadi karena bentuk ball joint yang didesain seperti bola membuat ball joint di mobil kesayangan Anda mampu membuat roda bergerak ke atas maupun kebawah dengan fleksibel. Ini memungkinkan ball joint dapat menjaga kestabilan dan keseimbangan mobil Anda ketika melaju, khususnya pada jalan berlubang atau jalan yang tidak rata.

Menjaga Kemudi Terkontrol Dengan Maksimal

Selain membuat roda bergerak secara fleksibel ke atas maupun ke bawah, ball joint juga mampu membuat roda bergerak fleksibel ke kiri maupun kanan. Hal ini tentunya memicu fungsi ball joint mobil yang kedua muncul, yakni menjaga kontrol kemudi untuk tetap maksimal.

Fungsi ball joint yang satu ini tentu haruslah dijaga semaksimalkan mungkin karena tentunya akan berhubungan langsung dengan keselamatan Anda ketika berkendara. Jika fungsi ball joint mobil Anda dirasa mengalami penurunan, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel kaki kaki mobil terpercaya untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan yang lebih maksimal.

Baca Juga : Ingin Mobil Anda Lebih Aman Dan Nyaman? Suspensi Mobil Adalah Salah Satu Kunci Utamanya!

Menyerap Guncangan Laju Mobil

Fungsi ball joint mobil berikutnya adalah untuk membantu suspensi dalam menyerap guncangan ketika mobil melaju, khususnya ketika melaju di jalan yang berlubang, bergelombang ataupun tidak rata. Jika fungsi ball joint mobil yang satu ini berjalan dengan maksimal, maka tentu ini akan secara otomatis membuat ball joint dapat melindungi sistem suspensi dari kerusakan akibat guncangan yang keras.

Menghubungkan Poros Dan Roda

Fungsi ball joint mobil yang terakhir tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat poros dan roda tetap terhubung. Fungsi ball joint yang satu ini juga sangat penting untuk dimaksimalkan demi menjaga roda untuk tetap lurus dan tidak bergoyang ketika mobil melaju.

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami mengapa ball joint menjadi komponen yang begitu penting dalam sebuah rangkaian kaki kaki mobil. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan dan perbaikan rutin untuk memaksimalkan fungsinya. Menjaga fungsi ball joint dengan maksimal berarti menjaga stabilitas dan kenyamanan dalam berkendara.

Sebaliknya, jika fungsi ball joint mobil ini terganggu akibat kerusakan atau jarang dirawat, maka stabilitas dan kenyamanan berkendara tentu akan terganggu pula. Pada akhirnya, kerusakan ball joint tersebut akan menimbulkan beragam dampak ataupun akibat negatif yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Balancing Mobil Adalah Perawatan Yang Penting! Ini Manfaatnya!

BANNER KAKI KAKI 1

Akibat Ball Joint Rusak

Fungsi Ball Joint Mobil

Ball joint yang rusak dapat menyebabkan berbagai akibat negatif yang merugikan, baik itu ringan maupun berat. Akibat negatif ini bisa dimulai dari kenyamanan yang terganggu, pengeluaran yang membengkak hingga yang paling fatal adalah keselamatan Anda dalam berkendara! Bagaimana bisa? Berikut adalah pembahasan detail soal akibat negatif dari ball joint rusak, diantaranya adalah sebagai berikut :

Bunyi Dengung Pada Bagian Suspensi

Kerusakan pada ball joint akan memicu timbulnya suara dengung dari bagian suspensi. Bunyi dengung dari bagian suspensi ini dapat menjadi sinyal yang diberikan oleh sistem suspensi yang menjadi tanda bahwa ball joint mobil perlu diganti.

Suara dengung ini tentu menjadi hal yang sangat mengganggu kenyamanan berkendara disepanjang perjalanan. Maka dari itu, untuk menghindari adanya gangguan kenyamanan dalam berkendara ini, jaga selalu komponen kaki kaki mobil, khususnya pada komponen ball joint ini.

Usia Pakai Ban Terpakai Lebih Cepat

Akibat negatif kedua yang akan timbul bila ball joint rusak adalah usia pakai ban yang terpakai lebih cepat. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ini dikarenakan ketika ball joint rusak, maka secara otomatis pergerakan mobil menjadi berantakan.

Pergerakan mobil yang berantakan akibat kerusakan pada ball joint menyebabkan usia pakai ban menjadi lebih cepat terpakai. Hal ini akan berakibat pada membengkaknya keuangan Anda karena harus terus mengganti ban mobil dengan yang baru.

Ban Mobil Aus Secara Tidak Merata

Apabila ball joint pada mobil kesayangan Anda rusak, maka ini akan berpotensi untuk menimbulkan masalah dimana tidak terkuncinya roda mobil pada posisi yang tepat, sehingga pada akhirnya akan membuat ban di mobil kesayangan Anda mengalami beban yang tidak merata.

Nah beban yang tidak rata pada ban mobil ini akhirnya akan membuatnya mengalami aus dengan tidak merata, yang pada akhirnya akan menurunkan daya cengkram ban tersebut. Efek paling akhirnya adalah tentu keselamatan dan keamanan Anda dalam berkendara akan terancam.

Ketidakstabilan Dan Ketidakseimbangan Dalam Berkendara

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, salah satu  fungsi ball joint mobil yang sangat penting adalah untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan dalam berkendara. Ini artinya, apabila ball joint rusak ataupun mengalami masalah, maka secara otomatis kestabilan dan keseimbangan yang dimiliki oleh kaki kaki mobil akan sangat terganggu.

Ketidakstabilan dan ketidakseimbangan ini tentu menjadi masalah yang sangat besar yang perlu dicegah karena sangat berpotensi untuk membahayakan keamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara.

Anda tentu tidak ingin seluruh dampak negatif di atas khususnya dalam hal bahaya keselamatan terjadi pada Anda bukan? Maka dari itu, rawatlah seluruh komponen kaki kaki Anda di bengkel kaki kaki terpercaya! Salah satu bengkel kaki kaki mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro.

Pertanyaan berikutnya adalah mengapa harus Rotary Bintaro? Ini dikarenakan pada dasarnya Rotary Bintaro merupakan bengkel spesialis kaki kaki mobil, sehingga karena spesialisasinya ini, membuat Rotary Bintaro memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kaki kaki mobil Anda termasuk ball joint.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro merupakan bengkel yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya. Tidak hanya sekedar jam terbang tinggi, selama lebih dari 20 tahun ini, Rotary Bintaro juga memiliki reputasi tinggi dan sangat dipercaya oleh banyak masyarakat. Ini terlihat dari ramainya pelanggan Rotary Bintaro sekaligus juga tinggi rating secara online.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga tentunya dilengkapi dengan mekanik yang handal, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap hingga pelayanan yang sangat tinggi. Salah satu pelayanan dari Rotary Bintaro adalah adanya layanan konsultasi GRATIS! Iya, GRATIS!

Layanan konsultasi gratis ini merupakan komitmen Rotary Bintaro untuk membuat pelanggan paham dimana letak masalahnya dan apa solusi terbaik untuk masalah tersebut, sehingga segala macam hal yang dilakukan pada mobil pelanggan akan dilakukan berdasarkan persetujuan pelanggan tersebut, lalu pada akhirnya kepuasan yang maksimal akan dirasakan. Banyak pelanggan yang sudah membuktikan kualitas Rotary Bintaro, sekarang giliran Anda!

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, layanan yang disediakan, promo yang sedang berjalan dan informasi menarik lainnya! Anda juga dapat menghubungi customer service Rotary Bintaro untuk bertanya lebih detail sekaligus melakukan reservasi dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...